make-money-advertising-1024x542

Membuat website mungkin tidak begitu sulit asalkan kita punya domain dan hosting. Tetapi cara membuat website yang mamapu meningkatkan penjualan itu mungkin jauh lebih sulit. Banyak bisnis yang sukses secara offline lalu meluncurkan website untuk toko online. Tak jarang dari mereka yang websitenya hanya menjadi biaya tambahan dan tidak bisa menghasilkan konversi penjualan. Berikut ini tips membuat website dari Sribu.

1. Website Anda Harus Mencerminkan Identitas Merek Anda

Jika perusahaan Anda sudah mapan dan memiliki identitas merek yang kuat, “Sribu” dapat membawa bisnis Anda ke tingkat berikutnya. Mereka bekerja sama dengan klien untuk membuat merek-merek yang ada menjadi lebih menarik, memperkuat identitas serta meningkatkan posisi di pasar. Namun, jika Anda memulai perusahaan baru atau meluncurkan produk atau jasa baru, maka Sribu adalah mitra ideal untuk Anda! Anda tidak harus memiliki logo atau bahkan nama bisnis untuk menghubungi Sribu. Mereka menyambut klien di setiap tahap branding dan pengembangan desain website.

2. Pahami Tujuan Website Anda 

Apa yang Anda harapkan dari website? Apa tujuan utama Anda? Hal ini mungkin tampak sederhana, tetapi banyak situs gagal karena tujuan mereka tidak tercermin dalam desain mereka. Secara umum, sebagian besar perusahaan menggunakan website untuk: 1) membangun merek mereka, 2) menjual produk, 3) membangun basis pelanggan mereka, atau 4) mengkomunikasikan informasi. Menetapkan poin untuk masing-masing tujuan sesuai dengan kepentingannya ini harus dilakukan. Ini membantu memprioritaskan tujuan agar website dapat dirancang sesuai kebutuhan. Memahami tujuan bisnis Anda adalah kunci untuk merancang website, situs yang sukses akan sangat efektif membantu Anda mencapai tujuan.

3. Ketahui Siapa Pengunjung Web Anda dan Tujuan Situs Ini Bagi Mereka

Selama tahap pengembangan desain, Sribu membantu klien mengidentifikasi basis pelanggan atau sasaran potensial mereka. Di tips cara membuat website yang ketiga lebih menekankan pada desain. Sebagian besar perusahaan memiliki beberapa sasaran, yang masing-masing akan mengunjungi situs web untuk alasan yang berbeda. Akibatnya, audiens akan tertarik oleh varian warna yang berbeda, font, pesan dan gaya desain yang bervariasi. Ketahui bahwa pria dan wanita dapat menanggapi presentasi yang sama dengan cara yang berbeda akan membantu Anda membuat pilihan desain yang akan menarik bagi setiap pelanggan. Memahami demografi berbagai khalayak sasaran Anda adalah kunci untuk merancang desain sebuah situs yang memenuhi kebutuhan bisnis dan pengunjung website.

4. Fokus pada Konversi Pengunjung Web untuk para Pelanggan

Pengunjung web dapat menjadi pelanggan melalui beberapa cara. Mereka mungkin membeli produk atau layanan, mendapatkan informasi lebih lanjut atau bergabung dengan mailing list. Orang lain mungkin mengunduh white paper, meminta penawaran, atau mendaftar untuk diskon dan informasi penjualan. Dengan berinteraksi dengan situs web Anda, pengunjung mengambil langkah pertama untuk menjadi pelanggan. Bisnis seperti homebuilders, resort, desainer dan katering, dapat menggunakan situs Web mereka untuk menerima panggilan dari para pelanggan yang potensial. Beberapa situs ada karena semata-mata untuk memperoleh respon dari pelanggan yang potensial. Situs yang berhasil memberikan pengunjungnya informasi yang mereka butuhkan dan menghasilkan tanggapan yang Anda inginkan – pada setiap tahap dalam siklus penjualan.

5. Merek dan Pesan Yang Disampaikan Adalah Unsur Paling Penting dalam Setiap Website

Merek dan pesan Anda lebih dari sekedar nama, logo dan slogan. Ini adalah cara untuk berkomunikasi dan menunjukkan siapa Anda, apa yang ditawarkan dan mengapa seseorang harus memilih untuk berbisnis dengan Anda. Ini merupakan komitmen Anda pada kualitas produk dan jasa. Ini mencerminkan nilai-nilai perusahaan, membantu membangun rasa percaya diri dan mendefinisikan kesuksesan. Jika situs Web tidak dapat menangkap semua ini hanya dalam beberapa detik, kemungkinan pengunjung Anda  dan pelanggan potensial akan berpindah ke situs lain. Elemen-elemen ini adalah fokus utama dari website. Jangan kehilangan merek pada desain yang salah. Dan jangan pernah membiarkan desain mengalahkan pesan yang Anda sampaikan.

