Wirausaha Adalah.. (Beserta 12 Tips Suksesnya)

wirausaha adalah

Wirausaha adalah sebuah metode pencarian nafkah yang saat ini sedang menarik minat banyak orang.

Kondisi perekonomian yang sedang sulit serta sedikitnya ketersediaan lapangan pekerjaan membuat banyak orang mulai mencari alternatif.

Mungkin Anda adalah termasuk salah satu orang ini.

Oleh karena itu, kami di sini akan membantu Anda memahami sepenuhnya apa itu wirausaha, serta 12 tips yang sudah kami rangkum sebagai tambahan supaya Anda bisa meraih kesuksesan dalam menjalankan usaha.

Table of Contents

Apa Itu Wirausaha?

Mari pisahkan pengertian kewirausahaan secara 2 definisi terpisah:

  1. Apa itu wirausaha secara harafiah, dan

  2. Apa yang dimaksud dengan wirausaha menurut peraturan hukum UU

Ini saya lakukan supaya Anda bisa lebih mengerti secara mendalam pengertian wirausaha sebelum melakukan prakteknya.

Dengan demikian, Anda bisa lebih merasa memiliki jati diri wirausahawan sepenuhnya, karena Anda paham 100% apa yang Anda lakukan.

Pertama mari mengacu ke sumber paling terpercaya ketika berbicara tentang pengertian secara harafiah: Kamus Besar Bahasa Indonesia, atau KBBI.

Wirausaha adalah sinonim (persamaan kata) dari wiraswasta di dalam KBBI, yang artinya:

Wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

Jadi kita bisa simpulkan bahwa apa yang dimaksud wirausaha adalah seorang individu yang memiliki kemampuan untuk mengenali, memproduksi/membuat, melakukan pengadaan, serta mengatur operasi untuk sebuah produk baru.

Singkatnya: orang yang bisa melakukan penjualan barang sendiri.

Sebagai masyarakat awam, kita pasti lebih mengenali profesi ini dengan istilah pengusaha atau pemilik usaha/bisnis.

wirausaha adalah pemilik bisnis
Foto oleh Ketut Subiyanto

Lalu bagaimana dengan pengertian wirausaha menurut peraturan hukum?

Mengacu pada Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang kewirausahaan nasional (segala hal yang berkaitan dengan kewirausahaan dan kewirausahaan sosial dalam lingkup seluruh wilayah Indonesia), pengertian wirausaha yaitu:

Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki kemampuan dalam mengenali dan mengelola diri serta berbagai peluang maupun sumber daya sekitarnya secara kreatif untuk menciptakan nilai tambah bagi diri dan lingkungannya secara berkelanjutan.

Di sini, dinyatakan bahwa wirausahawan bukanlah hanya seseorang yang bekerja untuk dirinya sendiri, tapi juga untuk kebaikan lingkungan & masyarakat di sekelilingnya.

Jadi jika Anda hanya mementingkan kesuksesan diri sendiri, tapi melakukannya dengan cara menjatuhkan/merugikan konsumen, Anda bukan lah seorang wirausahawan.

Sebelum mulai menjalankan sebuah wirausaha hal ini sangat patut untuk Anda jadikan catatan.

Apakah produk Anda bisa membantu perkembangan masyarakat luas?

Jika tidak, bagaimana Anda bisa mengubahnya dan mencapai tujuan tersebut?

Perkembangan Dunia Wirausaha Di Indonesia

Semenjak pandemi yang terjadi di pertengahan 2020 lalu, kondisi ekonomi di Indonesia — dan seluruh dunia — mengalami penurunan yang terbilang cukup drastis.

Hal ini terutama terlihat dari banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan karena perusahaannya terpaksa mengambil langkah drastis.

Pada tahun 2021 saja, Menteri BUMN mengatakan bahwa sebanyak 3.5 juta orang telah kehilangan pekerjaannya karena dampak dari pandemi Covid-19.

Walaupun saat ini ketersediaan lapangan kerja di Indonesia sudah terbilang cukup membaik, masih sangat banyak kalangan yang belum mampu menemukan pekerjaan dan kesulitan untuk mencari nafkah demi kelangsungan hidup.

Ini lah mengapa beberapa tahun terakhir jumlah wirausahawan di Indonesia terlihat mengalami kenaikan.

Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk membuka usaha sendiri karena tidak mampu menemukan pekerjaan tetap.

Walaupun demikian, rasio jumlah wirausahawan di Indonesia sebenarnya belum sebanyak yang kita kira.

Saat ini hanya 3.47% masyarakat Indonesia berprofesi sebagai pemilik wirausaha (sekitar 9 juta orang penduduk).

Artinya jika melihat dalam skala lebih besar, ruang untuk berkembang masih lumayan luas karena pesaing pun terbilang belum banyak.

Jika Anda sedang mempertimbangkan diri untuk beralih profesi menjadi wirausahawan, bisa jadi ini adalah waktu terbaik untuk melakukannya!

