wahmbizideas

Memulai sebuah bisnis tidak harus mempunyai toko di pinggir jalan yang ramai. Bisnis yang mulai berkembang saat ini adalah bisnis rumahan yang dapat dikelola dari rumah Anda sendiri. Mungkin Anda berpikir bahwa bisnis seperti ini hanya membutuhkan upaya pemasaran yang sedikit, namun kenyataannya tidak. Bisnis rumahan tidak mempunyai bentuk toko yang menarik di pinggir jalan dan dapat dilihat banyak orang, sehingga akan membutuhkan upaya pemasaran yang lebih. Berikut ini 10 strategi dalam anggaran pemasaran bisnis rumahan:

1.  Website Bisnis

Website dapat menjadi pengganti toko, dan ini adalah kesan pertama yang akan muncul pada bisnis rumahan Anda, jadi buatlah desain website semenarik mungkin. Sajikan informasi mengenai produk ataupun layanan yang ditawarkan secara jelas, rinci, menarik, intuitif, dan buatlah website rapi dan terorganisir. Dan yang terpenting jangan lupa mencantumkan kontak yang dapat dihubungi.

2.  Pencarian Lokal

Local-Map

Saat ini orang-orang lebih jeli dalam memilih kualitas produk yang akan mereka beli, para calon konsumen akan mencari segala informasi secara online. Pastikan bisnis Anda terdaftar dalam mesin pencari seperti Yahoo! Local dan Google Maps, sehingga ketika ada calon konsumen yang berada disekitar area Anda, dapat menemukan toko Anda.

3.  Media Sosial

Media sosial seperti Twitter, Facebook, dan LinkedIn menyediakan media gratis untuk berbagai bisnis rumahan dan mempunyai andil cukup besar dalam menghubungkan Anda dengan konsumen maupun calon konsumen. Cobalah menggunakan media sosial tersebut dan juga media lainnya, lalu lakukan analisis, mana media yang paling tepat untuk memasarkan bisnis Anda.

4.  Studi Kasus

Studi kasus tidak hanya ada di keilmuan akademis saja. Studi seperti ini juga dapat diterapkan dalam bisnis untuk meneliti sebuah produk sebelum sampai ke konsumen, sehingga akan memudahkan calon konsumen mengerti keuntungan apa yang mereka dapatkan ketika membeli produk tersebut. Hal ini memungkinkan calon konsumen membuat keputusan yang tepat sebelum membeli.

5.  Berita Elektronik

Buatlah berita elektronik bulanan, dan kirimkan kepada pelanggan yang sudah menjadi member di website maupun media sosial Anda agar mereka mendapat informasi berharga mengenai produk baru maupun informasi lain. Ada beberapa perusahaan dan media yang mudah digunakan untuk mengelola, mengembangkan, dan mengirim sebuah berita elektronik seperti Silverpop dan Vertical Response.

6.  Blogging 

Blogging adalah cara yang tepat untuk bisnis berbasis layanan yang dapat menarik pelangggan dengan menunjukkan keunggulan produk Anda. Buatlah blog Anda sendiri dengan menggunakan software sederhana seperti WordPress atau alat lainnya untuk blogger.

7.  Publisitas

tech-startup-investor-more-publicity-cash1

Menjadi bahan pembicaraan di media sosial akan lebih efektif daripada membayar media iklan untuk menarik pelanggan. Teliti bagaimana membuat konsep yang menarik perhatian orang-orang, kemudian target orang-orang yang dapat menjadi calon pelanggan dan rilis di media yang tepat, seperti surat kabar, radio, televisi, atau blog.

8.  Program Afiliasi

Program afiliasi online adalah cara yang tepat untuk memasarkan produk online ke calon pelanggan yang potensial. Anda akan mendapatkan keuntungan dari komisi penjualan ini tanpa perlu rumit mengelola karyawan.

9. Testimoni

Testimoni dari pelanggan adalah cara yang sangat hebat dan tanpa biaya untuk menarik pelanggan baru. Berikan layanan yang luar biasa kepada pelanggan dan buat mereka puas menggunakan produk Anda. Pelanggan yang puas dapat mendorong kolega ataupun keluarganya untuk menggunakan produk Anda.

Screen-Shot-2013-03-26-at-3.46.26-PM

10.  Kemampuan Bicara di Publik

Jika Anda dapat berbicara penuh keyakinan dan tahu secara mendalam mengenai produk atau layanan yang ditawarkan, maka dapat menjangkau khalayak luas. Tawarkan diri berbicara saat ada perkumpulan organisasi, asosiasi pedagang, atau acara-acara lain dimana target pasar Anda berkumpul. Mungkin memang membutuhkan latihan agar percaya diri berbicara di depan umum, namun hal itu sangat penting bagi seorang yang ingin memulai bisnis, sekalipun itu bisnis rumahan.

Memiliki bisnis rumahan yang sukses merupakan impian bagi kebanyakan orang. Terutama bagi ibu rumah tangga yang harus mengurus kebutuhan rumah tetapi membutuhkan tambahan uang. Tidak perlu memulai dengan bisnis besar, Anda dapat memanfaatkan strategi penjualan bisnis kecil jika tidak punya modal banyak. Dengan membaca 10 tips di atas semoga impian Anda dapat segera tercapai. Teruslah berusaha dan jangan pernah takut gagal.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.