Concept-of-Fear-with-Businessman-Photo-1

Setiap pengusaha tentu sudah mempersiapkan diri sebelum memulai bisnis, bahkan beberapa telah membuat bisnis plan. Tapi sebaik apapun persiapan yang mereka buat, ketakutan tetap akan muncul, menantang mereka setiap langkah dalam bisnis. Inilah 10 hal yang umumnya ditakuti pemilik bisnis dan  cara belajar bagaimana untuk mengatasinya:

1. Tidak tahu dimana untuk memulai.

Sebagian besar orang tidak tahu dari mana harus memulai bisnis ketika pertama kali menetapkan ide bisnis. Mulailah dengan mencari seseorang yang mengetahui dan mampu menerima tujuan yang telah Anda tetapkan untuk diri sendiri. Kenali orang tersebut, struktur usaha dan  temui dia untuk melihat apakah dia bisa menawarkan saran atau informasi yang mungkin berguna dalam rencana bisnis.

2. Tidak menjadi seorang ahli.

Anda mungkin cukup paham tentang produk atau jasa untuk menjawab beberapa pertanyaan dan memecahkan sebagian besar masalah yang mungkin timbul. Jadi jangan khawatir jika Anda tidak merasa seperti seorang ahli yang mumpuni di lapangan. Untuk hal-hal yang belum Anda tahu, jawaban dapat dicari. Kuncinya, jangan malu untuk terus belajar.

3. Dianggap gila.

Beberapa orang akan berpikir bahwa Anda gila untuk memulai bisnis baru. Hal yang aman dan rasional untuk dilakukan adalah jangan pernah mengambil risiko dan bekerja untuk orang lain. Apakah Anda merasa emosi membaca kalimat itu? Itu karena Anda seorang pengusaha dan berani mengambil risiko ada dalam darah Anda.

4. Tidak memperoleh dana.

Menjadi pemilik bisnis sukses akan mudah jika setiap orang dengan sebuah ide bisa pergi ke bank dan menerima pinjaman atau menarik investor. Karena ini bukan dunia mimpi, pengusaha tanpa investor harus bersusah payah memulai bisnis mereka. Bahkan jika Anda tidak memiliki modal yang diperlukan pada awal, proses yang lambat tetapi mantap dalam membangun bisnis mungkin menjadi hal terbaik. Atau mungkin Anda juga bisa memulai bisnis tanpa modal.

bigstock-Trust-Word-In-Wood-Fonts-13380701-708x4041

5. Tidak dipercaya.

Mungkin orang-orang ragu dengan bisnis Anda karena berbagai hal, tapi keluar dan berikan layanan yang luar biasa pada mereka. Orang-orang mungkin akan dipengaruhi oleh penampilan fisik, tetapi tidak ada yang bisa berdebat dengan etos kerja yang solid.

6. Tidak dapat menarik pelanggan.

Merupakan hal menakutkan untuk mengambil risiko menawarkan keahlian Anda kepada dunia, lalu bertanya-tanya apakah itu akan dihargai. Kecuali jika bisnis telah berjalan lancar karena banyak pelanggan yang siap untuk membuang uang pada Anda. Tetapi jika menjalani bisnis dengan sukacita, secara konsisten memberikan apa yang dijanjikan, Anda pasti akan berhasil.

7. Menjadi tidak mampu menangani kesuksesan.

Bayangkan ketika Anda merealisasikan ide dan orang berbaris ingin melihat. Apakah itu justru menakutkan? Apakah Anda takut tidak akan mampu menangani tuntutan menjalankan bisnis yang sukses?

8. Kegagalan dalam membangun keluarga.

Mungkin Anda takut bisnis tidak akan mencukupi kebutuhan keluarga, tapi bagaimana jika justru keluarga yang meminta untuk memulai bisnis agar ada pengalaman baru dan bisa lebih dekat dengan keluarga? Pasangan membutuhkan Anda untuk bersandar. Anak-anak perlu melihat Anda bersemangat dan membangun semua impian. Berbicaralah dengan anggota keluarga dan biarkan mereka tahu bahwa ketika melakukan usaha ini, Anda tidak akan mengorbankan keselamatan mereka atau membiarkan mereka kelaparan.

manholdingmoneyjpg_jpeg_630x468_q85

9. Tidak memiliki penghasilan yang cukup untuk memulihkan investasi.

Definisi pengusaha adalah semua tentang orang yang mengatur dan mengoperasikan bisnis serta mengambil risiko keuangan yang lebih besar. Jika kebetulan investasi berasal dari Anda dan menganggap tidak terburu-buru untuk dikembalikan, tetaplah bekerja keras. Jika berhenti sebelum mendapatkan keuntungan, Anda tidak akan pernah mendapatkan keuntungan.

10. Menyadari bahwa semuanya berjalan secara salah.

Anda tidak bisa bermain bowling tanpa merobohkan pin. Apa yang Anda lakukan setelah mereka semua jatuh? Duduk dan menangis? Tidak, Anda mengatur pin kembali dan bermain lagi. Mengatur pin kembali hanya bagian dari permainan. Ketika masalah muncul dalam bisnis, ini seperti saat untuk mengatur pin lagi. Bangkit dan cari apa yang harus diperbaiki.

_67879706_start_thinkstock

Sebagai seorang pengusaha, pasti akan ada halangan yang muncul untuk sukses, sama halnya dengan tips dari para pemilik bisnis yang sukses. Yang perlu Anda lakukan adalah, bangkit dan jangan takut untuk memulai bisnis. Selalu ada jalan keluar untuk semua masalah.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.