blog_word_startup

Jika Anda melihat nilai uang yang dihasilkan dari perusahaan yang masih berusia muda seperti Pinterest, Uber, dan Snapchat, Anda pasti akan menganggap tahun 2013 adalah tahun yang baik untuk startups bisnis tekhnologi. Tapi itu keadaan pada setahun yang lalu. Saat ini banyak perusahaan yang berjuang sangat keras pada tahap awal membuka bisnis. Tidak sedikit dari mereka yang terpaksa melakukan PHK demi menjaga kelangsungan perusahaan atau hanya untuk sekedar membayar sewa ruang, padahal masih bisnis startups.

Kali ini kami telah mengumpulkan bisnis startups terkenal yang mempunyai modal, talenta, atau ide – atau bahkan ketiganya – menuju sukses. Inilah 10 perusahaan itu:

1.  Circa

Circa meluncurkan aplikasi untuk iPhone berupa layanan berita untuk mobile. Tahun ini telah membuktikan bahwa ambisi mereka bukan tanpa hasil. Circa dirancang oleh editor media sosial Reuter, Anthony De Rosa, yang menjabat sebagai pemimpin redaksi yang mempunyai anggota 10 wartawan. Circa juga telah mengembangkan aplikasi untuk Android dan update untuk iPhone yang membuat aplikasi tersebut jadi lebih mudah diakses dan dioperasikan.

2.  Level Money

Bisnis startups di bidang keuangan mungkin butuh waktu lama, tapi lain halnya dengan Level Money. Perusahaan yang terletak di San Fransisco dan didirikan oleh mantan manager Visa ini meluncurkan produk global dan bertujuan untuk memudahkan pengguna memantau anggaran dimanapun berada melalui ponsel mereka. Mirip dengan Mint, tetapi dengan tampilan yang lebih sederhana, jadi lebih mengarah ke fungsinya dan ditargetkan untuk pengguna yang lebih muda. Startups mencapai 5 juta dollar sepanjang tahun ini yang dipimpin oleh Kleiner Perkins, dengan investasi dari beberapa nama petinggi di perusahaan keuangan seperti mantan CEO Citigroup Sandy Weill.

3.  RouteHappy

Jika tanda dari sebuah kesuksesan startups bisnis internet adalah dapat menangani masalah dasar pelanggan, maka Routehappy termasuk bisnis startups yang layak dilihat. Routehappy meluncurkan website bisnis mereka pada bulan Mei, yang bergantung pada timnya sebagai pencari data untuk memudahkan para traveler dalam membandingkan penerbangan tidak hanya berdasarkan pada harga dan waktu, tetapi juga tipe kursi, fasilitas, dan asuransi. Startups bisnis ini mencapai 1,5 juta dollar untuk pendanaan dan telah meluncurkan sebuah aplikasi.

seat-types-routehappy.com_

4.  Flipboard

Flipboard ini sudah ada selama beberapa tahun, tapi pada 2013, melakukan startup dengan mengambil tiga langkah besar mencapai potensi sepenuhnya sebagai platform yang dapat menanggulangi banyak hal. Perusahaan ini memberikan pilihan pada pengguna untuk membuat majalah sendiri, membuat online shop dengan pendekatan menggunakan majalah perbelanjaan, dan memperluas jaringan dengan membuat platform support ke windows 8.1, yang artinya dapat saat ini dapat dioperasikan disemua sistem operasi unggulan. Kabarnya ini membutuhkan dana tambahan mencapai 50 juta dollar.

5.  Oyster

Setahun yang lalu, konsep e-book itu hanya menjadi sebatas konsep. Tapi saat ini, peluncuran bisnis berlangganan e-book menjadi menonjol, termasuk yang ditawarkan Scribd, layanan scan dokumen yang popular, dan Oyster, bisnis startup yang masih sangat muda di bidang ini mempunyai 3 juta dollar pada tahun 2012 dari anggaran si penemunya.

6.  Uber

Uber sudah berhasil bertahan dari pertempuran platform baik di U.S. maupun luar negeri. Pada Agustus, perputaran nilai saham mencapai 258 juta dollar yang dibantu Google Venture untuk memperluas pasar dan menanggulangi masalah hukum. Hal lain yang membuat Uber menjadi layak dilihat bukan hanya keberhasilan dalam pembagian saham, tetapi juga kepemimpinan CEO Travis Kalanick dalam beberapa bulan terakhir yang mampu ekspansi ke area lain.

7.  Datasift

Ini mungkin bukan starups yang paling seksi dalam daftar ini, tapi Datasift merasa keberhasilannya saat ini berkat IPO dari Twitter: Data sosial. Baru-baru ini Apple mengakuisisi Topsy, sebuah perusahaan analisis media sosial dengan nilai lebih dari 200 juta dollar. Suatu hari nanti Datasift akan mengumumkan tambahan nilai mencapai 42 juta dollar, yang berarti total semua mencapai lebih dari 70 juta dollar.

8.  Clinkle

Sebuah platform berupa dompet digital. Bisnis startups ini bertujuan untuk membuat cara pembayaran dalam transaksi jual beli lebih modern dan membangun jaringan transaksional antara pedagan dan pembeli. Walaupun banyak perusahaan yang menyediakan dompet digital, tetapi Clinkle masih dapat menarik minat investor hingga pada startups mampu mengumpulkan dan mencapai 25 juta dollar. Para investor tidak hanya dari perusahaan besar, namun juga dari investor pribadi.

9.  Circle

Sebelu Bitcoin mendapatkan perhatian public dan mencapai nilai 1000 dolar, bebearap startups sebenarnya beroperasi dengan sistem rumahan. Tapi sekarang, banyak VC dan perusahaan tekhnologi yang bermunculan. Dan salah satu aplikasi yang paling penting adalah Circle, sebuah perusahaan yang didirikan oleh orang dibelakang platform video Brightcove. Circle mempunyai modal awal 9 juta dollar hingga akhir Oktoberdan berencana mengembangkan layanan untuk memudahkan pedagang maupun konsumen dalam membeli dan menggunakan uang digital seperti Bitcoin.

10.  SmartThings

SmartThings adalah salah satu bisnis startups yang terkemuka. Perusahaan ini mengembangkan perangkat yang mampu mengontrol keadaan rumah dari jarak jauh. Perangkat ini juga didukung dengan software pintar yang dapat berinteraksi dengan penggunanya. Jadi pengguna dapat menutup pintu garasi, mematikan kran bak mandi, mengetahui suhu ruangan semuanya dari smartphone mereka. SmartThings baru-baru ini mencapai pendanaan awal sebesar 12,5 juta dollar.

smartthings

Itulah tadi 10 startups bisnis yang harus Anda lihat, dan dapat menjadi pemicu semangat dalam memulai bisnis. Mungkin Anda juga dapat mencoba perangkat-perangkat tadi supaya tahu apa yang mereka tawarkan. Kunjungi website perusahaan mereka dan dapatkan informasi mengenai produk mereka.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.