internet_marketing

Internet marketing bisa menjadi media yang sangat kuat, tetapi perlu dilakukan dengan benar agar menjadi efektif. Banyak para pelaku internet marketing pemula, dan bahkan pemain lama, melakukan kesalahan yang sama terus menerus dalam pemasaran online ini. berikut adalah beberapa kesalahan pemasaran yang harus dilihat dan tentu dihindari:

1.  Membuat pengunjung menunggu. Orang-orang tidak ingin menunggu lama untuk membuka suatu website. Jika server website Anda lambat, atau menggunakan grafis yang membutuhkan waktu dua menit untuk didownload, ucapkan selamat tinggal pada pengunjung yang akan menjadi pelanggan potensial.

Screen-Shot-2014-04-16-at-10.49.54-AM

2.  Arogansi teknis. Jangan menganggap semua orang punya program versi terbaru untuk melihat konten website Anda. Misalnya, tidak semua orang punya macromedia flash yang terinstal di laptop maupun komputer. Selalu miliki HTML biasa dan versi teks untuk dapat menjangkau para pengunjung.

3.  Tidak ada pemasaran offline. Tujuannya adalah untuk meningkatkan traffic ke website, tapi tidak mungkin online sepanjang waktu. Untuk berhasil dalam internet marketing, Anda butuh pemasaran offline juga.

4.  Tidak mendaftarkan website ke mesin pencari. Ini mengejutkan, berapa banyak orang yang menggunakan mesin pencari, tapi tidak pernah mendaftarkan website mereka sendiri di situs pencari yang sama. Anda harus mendaftar sendiri secara manual dan pastikan sudah terdaftar di mesin pencari yang diinginkan. Untuk mempermudah urusan ini, dapat memanfaatkan jasa SEO.

online-marketing

5.  Tidak mencurahkan cukup waktu. Terlalu banyak bisnis yang membiarkan situs mereka kosong. Mulai sekarang curahkan lebih banyak waktu untuk mengisi website Anda.

6.  Mitra yang buruk. Berhati-hatilah dengan mitra yang akan bekerja bersama Anda. Saat ini banyak perusahaan yang menyebarkan spam dan melanggar aturan-aturan yang ada. Mulai sekarang teliti dulu siapa calon mitra Anda, dan pastikan mereka bertindak sesuai perjanjian. Buatlah perjanjian tertulis.

7.  Banyak pertanyaan. Jika Anda mencoba menarik pelanggan untuk bergabung ke website untuk mendapatkan informasi dan membeli produk, jangan biarkan mereka pergi dan menjawab terlalu banyak pertanyaan. Setiap pertanyaan yang Anda ajukan ke pelanggan, di luar nama dan alamat, akan menimbulkan ‘biaya’ dari pelanggan potensial.

 8.  Tidak menggunakan pemasaran viral.  Memiliki pelanggan di pasar Anda adalah biaya yang efektif, artinya berarti biaya yang Anda keluarkan itu bekerja dengan baik. Dari cara sederhana, buatlah t-shirt untuk memasarkan produk, atau aksesoris lain yang bisa dipakai pelanggan. Inilah yang disebut mendapatkan keuntungan dari pemasaran viral, atau lebih dikenal dengan pemasaran “word of mouth”.

viral marketing

9.  Tidak mengumpulkan alamat email. Untuk berhasil dalam internet marketing, Anda membutuhkan orang sebagai target pasar. Kumpulkan alamat email dari pengunjung dan mintalah izin untuk memasarkan produk Anda. Jangan sia-siakan kesempatan yang ada.

10.  Spamming. Jangan tergoda dengan spamming. Pasarkan pada mereka yang memang sudah memberikan izin saja. Jika Anda ragu, apakah akan menjadi spam, jangan kirim pesan Anda. Bahkan satu saja pesan yang dipertanyakan cukup untuk membuat Anda dicap sebagai Spammer oleh ISP, dan bukan tidak mungkin akan sulit mengirim pesan di masa mendatang.

keep-calm-and-stop-spamming-thanks

Lakukan hal-hal sesuai aturan. Tidak ada hal yang sulit dalam internet marketing. Baca dan pahami 10 hal di atas, dan hindari semuanya. Salah satu hal penting sebagai tambahan, buatlah desain website yang sederhana dan mudah di operasionalkan. Anda dapat menggunakan jasa pembuatan desain website untuk hasil yang lebih profesional.


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G