Brand_Refresh_1

6. Buat Situs Anda Berbeda.

Jangan takut untuk mengeksplorasi nama yang unik dan ide-ide desain yang berbeda saat mengembangkan situs web baru Anda. Siapa yang akan membayangkan bahwa sebuah perusahaan bernama Google atau Ebay akan menjadi begitu sukses? Apa nama Starbucks berhubungan dengan kopi? Masing-masing nama-nama merek tersebut tidak biasa dan dapat segera diidentifikasi walaupun tidak menggambarkan atau berhubungan dengan produk mereka. Apakah Anda tahu bahwa nama yang tidak secara langsung terkait dengan produk membuat orang berhenti sejenak dan berpikir? Studi ilmiah telah menunjukkan bahwa jika pengunjung web yang mengulangi nama merek Anda tiga kali, dia jauh lebih kecil kemungkinannya untuk melupakannya. Jadi, pertimbangkan nama yang unik – atau setidaknya desain yang unik! Apa pun yang hambar dan membosankan di web akan segera dilupakan. Jangan sampai kehilangan pelanggan. Jika Anda memberikan tampilan yang unik dan pengalaman online yang menyenangkan, mereka akan kembali ke situs Anda lagi dan lagi. Jadilah petualang!

7. Buat Supaya Standar Desain Web Anda Setinggi Mungkin

Periksa situs pesaing Anda dan nilai seberapa baik mereka dan lakukan dari berbagai perspektif. Cari tahu siapa yang keren dan siapa yang tidak. Perhatikan seberapa cepat Anda dapat memahami web tersebut. Kemudian, pilih “yang terbaik di kelasnya” dan tetapkan situs tersebut sebagai patokan Anda. Salah satu situs dapat mempunyai peringkat lebih tinggi pada satu elemen dari yang lain. Ambil unsur-unsur terbaik dari setiap situs dan gabungkan ke dalam desain baru Anda. Jadikan situs Anda lebih baik dari semua situs lainnya yang telah digabungkan. Jadilah seorang pemimpin!

url

8. Jadilah Pemberani! Tahu Apa yang Anda Inginkan. Percayalah pada diri sendiri dan kesuksesan Anda

Desain terbaik dan bisnis yang paling sukses di web adalah mereka yang mencerminkan kepercayaan diri, optimisme dan kesuksesan. Nada yang tepat, warna dan font dapat membantu menyampaikan ‘suara’ Anda. Jangan berharap Anda akan berhasil. Ketahuilah bahwa Anda pasti akan berhasil! Jika desain tidak tepat untuk Anda, pastikan untuk selalu memperbaikinya. Anda akan tahu desain yang cocok dengan gaya unik sendiri.

9. Jadilah Besar dan Modern. Dorong sampai Batas Maksimal Anda

Pengunjung web dapat memberitahu berapa lama sebuah situs dengan melihat ukurannya. Setiap tahun layout situs menjadi lebih besar karena lebih banyak orang menggunakan monitor dengan resolusi besar. Cari layout terbesar dan tunjukkan pada pengunjung bahwa Anda dapat bertahan seiring dengan perubahan zaman. Masukkan fitur baru yang tidak dimiliki pesaing. Jadikan situs Anda selalu segar, unik dan kontemporer yang akan meningkatkan pengalaman pengunjung serta meningkatkan lebih banyak penjualan.

Awesome-Modern-Artistic-Bookworm-Bookshelf-Designs-Creative-Ideas-in-Unique-Shape-with-Green-and-Orange-Color-Combination-Idea-1024x768

10. Selalu Pilih Yang Terbaik, Pengalaman dapat Membuat suatu Perbedaan

Tips cara membuat website terakhir adalah untuk memilih Sribu sebagai mitra Anda. Sribu memiliki pengalaman dalam bisnis serta banyak hal cerdas serta kreatif yang Anda butuhkan untuk membuat situs Anda sukses. Selain itu Sribu juga dapat membantu Anda dalam membuat desain logo, brosur, maupun kartu nama.

Jika Anda sudah memahami cara membuat website, sekarang saatnya memanfaatkan media online untuk bisnis. Jika Anda memang belum percaya diri untuk membuat website sendiri, Anda dapat memilih jasa pembuatan website.

Namun, berhati-hatilah dan baca tips memilih jasa pembuatan website.

Apakah Anda memiliki tips lain? Jangan sungkan untuk berbagi. Silahkan tulis pendapat Anda pada kolom di bawah ini.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.