Small-Business

Banyak dari pemilik bisnis modal kecil yang mempunyai website untuk bisnisnya dan berjuang keras untuk mengelola website itu. Selalu ada hal yang tampaknya harus dilakukan untuk website tetapi tidak ada banyak waktu yang mereka punya. Artikel singkat kali ini akan menyoroti aspek-aspek kunci dalam mengelola website agar mendapatkan keuntungan maksimal dari web bisnis dengan waktu yang Anda miliki.

Sepuluh langkah berikut ini merupakan tips utama dalam mengelola website bisnis yang sukses. Ikuti langkah berikut dan lihat perkembangannya. Memang tidak menjamin akan sukses semudah itu, karena ada banyak faktor yang mungkin tidak relevan untuk beberapa kasus. Tetapi langkah berikut sudah diambil dari pengalaman beberapa kasus dan diharapkan mampu mengarahkan web Anda menjadi lebih baik.

1.  Konten

Konten adalah kuncinya

Fotolia_49051071_S.jpg.opt372x248o00s372x248

Situs-situs pencari sekarang lebih mencermati konten dari pada meta tag. Semakin banyak konten di situs Anda, maka akan makin mudah situs pencari menemukan website dan mengunjungi. Karena, tidak hanya mesin pencari saja yang membutuhkan konten Anda, orang-orang juga menyukai konten di sebuah website. Banyak orang mengukur keberhasilan sebuah website dari jumlah pengunjung. Jadi, tanyakan pada diri Anda. Mengapa orang-orang ingin datang ke website Anda? Apakah Anda memberikan informasi menarik dan informatif yang berhubungan dengan produk atau jasa yang ditawarkan? Jika tidak, mengapa mereka harus datang?

Konten yang relevan dan banyak adalah kunci kesuksesan sebuah website. Selalu ada ruang untuk menyimpan banyak konten, dan tidak ada kata terlalu banyak konten di website. Jadi, luangkan sedikitnya satu jam dalam seminggu untuk menambah konten.

2.  Penyegaran

Tetap up to date

Punya banyak konten itu hal yang bagus, tapi jika itu semua sudah tiga tahun lalu, akan terlihat usang dan website Anda tidak akan jadi prioritas. Mesin pencari benar-benar memerhatikan faktor ini. Mereka melacak tiap perubahan pada website Anda dan seberapa sering itu terjadi ketika mereka mengunjungi. Semakin sering ada perubahan, maka akan semakin baik peringkat di kategori penyegaran.

3. Jangan Curang

Jangan mencoba mengakali mesin pencari, karna akhirnya justru Anda akan kehilangan semua.

Banyak jasa pembuatan website yang menjanjikan sukses menggunakan trik dan taktik khusus untuk dapat muncul di halaman pertama mesin pencari dengan cepat. Mesin pencari pasti akan tahu segala bentuk kecurangan dan dapat menemukannya. Dan saat website terindikasi melakukan kecurangan maka mesin pencari bisa saja menutupnya. Ikuti aturan dan rekomendasi mesin pencari. Dengan begitu mereka akan berjuang melawan segala kecurangan dan mempromosikan situs yang mengikuti aturan.

4.  Link

Baik link masuk ataupun keluar harus relevan

Banyak pemilik website bisnis yang melakukan pertukaran link. Saling menghubungkan ke situs lain untuk mendapatkan ranking tertinggi. Jika Anda menghubungkan pengunjung ke website lain dan meminta website tersebut menghubungkan orang lain ke website Anda, apa itu relevan?

Setiap mesin pencari akan melihat siapa yang membuat link ke website Anda, dan memberi perhatian khusus pada berapa banyak link dalam setiap halaman. Hal ini dilakukan untuk menutup website dengan sebuah halaman yang penuh dengan link. Buatlah link yang relevan dengan topik konten website bisnis modal kecil Anda. Jangan terlalu banyak membuat link ke website lain.

