10 Tips Untuk Para Pemula Untuk Mempelajari Seni Fotografi Dengan Cepat

Belajar seni fotografi bisa dari berbagai sumber. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengenali seluk beluk ilmu ini agar nantinya Anda bisa belajar ilmu ini secara lebih mendalam. Fotografi adalah seni mengabadikan objek dari sebuah lensa, yang kemudian biasanya hasilnya akan dicetak menjadi karya visual yang indah.

Sebuah foto yang profesional, tidak perlu adanya terlalu banyak editing untuk memperoleh gambar yang terlihat menakjubkan. Hanya saja saat ini, sudah banyak fotografer yang menggunakan software editing seperti Photoshop, Photo Illustrator dll untuk menjadikan hasil jepretan mereka lebih indah. Hal ini boleh saja dilakukan, karena perkembangan jaman yang makin modern.

stack-of-books-girl-canon-dslr-camera-blue-nails-hd-wallpaper

Jika Anda mencintai seni fotografi dan ingin coba mempelajarinya, Anda bisa memulainya dari sekarang!

Jangan patah semangat dengan berbagai kompleksitas yang ada di dalam seni fotografi. Dengan mempelajari beberapa dasar dari seni fotografi, Anda tentu bisa memulainya dengan baik. Berikut adalah beberapa tips yang bisa dipraktekkan saat mempelajari seni fotografi.

 

1. Bacalah Buku Manual dari Kamera Anda

manual-1e-529x270

Jika Anda membeli sebuah kamera, Anda sebaiknya membaca buku manualnya terlebih dahulu. Jika Anda langsung menggunakannya, Anda mungkin akan menemukan beberapa kesulitan yang memungkinkan Anda melakukan perlakuan yang tidak sesuai untuk kamera Anda sehingga berpotensi merusak kamera Anda. Apalagi jika kamera Anda memiliki banyak menu. Maka dari itu, kenali lah terlebih dahulu fungsi dan tata cara penggunaannya sebelum menggunakannya.

Anda perlu untuk akrab dengan setiap aspek dari kamera Anda. Semakin akrab Anda dengan kamera Anda, semakin cepat Anda bisa melakukan dengan cara Anda sendiri. Hal terakhir yang Anda harus lakukan saat mengambil foto adalah harus mengenali lingkungan sekitar dengan kamera Anda ketika Anda harus menyusun shot atau mempelajari subjek. Dan mulailah Anda mencoba kamera Anda.

 

2. Menemukan Sesuatu untuk Dijadikan Sasaran

financial_plan_4

Langkah kedua yaitu Anda harus menentukan apa yang akan menjadi sasaran dari kamera Anda. Jangan biarkan uang Anda terbuang percuma untuk membeli kamera tanpa mengetahui jelas apa maksud dan tujuan utama Anda dalam mempelajari seni fotografi. Anda tidak perlu bingung ketika mempelajari seni fotografi. Anda bisa menggunakan berbagai benda yang berada di sekeliling Anda untuk dijadikan sasaran kreatifitas Anda. Manusia, hewan, tumbuhan atau mungkin Anda bisa foto makanan sambil membuka berbagai website kuliner untuk meniru berbagai hasil foto makanan yang ditampilkannya.

 

3. Kamera Hanyalah Sebuah Kamera

dslr-camera-photography-watch-role-play

Kamera profesional terbuat dari bahan super keren seperti magnesium dan kaca dan plastik yang memiliki banyak tombol dengan berbagai fungsi. Kamera profesional tampil seperti semacam super gadget yang siap untuk dikirim ke ruang angkasa dan mampu melakukan semua hal yang megah dan tak terduga. Seorang fotografer mengatur speed, menekan tombol pada sasaran yang dibidiknya.

Tidak peduli harga kamera yang Anda pakai, jika Anda memang seorang yang piawai dalam membidik objek dengan kamera, Anda pasti dapat menghasilkan foto dengan komposisi yang baik. Prinsip-prinsip fotografi tidak berubah secara drastis sejak pertama kali muncul di tahun 1860-an. Masih tentang cara mengontrol seberapa banyak cahaya diperbolehkan untuk melewati lensa dan ke media perekam. Namun, masih ada kesalahpahaman bahwa teknologi adalah satu-satunya yang bertanggung jawab dengan hasil fotografi. Teknologi ini hanya percikan yang tentunya harus berasa dari api yang dinyalakan sang fotografer.

 

4. Belajar Tentang Exposure

slow_exposure09

Exposure adalah kombinasi dari tiga variabel utama yang mengontrol jumlah cahaya yang diperbolehkan untuk berinteraksi dengan sensor kamera Anda atau film, yaitu :

Shutter speed

Aperture

Film speed (ISO)

Kombinasi yang tepat dari variabel-variabel ini adalah jantung dan jiwa dari setiap foto yang pernah diambil. Namun, exposure merupakan topik yang bernuansa tak terhingga sehingga memungkiri kesederhanaan. Untuk menemukan cara memahami dasar-dasar eksposure yang tepat, Anda bisa memahami cara kerja  3 variabel di atas dan coba cari tahu sendiri bagaimana selera exposure Anda.

Untuk mengexpose benda dengan baik, ada aspek teknis fotografi – bagian terpisah dari “seni” dan estetika fotografi adalah kolam pengetahuan yang luas dan penuh dengan angka, meter, pengukuran, dan juga ilmu pengetahuan. Coba cari tahu dan sering-seringlah mempraktekkannya!

