Desainer dan Developer web pasti tidak asing dengan proyek kolaborasi. Mungkin kamu bekerja di sebuah perusahaan kecil atau menengah, dan sudah cukup sering menerima permintaan seseorang untuk melakukan sebuah kerjasama.

poor-selection-of-rapid-authoring-tools

Jika sebuah kerjasama sudah dimulai, pasti kamu akan sering melakukan interaksi terhadap rekan. Namun terkadang, pertemuan tidak selalu intensif. Untuk itu, cobalah beberapa solusi online dalam bentuk tools kolaborasi. Solusi ini cocok untuk materi iklan profesional, karena memungkinkan kamu untuk fokus melakukan pekerjaan besar. Kalau kamu sudah siap bekerjasama, koleksi 10 tools berikut.

 

1. Paymo

paymo

Paymo adalah tool manajemen proyek online yang menawarkan “pencernaan” proyek template, dan mengusulkan cara yang baik untuk mengurus penghitung waktu, manajemen tugas, estimasi biaya, file sharing, interaksi antar anggota tim, dan faktur. Paymo dilengkapi dengan widget untuk Mac dan Windows, dan juga tersedia sebagai aplikasi manajemen proyek untuk Android dan iOS. Ini didukung 16 bahasa. Lihat disini.

 

2. Creately Diagramming

creately

Creately adalah alat yang bisa digunakan ketika kamu ingin membuat diagram database, sitemap, atau bahkan UI atau UML mockup. Alat ini juga bekerja dengan bagus untuk diskusi kelompok pada anggaran atau pengeluaran sumber daya berdasarkan tim. Dengan itu, Desainer dan Developer web dapat mengadakan sesi presentasi langsung dengan anggota tim atau klien. Tool ini juga dilengkapi dengan serangkaian template diagram yang luar biasa dengan layout tweakable dan Smart Shape. Lihat disini.

 

3. TeamGantt

teamgantt

Jangkau semua anggota tim pada jadwal yang sama dengan aplikasi penjadwalan proyek ini. Dengan anggota yang fokus pada jadwal, kamu dapat mengelola hasil kerja tim dengan lebih baik, terlebih jika kamu adalah pemimpin tim. TeamGantt membantumu membangun dependensi tugas dan baseline proyek, dengan integrasi kalender desktop. Tool yang harus dimiliki untuk Desainer dan Developer web. Lihat disini.

 

4. Wrike

wrike

Kalau kamu lebih suka menggunakan “jejaring sosial” untuk melakukan pendekatan dalam gaya kolaborasi, Wrike adalah pilihan tepat. Dengan Wrike , pengguna akan mendapatkan fasilitas seperti activity streams, newsfeed updates, dan Notification Center. Beberapa anggota tim dapat mengedit dokumen dan memodifikasi deskripsi tugas. Selain itu, Wrike juga bekerja di perangkat Android dan iOS. Lihat disini.

 

5. Notism

notism

Notism adalah alat umpan balik desain visual untuk tim kreatif dimana pengguna dapat saling berbagi, berdiskusi dan review desain serta bekerja dengan cara yang sederhana, efektif dan efisien. Platform ini juga membantu untuk meningkatkan alur kerja dan membuat layout desain yang lebih baik dengan cara yang lebih cepat dan lebih efisien daripada sebelumnya. Lihat disini.

 

6. Crowdbase

crowdbase

Pengetahuan adalah kekuatan, dan Crowdbase adalah solusi kolaborasi tinggi yang memahami dengan baik. Tool ini memungkinkan kamu untuk mengumpulkan informasi penting, melihat statistik kegiatan dan laporan yang berkaitan dengan kelompok pengguna tertentu, serta berbagi file dengan rekan kerja. Lihat disini.

 

7. Mural.Ly

Murally1

Kebanyakan orang merasa kesulitan ketika mereka seharusnya bekerja pada desain UX, namun juga harus berurusan dengan perangkat lunak untuk kolaborasi proyek. Nah, Mural.ly dapat membantumu memecahkan masalah ini. Pengguna dapat menambahkan konten apapun ke kanvas, baik itu dari folder mereka sendiri, atau diambil dari internet. Sebagai kelebihannya, Mural.ly mencakup fitur suara yang berguna untuk mengetahui di arah mana posisi rekan tim kamu. Lihat disini. Selain itu, kamu juga bisa belajar tips menjadi UX desainer.

 

8. TeamFocus

teamfocus

Hal apa saja yang paling kamu benci ketika bekerja dalam tim? Jika kamu mengatakan sebuah pertemuan, kesalahan penanganan anggaran, dan pekerjaan yang buruk, maka kamu haruslah melihat TeamFocus. Tool ini membantumu tetap terhubung dengan rekan, memenuhi tenggat waktu dan bekerja lebih baik sebagai sebuah tim, dan menjaga agar pekerjaan tetap efisien. Lihat disini.

 

9. Fuze

fuze

Fuze adalah alat yang kamu butuhkan sebagai cara yang lebih baik untuk bertemu dan menyapa sesama kolaborator melalui konferensi video dan pertemuan virtual. Tool ini bekerja pada Mac, Windows, iOS dan akan diaktifkan pada Android. Lihat disini.

 

10. Podio

Podio

Podio telah ditampilkan beberapa kali di situs karena merupakan manajemen proyek dan alat chatting yang hebat untuk dimiliki. Bekerjalah dengan tim melalui browser dan seluruh sistem iOS dan Android dengan tool ini. Lihat disini.

 

Untuk mengembangkan bisnis, inspirasi bisa saja tersebar dimanapun. Baik dari orang di sekitar, rekan kerja, pesaing, sosial media dan bahkan dari dirimu sendiri. Dan kamu akan cepat berkembang dengan melakukan kolaborasi. Berkolaborasi ternyata memiliki manfaat tersendiri, salah satunya untuk memperkaya pengetahuan yang datang dari gagasan setiap anggota tim. Untuk itu, Desainer dan Developer web harus meraup ide kreatif dari masing-masing anggota. Tools di atas mampu membantumu untuk mempermudah dalam menjangkau rekan kerja, tanpa membuang banyak waktu.


Riska

Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.

  • suryalumantau

    thanks sis infonya, sangat membantu buat paper saya.