plus 0

Sama seperti Facebook dan Twitter, Google+ menawarkan peluang untuk membuat halaman bisnis serta mempromosikan bisnis Anda melalui media sosial, atau juga mempromosikan organisasi atau produk Anda. Komunitas di Google Plus selalu tumbuh, dengan begitu Anda dapat mengambil keuntungan dari sebuah halaman Google Plus untuk membawa bisnis Anda ke khalayak yang lebih luas.

Kali ini Sribu akan memperlihatkan proses membuat halaman Google Plus untuk keperluan bisnis atau organisasi. Sama seperti Facebook, Anda memerlukan profil pribadi di Google Plus untuk memulainya. Jika belum memilikinya, daftar dan buat profil Google Plus pribadi. Anda hanya dapat membuat halaman bisnis setelah profil telah dibuat. Jika Anda sudah memiliki profil pribadi di Google Plus, ikuti langkah berikut untuk membuat halaman bisnis Google Plus yang baru.

Pilih Kategori untuk Bisnis Anda

1.      Masuk ke “Create a business page” di Google Plus (atau ikuti “All Your Google Plus Pages” tarik ke bawah di bagian bawah foto profil Anda) dan tekan “create a page.” Pilih kategori untuk bisnis Anda. Pilih kategori yang tepat dan secara sempurna dapat menggambarkan bisnis atau organisasi Anda. Anda dapat memilih dari bisnis lokal atau suatu tempat; produk atau merek; perusahaan, lembaga atau organisasi; seni, hiburan atau olahraga dan pilih lainnya apabila pilihan tertentu yang disebutkan tidak sesuai untuk bisnis Anda.

plus 1

2.      Tergantung pada kategori utama yang dipilih, Anda akan disajikan subkategori untuk masuk ke hal yang lebih rinci dan juga menjelaskan apa yang bisa dan harus Anda lakukan. Misalnya, jika memilih “bisnis lokal atau tempat” Anda akan terlebih dahulu diminta untuk memberikan di negara mana bisnis Anda berada dan kemudian nomor telepon. Jika memilih produk atau merek, subkategori akan mencakup “barang antik dan koleksi,” “pakaian dan aksesoris,” “peralatan” dll. Pilih subkategori Anda dan klik next.

Tambahkan Informasi Dasar

3.      Setelah berhasil memilih kategori terbaik untuk bisnis Anda, maka saatnya menambahkan informasi dasar tentang merek, produk atau halaman bisnis di bagian “add info”. Mulailah dengan memilih nama untuk halaman Anda dan link ke situs eksternal, jika Anda telah memilikinya. Sebenarnya ini bukan satu persyaratan untuk memasukkan link ke website Anda, tetapi website dengan informasi rinci tentang apa yang Anda lakukan secara signifikan dapat meningkatkan citra bisnis atau produk. Kemudian pilih jenis konten Google Plus Anda yang sesuai. Misalnya, konten Anda mungkin cocok untuk “setiap pengguna Google Plus,” “pengguna 18 tahun keatas,” “pengguna 21 tahun keatas” atau konten yang “terkait alkohol.” Langkah terakhir pada halaman “add info” adalah memilih “I agree to the Pages Terms and I am authorized to create this page.” Luangkan waktu untuk benar-benar memahami “Google Plus Pages Terms” untuk melihat catatan mereka tentang Otoritas, Akses, Konten, Data, Kontes & Pemutusan. Setelah mencatat persyaratan pengguna, klik “next” untuk mengatur halaman Anda.

Plus-2

Mulai Kustomisasi

4.      Mulailah kustomisasi Google Plus dengan menambahkan cover dan foto profil. Klik pada ikon dalam gambar profil default dan tambahkan gambar profil. Pilih gambar profil dari komputer atau foto yang sudah di-upload pada profil pribadi Anda. Google menyediakan opsi untuk memilih gambar dari Picasa jika sudah memiliki akun Picasa dan gambar pilihan Anda ditampilkan pada layanan sharing foto.

Plus-3

5.      Gunakan prosedur yang sama untuk mengubah gambar sampul. Gambar sampul memiliki ukuran yang lebih besar dari gambar profil. Jika memiliki gambar produk, perusahaan atau merek yang dapat mempromosikan dan meningkatkan bisnis Anda, ini sangat tepat digunakan sebagai foto sampul.

