scheme and open book

Setiap hari, Anda punya kesempatan untuk mengembangkan bisnis Anda dari situasi saat ini. Akan selalu ada hal-hal yang dapat Anda tingkatkan dan lakukan untuk bisnis Anda. Anda dapat meningkatkan bisnis dari sisi keuntungan, mengurangi kerugian, mendapatkan lebih banyak pelanggan, memperluas pasar, menjadi lebih terlihat di masyarakat, atau  menambah barang lain yang dianggap banyak dibutuhkan. Kuncinya adalah memiliki visi tentang apa yang ingin Anda capai, kemana Anda ingin pergi, dan apa yang Anda inginkan dari bisnis Anda. Pelajari sepuluh cara untuk dapat meningkatkan bisnis Anda:

1) Mulailah hari Anda dengan semangat tinggi.

Ambil notebook (laptop atau tablet) dan tuliskan rencana-rencana untuk hari kedapan. Apakah Anda lebih suka melakukan hal tersebut di pagi hari atau di malam hari, yang penting adalah untuk selalu menengok sejenak ke belakang, meninjau apa yang terjadi selama hari ini (atau hari sebelumnya), dan memikirkan cara-cara bagaimana Anda dapat berbuat lebih baik. Luangkan waktu untuk meninjau data dan angka, termasuk statistik website Anda, untuk menemukan apa yang hits dan tidak laku dijual dengan cepat.

2) Tinjau kembali rencana bisnis Anda.

Tinjau, tinjau, dan tinjau kembali business plan Anda. Lihat seberapa jauh (atau sedikit) bisnis yang Anda kelola telah berjalan sesuai ide awal Anda. Banyak pengusaha menulis business plan pada awal bisnis, tapi kemudian melupakannya. Beberapa bahkan menyimpang dari rencana mereka – kemudian gagal. Cari lagi rencana bisnis Anda dan kemudian perbarui. Karena semua yang Anda rencanakan pada awal bisnis, sejumlah faktor pasti akan berubah – dari iklim bisnis secara keseluruhan untuk lini produk Anda. Ambil semua perubahan itu menjadi pertimbangan, mempertimbangkan bisnis dan iklim ekonomi, faktor dalam tujuan Anda dan keluarga Anda, dan dapatkan penilaian yang jelas dari arah bisnis Anda. Konsultasikan dengan penasihat bisnis Anda, jika ada.

 

3) Membangun kembali hubungan dengan pelanggan Anda.

Customer-Experience-Management-Customer-Centric-Organization-copyLuangkan waktu untuk melihat database pelanggan Anda dan lakukan hubungan dengan pelanggan yang ada. Entah melalui telepon, email atau surat, hubungi pelanggan Anda untuk menyambut mereka dan mengingatkan mereka bahwa bisnis Anda siap untuk melayani mereka lagi. Dapatkan pendapat mereka tentang apa yang mereka pikirkan tentang bisnis Anda. Anda harus terus-menerus mencari cara untuk mendorong bisnis yang berkelanjutan. Meskipun pemasaran dan periklanan adalah hal penting untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan, namun kualitas, pelayanan dan kepuasan pelanggan adalah apa yang membuat bisnis yang sukses dalam jangka panjang.

4). Evaluasi strategi harga Anda.

Pikirkan tentang strategi harga Anda, dan kemungkinan untuk menaikkan harga produk Anda. Prediksikan reaksi apa yang pelanggan Anda akan pikirkan jika harga dinaikkan. Juga pastikan untuk memeriksa apa yang dilakukan kompetitor dan pastikan harga atau tarif Anda tidak terlalu rendah – atau terlalu tinggi. Anda tidak ingin overprice keluar dari pasar, namun Anda tidak harus menanggung beban kekurangan arus kas. Berikan pelanggan pemberitahuan satu atau dua bulan sebelum melakukan perubahan harga.

 

5) Cari cara untuk memotong biaya Anda.

Cutting costsBahkan jika Anda telah memperoleh dana dari investor, Anda perlu untuk terus-menerus mencari cara untuk memotong biaya. Dengan membuat salinan kertas dua sisi untuk memesan persediaan pengiriman dalam jumlah besar, Anda dapat mengurangi bahan yang, usaha, dan waktu terbuang dalam membuat, menjual, dan distribusi produk Anda. Hasilnya adalah keunggulan kompetitif Anda yang meningkat.

6) Lakukan perbaikan untuk meningkatkan titik-titik lemah Anda.

Ambil bagian pada semua aspek operasi bisnis Anda dan daftar apa saja area yang ingin Anda tingkatkan. Jika daftar piutang tunggakan lebih panjang dari daftar pendapatan, cari tahu bagaimana Anda dapat meningkatkan penagihan dan proses pengumpulan dana. Mungkin Anda perlu meningkatkan pencatatan untuk membantu dalam menyelesaikan masalah rekening tunggakan.

7) Tentukan alat pengukuran yang baik untuk menilai kinerja dari bisnis Anda.

Menetapkan standar yang jelas pada bisnis memungkinkan Anda untuk menentukan efektivitas dan efisiensi strategi. Jika Anda belum melakukannya dalam satu tahun terakhir, mulai tentukan berapa banyak jam kerja Anda, seberapa efektif iklan Anda, dan beberapa pengukuran lain dari bisnis yang telah Anda lakukan. Tentukan beberapa patokan dan secara berkala menilai bagaimana Anda melakukan aktivitas bisnis.

 

8) Libatkan Karyawan Anda.

TeamworkKaryawan yang baik sulit untuk ditemukan; namun mereka merupakan elemen penting dalam bisnis. Periksa untuk melihat apakah mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan membuat mereka merasa menjadi bagian dari tim. Bantulah mereka memahami pentingnya peran mereka dalam bisnis Anda dan bagaimana dampak pekerjaan mereka pada bisnis secara keseluruhan. Tinjau hubungan Anda dengan karyawan Anda dan temukan cara untuk menjaga hubungan dengan karyawan.

9) Jelajahi pasar baru atau meningkatkan pemasaran Anda.

Mulai awal tahun dengan menjelajahi pasar-pasar baru untuk bisnis. Apakah Anda menargetkan demografis baru atau membuat website bisnis, luangkan waktu untuk merencanakan bagaimana Anda dapat memperluas pasar yang ada. Carilah cara untuk meningkatkan pemasaran Anda, baik dengan menggunakan publikasi, mengatur open house atau mempersiapkan pesan-pesan langsung.

10) Cari tahu bagaimana Anda dapat menjalani kehidupan yang lebih seimbang.

Kerja dan bisnis bukanlah satu-satunya kehidupan Anda. Belajarlah untuk bersenang-senang! Luangkan lebih banyak waktu dengan keluarga Anda. Berlibur sesekali. Terlibat dalam kegiatan yang akan meremajakan semangat Anda dan kehidupan Anda. Jaga diri, dan kesehatan Anda. Produktivitas akan meningkat jika Anda bebas dari stres dan hidup sehat.

Itulah cara-cara agar bisnis Anda dapat berkembang, dan dapat membuat Anda terhindar dari stress. Mungkin Anda tidak akan seketika merasakan perubahan dalam bisnis, tetapi asalkan Anda tekun dan tidak mudah menyerah, serta tentunya menerapkan tips-tips di atas dengan baik, percayalah tidak ada yang tidak mungkin untuk dicapai.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.