small-business (1)Untuk membuat bisnis Anda dapat bertahan, Anda harus mengubah mindset dari berfokus pada uang menjadi fokus memenuhi kebutuhan pelanggan. Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, dan yang terpenting kita tahu apa yang pelanggan butuhkan. Ketika kita mendapatkan pelanggan yang puas, maka mereka akan loyal, dan bisnis Anda dapat bertahan. Berikut ini 10 tips untuk membangun bisnis modal kecil yang tidak perlu mengeluarkan jutaan rupiah untuk memulainya:

1.  Memperjelas Konsep

Apa kebutuhan pelanggan yang akan Anda penuhi? Bagaimana cara Anda menawarkannya? Buat garis besar dari awal sampai akhir bagaimana produk dapat berfungsi dari perspektif pengguna, lalu buat garis besar apa yang harus dilakukan secara realistis dari perspektif perusahaan. Buatlah perencanaan ini sedetail mungkin, dan pastikan strategi ini tidak memerlukan uang yang berlebihan. Disini Anda akan menemukan masalah-masalah yang harus dipikirkan dan dipecahkan.

2.  Lakukan Riset Pasar

Lihat orang-orang yang menjadi target pasar Anda. Apa saja yang mereka lakukan, dan bagaimana mereka akan menggunakan produk Anda. Dapatkan timbal balik dari akun Anda, dan dapatkan pola perilaku mereka. Mungkin menurut Anda konsep Anda tadi sudah matang dan layak untuk pelanggan, tapi belum tentu demikian. Jika pelanggan tidak mengerti atau melihat nilai yang ada didalam produk Anda, mustahil mereka mau memberikan uangnya.

3.  Gambaran Kerangka

Gambarkan rincian kerangka konsep bisnis Anda secara rinci. Jika Anda punya ide aplikasi atau konsep bisnis internet, petakan setiap tampilan layar secara jelas. Apa fungsi setiap tombol? Bagaimana sistem navigasi? Grafis seperti apa yang dibutuhkan? Setiap halaman di website atau aplikasi perlu digambarkan.

4.  Lakukan Analisis Kompetitif

Perusahaan mana yang menggunakan model bisnis yang sama, dan bagaimana struktur perusahaan mereka dan layanan mereka? Perusahaan mana yang berada satu lingkup dengan Anda, dan bagaimana Anda berbeda dari mereka? Lakukan penelitian sebanyak mungkin, dan gunakan hasilnya untuk mengembangkan konsep Anda.

5.  Didik Diri Anda

Mungkin Anda memang bukan dari sekolah bisnis, tetapi jangan khawatir, belajarlah dari yang terbaik. Banyak lembaga ataupun seminar gratis yang dapat mengembangkan kemampuan dan pengetahuan tentang bisnis, wirausaha, pemasaran, dan penjualan. Ini akan menghemat waktu untuk mengembangkan diri Anda.

6.  Teliti Pengurangan Biaya Operasional

Jika kita sebut bisnis modal kecil, tentu modal awal memang harus minim. Dalam rangka meminimalkan pengeluaran pada tahap awal, bandingkan segala aspek layanan yang dibutuhkan untuk mempekerjakan karyawan agar dapat mengubah konsep menjadi bisnis nyata. Gunakan berbagai jasa yang ada di internet untuk membuat desain brosur maupun website. Ini akan lebih menghemat, dan biasanya mereka lebih responsive.

SmallBusiness

7.  Mulai Manfaatkan Jejaring Sosial

Anda dapat membangun pengikut ataupun fans tanpa mengeluarkan uang. Mulailah dari teman atau keluarga untuk masuk di media sosial Anda. Dan sajikan info terkini mengenai bisnis Anda. Beri mereka insentif, seperti kupon diskon, informasi promo terkini, agar dapat mengundang teman-teman mereka. Jika sudah ada pengikut di media sosial, ini dapat membantu meningkatkan penjualan.

8.  Jaringan, Jaringan, Jaringan

Pergilah keluar dan temui pengusaha lain. Ada ribuan organisasi di luar sana yang dapat Anda temui baik secara personal ataupun online. Beritahu mereka tentang bisnis yang Anda kerjakan. Buat mereka tertarik dengan konsep, dan mintalah saran dan kritik untuk membangun Anda jika dirasa itu memang bernilai. Kumpulkan beberapa saran tadi dan tuliskan dalam sebuah papan tulis. Jangan lupa untuk memberikan timbal balik untuk mereka, jadi ini lah yang disebut berbagi.

9.  Temukan Mentor

Salah satu asset paling kuat yang dapat Anda miliki dalam memulai bisnis modal kecil adalah mentor. Ini seharusnya seseorang yang Anda lihat memang sudah sukses layaknya yang ingin Anda capai kelak. Temukan cara untuk berhubungan dengan mereka, lalu ceritakan tentang konsep bisnis Anda, dan tanyakan secara perlahan apakah mereka bersedia menjadi mentor. Kebanyakan akan tersanjung dan akhirnya mengatakan “Ya”. Dari sana, mulailah belajar.

10.  Membuat Desain Logo

Ini menjadi hal terakhir, meskipun mungkin tidak menjadi langkah yang paling kuat, tapi akan menjadi symbol kemajuan dari diri Anda dan akan menjadi dorongan. Banyak jasa pembuatan logo yang tidak mahal. Buatlah sketsa sederhana dan berikan pada desainer untuk mendapat hasil yang lebih baik. Logo ini bisa saja sifatnya fleksibel seiring kemajuan bisnis.

Apakah untuk mencapai sukses dalam bisnis hanya mencakup hal-hal di atas? Tentu tidak, tetapi 10 tips di atas dipercaya kuat dan tepat untuk bisnis modal kecil. Fokus untuk memulai sebelum waktu Anda terbuang sia-sia.


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G