5.  Struktur

Atur tampilan website dan semua akan berterima kasih

mm_structure_diagram

Baik mesin pencari maupun pengunjung akan memilih situs yang terstruktur dengan baik. Mesin pencari adalah sebuah program komputer yang akan bekerja secara otomatis, membagi website menjadi elemen-elemen bedasarkan struktur halaman. Orang-orang biasanya tidak mau untuk membaca informasi secara spesifik, mereka melihat berdasar judul yang menarik dan struktur website yang mudah dioperasikan.

6.  Aksesibilitas

Sebuah situs web yang ditujukan untuk semua orang akan lebih baik dari pada situs yang hanya untuk beberapa orang.

Web Accessibility Initiative (WAI) menyediakan daftar petunjuk membuat website bisnis mudah dikunjungi orang. Pikirkan tentang web Anda – apakah ketika orang dengan cacat visual (seperti buta warna) mengunjungi website Anda, masih mendapat informasi mengenai produk atau jasa? Ada berbagai cara memastikan website Anda mudah diakses orang dengan kebutuhan khusus.

7.  Kode Berkualitas

Kode website yang baik akan bermanfaat

Banyak bisnis modal kecil yang tidak cukup tahu mengoperasikan kode untuk membuat website, padahal kode ini penting. Penggunaan kode standar yang sesuai telah diuji untuk berbagai gangguan dan lebih mudah bagi mesin pencari untuk menemukan. Pastikan desainer website menggunakan kode sesuai standar yang telah divalidasi untuk menghadapi gangguan. Anda juga dapat mengecek website secara gratis melalui World Wide Web Consortium – badan standarisasi pengelola internet).

8.  URL

Pemilihan URL yang tepat mempengaruhi kinerja website Anda

Desainer website professional harus mengetahui hal ini. Jika Anda menggunkana system manajemen berbasis konten untuk membangun web, atau ada porsi untuk itu, penting untuk memahami makna dari URL untuk mengakses web Anda. Mesin pencari melihat alamat dari setiap halaman di website dan mencari kata kunci dari URL. Sebagai contoh, Anda ingin memiliki halaman tentang “Gadget” di website “sribu.com” membuat halaman dengan nama file gadget.html akan memberi peringkat kata kunci yang lebih baik dari pada page6.html, berlaku juga untuk sub-direktori di situs sribu.com/gadget/… lebih baik daripada sribu.com/files/..

9.  Style

Penampilan itu penting – walau mungkin bukan gaya Anda

Dalam skema besar, penampilan dari sebuah web tidak benar-benar penting. Ketika orang mengunjungi web selama beberapa menit, lalu mereka akan keluar dan membuang kesan pertama mereka (didasarkan pada penampilan) dan akan muncul pertanyaan – apakah website ini memberi informasi yang saya inginkan dan butuhkan? Dan saya dapat menemukan dengan cepat? (kembali ke poin 1—konten dan poin 5 – struktur).

Lalu style itu bagaimana? Sederhana, style website bisnis modal kecil yang Anda jalankan itu mudah dibaca. Hindari pemilihan warna yang mencolok, semua huruf kapital.

10.  Foto

Menjual produk – akan lebih baik ketika terlihat bagus

How-To-Become-A-Professional-Photographer

Jika Anda menjual sesuatu yang punya representasi visual, maka fotografi professional jadi kuncinya. Bahkan sebuah resort miliaran rupiah pun tiadak akan terlihat mewah jika fotografinya amatir. Jika Anda memang ingin menjual sebuah produk, maka penting untuk berinvestasi pada fotografer professional untuk menunjukkan kualitas produk Anda. Ingat, kita berbicara pemasaran melalui online, jadi pengunjung tidak bisa memegang produk, dan foto menjadi kunci utama.

Mempunyai website menjadi hal yang penting untuk bisnis modal kecil, tidak perlu website yang mahal. Buatlah desain logo yang menarik untuk ditampilkan di website. Semoga tips-tips tadi bermanfaat.

 


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G