Add_New_Post_‹_Marketing_Land_—_WordPress-600x283

Memasarkan sebuah  bisnis usaha membutuhkan langkah yang tepat dan efisien. Promosi usaha yang baik dapat mengakomodir  kebutuhan pemasaran usaha dengan cara yang mudah dan murah, menjangkau semua kalangan dan memberi feedback positif pada perusahaan. Di bawah ini akan dijabarkan tentang 10 tips mudah dan murah memasarkan bisnis usaha anda.

1. Buatlah Costumer Anda Merasa Spesial

Kita pasti tahu bahwa setiap orang  merasa senang jika dihargai dan ditempatkan sebagai sesuatu yang spesial. Anda bisa memanfaatkan kondisi psikologis seperti itu untuk meraih banyak simpati dari kostumer anda. Anda bisa mulai memberi mereka kartu nama , menyimpan nomor telepon mereka dan menghubungi mereka jika ada event-event khusus, atau penawaran diskon. Dengan begitu, kostumer anda akan merasa  sangat spesial dan mendapat perhatian dari usaha anda.

2.Buatlah Kartu Nama Usaha Anda

Cara murah dan mudah berikutnya  untuk pemasaran bisnis anda adalah dengan menggunakan kartu nama usaha anda (business card). Anda pasti sering bepergian, bertemu dengan banyak orang, mengikuti rapat atau seminar. Pastikan orang yang berada didekat anda saat itu menerima business card yang anda miliki.  Buatlah business card yang unik dan menarik, yang menggambarkan tentang usaha anda, namun dibutuhkan orang dan membuat orang menyimpannya. Diskusikan  dengan ahli design kartu nama tentang tampilannya. Dan dapatkan keuntungan mempromosikan bisnis usaha anda hanya dengan bertukar kartu nama.

3. Menggunakan E-mail marketing dan Surat Pemberitahuan

Cara paling mudah dan murah memasarkan bisnis usaha anda  adalah membuat mailing list dan mengirim surat pemberitahuan. Penjualan melalui e-mail saat ini menduduki peringkat tinggi sebagai bentuk pemasaran yang sangat efektif dan mudah dilakukan dengan jangkauan kostumer yang cukup luas, tanpa terkendala jarak dan waktu dan terkesan lebih personal. Yang perlu anda lakukan adalah menentukan kriteria kostumer potensial dan memberinya pemberitahuan atau semacam undangan untuk mencoba produk anda.

4. Meningkatkan  Profil Usaha Anda Dalam Pameran Dagang

Ketika anda mengikuti sebuah pameran, anda tidak akan membiarkan moment berharga itu berlalu begitu saja. Anda bisa menciptakan sebuah brosur cerdas yang berisi tentang usaha anda, mini profil usaha, dengan informasi kontak yang jelas. Anda bisa menghubungi pihak brosur design untuk mengarahkan pembuatan brosur secara efektif dan tepat agar dapat meningkatkan performa bisnis usaha anda. Dan anda bisa mulai dapat memanfaatkan moment tersebut untuk mulai membagikan informasi tersebut.

5. Kombinasikan Bisnis dengan Kesenangan dan Amal

Jika anda menyukai  olah raga anda bisa memanfaatkan moment tersebut untuk memasarkan bisnis usaha anda.Bagaimana caranya?. anda bisa mengundang orang-orang untuk ikut dalam olahraga tersebut, kemudian mengajak mereka untuk sekalian beramal. Misalnya mengadakan gerak jalan sehat sembari beramal. Dengan begitu, usaha anda akan dikenal karena tingkat sosialitas yang baik, dan orang tidak segan membeli produk anda karena memiliki asumsi bahwa produk anda memberi feedback (kontribusi) positif kembali kepada costumer anda.

6 Mencipatakan Sebuah Tempat Tujuan

Apa maksudnya?, Sebuah  toko buku di kota saya, memiliki sebuah tempat kongkow dengan akses free wi-fi , memberikan discount dan menyediakan tempat membaca untuk buku-buku yang telah diterbitkan 2 tahun sebelumnya secara gratis.Awalnya ini terkesan seperti usaha non-profit, tapi siapa sangka dengan strategi dan management  yang bagus ternyata tempat tersebut menjadi tempat tujuan bagi banyak kalangan yang ingin membeli buku dan menikmati fasilitas yang disediakan secara gratis. Mereka melihat kontribusi positif toko buku  tersebut untuk menyediakan tempat destinasi sebagi bentuk penghargaan bagi pecinta buku.

7.Menjadi Seorang Ahli di Dunia Internet

Cara murah untuk mengenalkan usaha anda juga bisa melalui ikut aktif dalam forum mail -discussion atau mencari artikel-artikel dalam internet yang menyangkut profil yang hampir sama dengan usaha anda. Anda bisa meninggalkan pesan dalam forum tersebut, menanggapi komentar orang lain, dan mulai memberikan solusi dengan menawarkan produk anda. Disini anda akan mendapat nilai positif karena biasanya anda akan memperoleh tanggapan lebih cepat karena anda berada di forum yang spesifik yang memiliki kebutuhan yang sama dengan produk yang anda tawarkan. Ingatlah selalu cara paling mudah  untuk pemasaran bisnis anda adalah dengan mengatakannya dan memperkenalkannya secara langsung dengan kata lain ” the best way to sell is to tell”

8.Pemberitaan Media

Dapatkah anda bayangkan jika bisnis usaha anda dapat masuk dalam pemberitaan media, dan mendapat respon positif dari penilaian media tersebut, maka secara tidak langsung akan membentuk opini publik untuk mencoba dan mengetahui kredibilitas dari pemberitaan tersebut. Disini anda mungkin butuh jasa seorang humas untuk membantu mengatur pemberitaan, menghubungi media yang tepat dan mensetting image positif dari usaha anda.

9. Stop Menghabiskan Waktu dengan Pelanggan yang Tidak Produktif

Jika kita tidak menghabiskan waktu kita untuk pelangganyang tidak potensial maka kita akan memperoleh tenaga lebih untuk menghadapi pelanggan yang potensial. Gunakan survey atau pengkategorian yang bisa mendefinisikan secara jelas,  tentang kriteria pelanggan yang sangat membutuhkan produk kita. Dengan begitu kita dapat memperkenalkan produk kita secara tepat sasaran dan tidak membuang waktu.

10. Jangan Membiarkan Pelanggan Berlalu

Jika anda tahu, mempertahankan seorang pelanggan itu  merupakan konsep marketing yang justru lebih mudah dan murah ketimbang mendapatkan pelanggan baru. Pelanggan lama sudah mengetahui produk anda sehingga anda tidak perlu memberi keterangan dari awal tentang keuntungan yang didapat dengan menggunakan produk anda. Jika usaha anda mulai menghadapi seorang pelanggan yang tidak melakukan pemesanan kembali (repeat order), anda bisa mengirimkan undangan secara pribadi,menanyakan kesan terakhir memakai produk anda, dan memberi informasi tentang event khusus  atau diskon yang ditawarkan oleh bisnis usaha anda.


Tri Ani

Tri Ani

Writer di sribu.com, private teacher, pelaku bisnis di bidang konveksi. Sangat menyukai buku dan kopi. Tertarik pada semua hal yang berhubungan dengan tantangan.