Jika Anda adalah seorang fotografer, menciptakan portofolio terbaik tentunya merupakan salah satu hal yang paling penting yang perlu Anda lakukan. Ada sejumlah manfaat yang dibawa portofolio photography untuk Anda, salah satunya membantu Anda memamerkan karya Anda secara online, menarik klien baru dan membangun eksposur online yang kuat dan luas untuk pekerjaan Anda.

Yang menyedihkan adalah tidak semua fotografer memiliki keterampilan teknis untuk membuat portofolio. Beberapa orang mungkin merasa sedikit terintimidasi karena kurangnya keterampilan coding dan yang lain mungkin berpikir bahwa membuat portofolio membutuhkan banyak waktu, ini merupakan proses yang rumit untuk dilewati.

Kabar baiknya adalah bahwa ada sejumlah platform bagi Anda untuk membuat sebuah portofolio online untuk pekerjaan Anda tanpa membuang-buang waktu berharga Anda dan tanpa keterampilan coding yang diperlukan. Kenalilah website yang bisa memamerkan hasil karya photography Anda dengan baik. Jika Anda butuh informasi, maka disinilah Anda akan menemukannya!

 

1. PhotoShelter 

PhotoShelter adalah salah satu platform yang paling populer untuk membuat website fotografi dan portofolio secara online. Situs ini memungkinkan Anda untuk mengontrol tata letak, font dan gambar dari portofolio Anda dengan mudah dan mobilitas.

Intinya adalah bahwa hal itu tidak memerlukan coding. PhotoShelter tidak hanya menyediakan Anda dengan tools untuk memamerkan karya Anda, tapi juga menarik pembeli untuk membeli foto Anda. Integrasi dengan situs media sosial dan SEO ternyata membuat bisnis foto Anda menjadi kuat dan solid.

photoshelter

 

2. Orosso

Orosso adalah building tool untuk portofolio yang memungkinkan anggotanya untuk membuat portofolio secara profesional dan cerdas dan menjaganya dengan mudah. Ini tidak mengambil banyak waktu untuk membangun sebuah website portfolio photography. Dengan Orosso, prosesnya ternyata bisa lebih mudah dan sederhana. Dalam hitungan menit Anda dapat memiliki portofolio yang dibuat dalam sekejap dan sangat disesuaikan terhadap penampilan dan kebutuhan Anda.

Seniman, desainer dan arsitek dapat mempertimbangkan Orosso sebagai pilihan yang layak untuk membuat portofolio online yang kuat. Anda dapat mencobanya selama 14 hari dan memutuskan apakah itu layak dibayar atau tidak.

orosso

 

3. Foliolink

Foliolink adalah building tool portofolio online khusus untuk fotografer dan seniman yang ingin membuat portofolio profesional dan menjual karya mereka secara online dengan mudah. Foliolink tidak memerlukan pengetahuan tentang HTML atau CSS coding untuk mendapatkan portofolio. Kustomisasi dan tools e-commerce, dan search engine optimization untuk portofolio online Anda. Anda dapat membuat account gratis secara 7 hari sebelum memutuskan apa situs yang cocok untuk Anda.

foliolink

 

4. Zenfolio

Zenfolio adalah sebuah alat yang membantu Anda membuat portofolio secara online yang luar biasa cepat dan tanpa membuat Anda merasa kesulitan. Jika Anda mencari fotografer untuk membuat sebuah portofolio yang menakjubkan atau fotografer serius yang menjual pekerjaan Anda secara online, Zenfolio adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Tampilan e-commerce yang memudahkan pengguna, tampilan point-and-click dan pengubahan setting yang mudah adalah fitur-fitur yang dapat membuat Anda menyelesaikan situs fotografi Anda dalam sekejap. Biaya berlangganannya sangat terjangkau! Mulai dari IDR 300.000 per tahun. Namun, website ini juga menyediakan account premium gratis untuk Anda coba dalam waktu yang terbatas.

zenfolio

 

5. FolioHD

FolioHD adalah platform portofolio self-hosted untuk fotografer, seniman, arsitek, model dan desainer. Mereka menawarkan fitur penting untuk membangun sebuah website dengan cara yang sederhana dan bisa dibuat sesuai dengan rencana Anda. Dalam folioHD ada 3 jenis fitur, yakni basic, strong dan pro. Paket basic hanya bisa mengupload 36 file media, namun paket ini gratis.