6.      Dalam deskripsi bisnis, tambahkan sepuluh kata yang paling menggambarkan bisnis Anda. Pilih dengan hati-hati. Ini akan menjadi tagline bisnis Anda, setidaknya untuk pengguna Google Plus. Tagline harus konsisten dengan slogan lain yang telah digunakan untuk keperluan merek di situs lain. Yang terakhir, isi informasi kontak, termasuk telepon, ponsel, email, fax, pager, chatting dan alamat. Tekan “finish” untuk menyelesaikan proses kustomisasi halaman Anda.

7.      Setelah menyelesaikan informasi dasar, Anda dapat mulai menggunakan dashboard administrasi untuk mengelola halaman baru Google Plus. Bagian “About” pada dashboard digunakanuntuk mengisi informasi tambahan tentang halaman dan mulai membangun jaringan Anda.

Plus-4

Anda juga dapat menentukan bagaimana pengunjung menemukan halaman ini. Misalnya, dengan mengelompokkan penggemar halaman Anda. Anda juga dapat melihat siapa yang telah menambahkan halaman bisnis baru Anda ke ‘lingkaran’ mereka, kemudian beri balasan. Buatlah beberapa kata untuk pengantar ke halaman. Anda harus menyelesaikan halaman pengenalan dengan deskripsi bisnis dan apa yang ditawarkan. Yang perlu diingat adalah, pilih kata kunci penting yang berhubungan dengan bisnis Anda. Informasi kontak masih bisa dirubah sesuai kebutuhan. Anda juga dapat menambahkan link ke halaman lain yang menarik atau yang berhubungan dengan bisnis Anda. Yang terakhir, Anda dapat menambahkan link ke jejaring sosial lainnya seperti Facebook dan Twitter.

Plus-511

Mulailah Berbagi Konten Anda

8.      Setelah halaman bisnis Google Plus sudah siap, Anda dapat mulai posting ke halaman tersebut dengan berbagi link, foto dan video seperti yang dilakukan pada profil pribadi Google Plus atau halaman Facebook. Buat posting yang interaktif dan menarik dengan menambahkan foto, video atau link. Posting juga dapat dibagikan dengan orang-orang dalam lingkaran yang berbeda.

Plus-6

Agar penggemar lebih mudah untuk berinteraksi dan terlibat pada halaman Anda, Google telah menyediakan tab navigasi tepat di bawah nama halaman Google Plus bisnis Anda: About, Post, Photo, Video dan Review. Semua tab akan ditampilkan untuk pengunjung, jadi pastikan Anda meng-upload konten untuk memberikan informasi pada pengunjung dan perbarui ketika mereka mengunjungi halaman Google Plus.

9.      Jika ingin mencari tahu siapa yang telah menambahkan halaman Anda untuk bergabung di komunitas mereka, di sidebar kiri klik “Circles” di bawah “More.” Pada layar tampilan, Anda dapat menarik penggemar ke dalam satu atau lebih dari empat lingkaran default dan Anda dapat juga membuat lingkaran sendiri. Untuk berinteraksi dan terlibat dengan para fans, ikuti posting mereka, komentari pesan status mereka, dan +1 update mereka dengan menggunakan profil halaman Anda. Berbagi informasi yang relevan pada penggemar akan memperoleh hal yang bermanfaat. Jangan hanya mempromosikan produk Anda, namun beri info pada penggemar juga.

Plus-7

10. Gunakan halaman Google Plus untuk menambahkan data ke halaman “Google Local Plus” Anda. Jika bingung, sebenarnya Anda tidak sendirian. Ahli “Google Local Plus”, Mike Blumenthal menjelaskan kepada Usaha Kecil Tren baru-baru ini: Salah satu masalah adalah bahwa sebagian besar bisnis tidak mengerti bahwa daftar mereka di Google adalah hasil pencarian. Dan bahwa Google memberikan bisnis hak istimewa untuk menambahkan beberapa data terpercaya untuk daftar yang baik dari Dashboard Places atau dari Google Plus. Apakah Anda punya saran untuk bagaimana meningkatkan halaman bisnis Google Plus Anda? Apa yang telah Anda lakukan dengan Google Plus untuk bisnis sejauh ini?

Sekarang Anda sudah tahu langkah membuat Google Plus, dan Anda dapat memanfaatkannya untuk mengoptimalkan setrategi pemasaran bisnis Anda. Manfaatkan juga berbagai sosial media lain untuk menjangkau berbagai segmen pelanggan potensial. Tidak perlu yang berbayar, karena banyak yang gratis tapi sangat efektif.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.