 

5. Belajar Tentang Komposisi

Kids4

Dalam mempelajari komposisi sebuah foto tentunya Anda akan berhubungan dengan emosi, gerak, merasa, warna, dan berbagai variabel lainnya. Anda bisa membaca berbagai buku yang membahas mengenai komposisi sebuah foto yang baik dan bagaimana cara memproduksinya. Praktikkan langkah-langkah yang diajarkan dengan baik, maka Anda akan segera dapat menghasilkan foto yang baik!

 

6. Ambil Waktu Anda

phototip-2

Ketika Anda berada dalam tanah praktek fotografi maka waktu bukan lah lagi faktor yang bisa Anda kompromikan. Anda perlu memberikan waktu untuk diri Anda sendiri dalam mengambil foto dan belajar seni fotografi. Waktu yang dibutuhkan tentu tidaklah sedikit. Namun, hal tersebut akan menjadi percuma jika Anda tidak melakukannya dengan baik dan sungguh-sungguh. Anda tentu perlu manajemen waktu yang baik untuk poin ini. Jangan biarkan diri Anda menjadi terburu-buru dan menghasilkan sesuatu yang tidak maksimal.

 

7. Mempelajari Sekeliling Anda

41

Ini adalah sesuatu yang harus dipelajari ketika mulai mengambil foto. Anda harus fokus pada apa yang ada di depan Anda. Salah satu kelemahan fotografi adalah bahwa hal tersebut memaksa fotografer untuk melihat dunia 3 dimensi tanpa batas, tanpa melirik. Ini cukup memotivasi fotografer untuk memusatkan perhatian dan mencoba mengambil momen tersebut.

Jadi, ketika Anda menatap melalui jendela bidik Anda harus merasa “gatal” untuk mengambil gambar yang sempurna, luangkan waktu dan melihat sekeliling Anda. Anda tidak pernah tahu apa yang Anda temukan di sana!

 

8. Tersenyumlah

seni fotografi

Kamera menangkap tindakan masyarakat, momen candid, dan hal-hal yang mungkin tidak semua orang selalu ingin diabadikan. Dengan kata lain, di depan dan di sekitar kamera, orang sering merasa terekspose.

Kamera tidak membeda-bedakan. Dia tidak menyensor dirinya sendiri. Ia menangkap semua yang Anda diletakkan di depan lensa. Itulah mengapa semua menjadi tugas fotograger untuk memberi pelajaran untuk mereka dan orang-orang di sekelilingnya sehingga merasa nyaman di hadapan kamera.

Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan tersenyum kepada model Anda dan orang di sekitar Anda. Itu sebabnya, dalam situasi ini, senyum akan jauh lebih baik. Ini menunjukkan keramahan Anda dan memberikan tanda bahwa Anda tidak akan menyalahgunakan hak istimewa untuk mengambil gambar orang.

Bahkan pada pemotretan dengan model yang Anda bayar yang tugasnya adalah untuk berada di depan kamera, maka Anda wajib untuk tersenyum, dan jagalah mood mereka agar selalu merasa nyaman, membantu mereka untuk berada pada sesi pemotretan yang lebih santai dan menyenangkan.

 

9. Bergabunglah dengan Komunitas Fotografer

seni fotografi

Mengembangkan ide fotografi yang kreatif tidak melulu harus belajar dengan keras seorang diri. Dari banyak hal, ambillah yang sederhana saja. Misalnya bergabung dengan komunitas foto yang berada di sekeliling Anda. Anda tidak perlu bersusah payah untuk mencari komunitas yang sudah profesional, karena bagi Anda yang sedang belajar fotografi, ini akan mempersulit Anda untuk mengikuti arus mereka yang sudah berjalan terlalu lama. Ambil tindakan yang mudah dengan bergabung dengan fotografer pemula atau amatir. Bukan tidak mungkin Anda akan bisa memperbaiki talenta Anda dari komunitas tersebut, cara ini justru akan memperkaya Anda karena tidak menutup kemungkinan para anggota akan sharing ilmu mereka. Anda akan memperkaya ilmu dengan cara yang sederhana, bukan? Manfaatkan ini dengan baik!

 

10. Tetaplah Memotret

seni fotografi

Teruslah memotret! Tidak ada yang mengalahkan pengalaman. Anda dapat mengambil semua kursus fotografi yang Anda inginkan, membaca semua buku tentang fotografi, membicarakannya, dan membaca artikel, tapi tidak ada yang akan membantu Anda mengambil foto yang lebih baik daripada Anda pergi keluar dan melakukan pembelajaran fotografi sendiri.

Semakin banyak Anda memotret, semakin baik Anda meningkatkan kemampuan Anda di bidang ini. Tentu saja, ada dasar dalam fotografi. Ada aturan dan pedoman untuk menjadi seorang fotografer yang efektif. Tapi praktek memotret menjadi satu-satunya cara untuk menguasai ilmu ini.

Dan sekali Anda telah menguasai dan memahami orang-orang fundamental, Anda akan lebih siap untuk membengkokkan atau menghancurkan mereka ketika Anda menemukan diri Anda perlu untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar unik dan bagus.

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk belajar seni fotografi? Jika cara ini sudah Anda lakukan, ada baiknya Anda memajang hasil karya Anda.

Bisa melalui website, atau bahkan pameran kecil yang Anda adakan bersama teman-teman Anda.