Di sisi lain,paket strong dan pro menyediakan lebih banyak fitur menarik seperti, Google Analytics, privacy options dan Fotomoto acess. Paket basic dan pro hanya berbeda pada jumlah upload, yaitu 1000 dan 2000.

foliohd

 

6. Folio Website

Website Folio adalah situs building untuk portofolio dalam membuat website mobile fotografi secara profesional. Apa yang membuat Folio Website berdiri keluar dari overcrowded marketplace, jelas dan juga sederhana.

Mereka bekerja seperti WordPress, yang sangat disesuaikan dan menawarkan manfaat SEO untuk peringkat pencarian yang lebih baik. Anda dapat mendaftarkan akun premium mulai dari IDR 150.000 per bulan.

folio

 

7. 1X

1X lebih dari jaringan sosial dan komunitas online untuk fotografer dari building tool portofolio. Namun, fotografer dapat menggunakan platform ini untuk mendapatkan exposure yang kuat dengan ribuan pengguna di komunitas ini.

Hal yang menarik tentang 1X adalah bahwa tidak semua foto yang Anda upload akan dipublikasikan. Setiap foto yang Anda kirimkan dipilih untuk dipublikasikan oleh kurator. 1X memiliki komunitas forum di mana desainer profesional mendiskusikan proyek yang mereka kerjakan dan memberikan saran untuk hasil yang lebih baik. Anda dapat mencobanya secara gratis!

1x

 

8. 500px

500px

500px adalah building tool portofolio pribadi disertakan dengan pasar platform bagi fotografer untuk menjual karya mereka. Platform ini membantu fotografer untuk membuat portofolio online dengan mudah.

Pada 500px, Anda menjaga dan mengontrol situs Anda kapan pun Anda butuhkan dan tanpa harus menyentuh coding apapun. Mereka menyediakan anggotanya dengan fitur yang besar, seperti, sistem yang canggih pelacakan pengunjung, foto unlimited upload, nama domain yang bisa dicustomize dan fitur lain yang memungkinkan Anda menjual foto secara online.

 

9. SmugMug

portfolio-building-sites

SmugMug adalah platform untuk berbagi foto digital di mana fotografer dapat mengekspos hasil karya mereka kepada masyarakat dan anggota lain. SmugMug menyediakan portofolio yang indah dan elegan dan tampak profesional yang memicu kepentingan.

Portofolio building interface bekerja dengan sederhana, dengan customizers yang mudah untuk memilih foto, font, warna dan tema. Untuk eksposur yang lebih luas, share pekerjaan seni Anda di Facebook, Twitter dan media sosial lainnya.

 

10. Pixpa

Pixpa adalah situs building portofolio yang memungkinkan fotografer untuk membuat portofolio yang menakjubkan dan elegan untuk memamerkan karya-karya mereka. Website ini menyediakan Anda dengan ratusan template pra-desain dan Anda dapat memilih salah satu yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda hanya dalam satu klik. Font yang disesuaikan, background, warna, menu antara sejumlah fitur besar untuk membangun situs Anda dengan mudah.

Jika Anda ketagihan untuk membuat nama domain Anda sendiri dan membangun online presence yang kuat, Pixpa juga mendukung dalam hal itu. Dalam Pixpa Anda juga bisa menjual foto secara online menggunakan platform e-commerce terintegrasi yang disebut Fotomoto. Cobalah selama 15 hari secara gratis!

pixpa

 

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk memamerkan hasil karya Anda pada website portfolio online ini? Pilihlah sesuai kebutuhan Anda. Photography adalah seni yang kuat dengan ide. Hal ini tentunya cocok untuk dijadikan sebuah bisnis. Pilihlah strategi marketing yang cocok dengan basic Anda. Bila Anda cocok dengan bisnis rumahan, Anda mungkin juga akan cocok dengan strategi marketing bisnis rumahan dari Sribu. Selamat mencoba!


Riska

Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.