Social-network-Advertising-and-marketingBagi seorang pengusaha,beriklan adalah keharusan. Iklan mampu membuat orang yang tidak tahu menjadi tahu tentang produk anda. Namun  ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam beriklan. Sribu mencoba memberikan 10 tips membuat design iklan yang efektif, yang akan membatu Anda mengarahkan untuk beriklan secara benar dan efektif.

1. Iklan adalah panggilan untuk sebuah tindakan

Design iklan  adalah gambar dari usaha anda secara keseluruhan. Iklan yang baik mampu mengangkat profil usaha, namun juga harus dapat mempengaruhi para pemirsa nya untuk merespon secara positif. Dalam artian harus dapat bersifat agitatif, sehingga dapat mempengaruhi calon kostumer untuk membeli.

2.Penempatan Brand yang menyuarakan usaha anda

Sangat Penting untuk diketahui, bahwa penempatan brand dalam design iklan sangat menentukan pemahaman para pemirsa nya untuk mengetahui apa tujuan dari usaha anda. Memposisikan brand usaha anda secara tepat juga membuat orang akan lekat dengan produk yang anda miliki. Kita tidak mau khan iklan kita berlalu begitu saja, tanpa orang tahu tentang produk atau namanya secara jelas.

3.Menampilkan pesan  yang sama disemua iklan.

Banyaknya media iklan yang kita gunakan. Harus tetap memasukkan pesan yang sama, baik secara tampilan maupun kesan  yang ingin disampaikan. Sehingga cukup efektif mempengaruhi orang yang melihatnya,  dan mereka tidak mengalami kebingungan dengan informasi  lain yang  menempatkan produk yang sama namun melalui media yang berbeda.

4. Buatlah iklan secara singkat dan jelas

Hal ini cukup mudah dipahami. Kita sama-sama tahu, bahwa media iklan itu sangat terbatas, baik secara visual melalui penayangan maupun melalui media tertulis. Jadi pastikan iklan anda dibuat secara singkat dan jelas  meskipun kecil dan memiliki keterbatasan waktu. Jika anda memiliki kesulitan untuk membuat iklan yang menarik maka diskusikanlah dengan ahli design iklan anda. Anda bisa  mendapatkan spesialisasi dari media iklan yang ingin anda pakai, misalnya untuk desain brosur, desain banner maupun desain poster, untuk setiap iklan yang anda buat.

5.Membuat Link pada Landing Page

Meskipun anda telah membuat iklan dengan cara yang simpel dan mengena, anda tetap bisa memberi keterangan secara panjang lebar dengan memberi link sesuai iklan anda pada landing page. Hal ini bisa anda lakukan melalui online dvertisement. Setelah melihat profil usaha anda secara sekilas, para calon kostumer yang tertarik pasti ingin tahu lebih banyak tentang usaha anda, maka landing page bisa menyediakan keterangan tambahan tersebut.

6. Buatlah pencitraan warna yang sama dengan brand anda.

Media online advertisement memang memiliki banyak kemudahan, baik dari segi pengelolaan maupun pembuatan. Pemilihan warna juga sangat mudah dilakukan, akan tetapi yang harus anda perhatikan adalah penggunaan warna yang identik dengan brand yang anda gunakan.Ini untuk memudahkan konsumen anda secara cepat mengenali brand yang anda miliki dan membedakannya dari brand sejenis dari kompetitor anda.

7.Kesan = pesan.

Kesan  atau tampilan gambar pada design iklan yang anda tampilkan,  harus sama dengan pesan yang anda sampaikan. Sehingga dengan melihat gambar iklan anda, orang sudah dapat menangkap pesan dari iklan yang anda tayangkan. Hal ini juga menambah nilai efektifitas dari penayangan iklan anda.

8. Tahu kapan harus menggunakan animasi.

Tidak semua design iklan harus menggunakan animasi, karena penggunaan animasi mensyaratkan perangkat yang lebih sempurna. Beberapa layanan mobile bahkan tidak bisa menerima animasi, jadi akan lebih baik juga kita pertimbangkan sasaran iklan yang akan kita tuju, sehingga sasaran iklan kita tidak merasa terasing terhadap iklan kita.

9.Buatlah sederhana.

Iklan hanya bertujuan mengedukasi para calon kostumer kita untuk mengetahui tentang produk kita. Tidak perlu menjadikannya rumit atau membuat para calon kostumer anda bingung dengan melihat iklan anda. Biasakan untuk menyederhanakan design iklan anda namun proporsional dan tetap mengena.Tidak ada alamat, atau no telf. Setelah itu arahkan rasa ingin tahu mereka   pada landing page.

10. Selalu meningkatkan kreatifias beriklan

Online advertisment sangat  flexibel. Kita bisa sering berganti tema atau menyebar informasi usaha kita sebanyak mungkin didalamnya. Gunakan kreatifitas tanpa batas yang anda miliki, agar design iklan anda selalu terlihat segar dan menarik perhatian.

Selalu Ingat, bahwa iklan anda ikut menentukan kesuksesan usaha anda. Pastikan 10 tips membuat design iklan yang efektif diatas bisa anda terapkan, dan rasakan manfaatnya. Salam sukses!

Apakah Anda memiliki tips lain? Jangan sungkan untuk berbagi. Silahkan tulis pendapat Anda pada kolom di bawah ini.

 


Tri Ani

Tri Ani

Writer di sribu.com, private teacher, pelaku bisnis di bidang konveksi. Sangat menyukai buku dan kopi. Tertarik pada semua hal yang berhubungan dengan tantangan.