Selain itu, kemajuan wirausaha pun kini sudah sangat jadi perhatian pemerintah Indonesia (terbukti dengan adanya rancangan undang-undang kewirausahaan nasional).

Ini menunjukkan bahwa pemerintah pun akan bisa menyediakan bantuan supaya bisa memastikan bisnis Anda berkembang, dan tentunya membantu meningkatkan kemakmuran masyarakat luas. 

Cara Memulai Wirausaha Sukses

Setelah memahami definisi serta pengertian wirausaha secara lebih mendalam, langkah selanjutnya yang harus Anda ketahui tentu saja adalah bagaimana cara belajar bisnis.

Karakteristik wirausaha yang sukses akan bergantung dari bagaimana usaha tersebut mulai berjalan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini, Anda akan bisa memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk meraih kesuksesan tersebut.

Beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum bisa memulai belajar bisnis dan wirausaha antara lain:

  • Mulai dari skala kecil

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa memulai dengan langkah besar bisa memberikan kesempatan wirausaha sukses yang lebih besar.

Hal yang mungkin akan terjadi adalah rasa kewalahan bisa muncul karena Anda tidak terbiasa dengan skala bisnis besar.

Anda adalah pemula, jadi tidak ada salahnya untuk mengambil langkah yang kecil terlebih dahulu ketika memulai bisnis.

Lebih baik sedikit demi sedikit membangun bisnis, dan membuat Anda paham segala seluk beluk usaha dan industri, daripada langsung “tancap gas” dan tidak sanggup menanggungnya.

  • Cari bidang yang paling Anda pahami dan memiliki peluang terbaik

Memilih industri hanya sesuai passion dalam berbisnis bisa menjadi bumerang untuk usaha Anda.

Tentu, Anda akan lebih bersemangat untuk mengembangkan bisnis dan meraih kesuksesan, tapi jika persaingan industri terbilang sangat sulit, Anda hanya akan menyiksa diri sendiri.

Lebih baik Anda lebih dahulu memilih industri dari sisi peluang yang tersedia.

Pertimbangkan potensial jumlah pembeli (peminat industri), kelangsungan industri dalam jangka panjang, ketatnya persaingan, dan juga sisi finansial.

Lama kelamaan Anda akan bisa menemukan industri yang memiliki keseimbangan antara peluang dan minat.

  • Pelajari seluk beluk bisnis secara lebih mendalam & serius

Walaupun industri sudah sesuai dengan minat dan passion Anda, pola pikir yang dimiliki harus berubah karena saat ini Anda sudah menjadikan hal tersebut sebagai mata pencaharian.

Riset yang Anda lakukan tidak hanya berbasis ketertarikan untuk memuaskan rasa penasaran pribadi, namun bisa memiliki dampak untuk kesuksesan Anda di masa depan.

Pahami segala detail yang Anda pelajari lebih baik, dan tanamkan ilmu-ilmu yang Anda dapatkan secara lebih serius.

Ini akan membuat Anda menjadi ahli yang lebih profesional.

  • Antisipasi langkah kegagalan

Seperti segala hal yang Anda lakukan sepanjang hidup, menjalankan dan mengembangkan bisnis tidak mungkin berjalan mulus.

Mungkin kah hal itu terjadi? Tentu saja. Tidak ada yang tidak mungkin.

Tapi alangkah baiknya jika Anda sudah menyiapkan mental untuk kegagalan — dalam segi apapun — yang mungkin akan terjadi.

Ini bisa membuat Anda menjadi seorang wirausahawan yang memiliki mental baja.

Anda juga akan dibuat lebih siap untuk mengambil langkah yang diperlukan ketika hal tersebut terjadi di kemudian hari, karena diri Anda pun sudah mengantisipasinya.

  • Jangan abaikan kesehatan diri

Salah satu hal yang sering terjadi di kalangan wirausahawan ataupun entrepreneur baru adalah beranggapan bahwa dedikasi 110% akan membawa kesuksesan.

Kerja non-stop, mengabaikan hal penting lain (seperti keluarga dan pertemanan), dan tidak memperhatikan kebugaran diri seringkali menjadi karakteristik wirausaha yang dilakukan oleh orang-orang ini.

Padahal, ini adalah pola pikir yang hanya menyiksa diri Anda sendiri dan pasti akan disesali di kemudian hari.

Jika Anda tidak lupa menjaga kesehatan dan kebahagiaan diri, tentu Anda pun akan mampu berpikir & bekerja secara lebih baik.

Dedikasi untuk meraih kesuksesan memang perlu dilakukan, tapi Anda tidak boleh melupakan hal lain yang sifatnya lebih penting untuk diri Anda.


Sekarang, Anda sudah bisa secara resmi memanggil diri sebagai seorang wirausahawan.

Anda sudah mengerti seluk beluk bisnis, mengalami kegagalan yang dijadikan pelajaran berharga, serta tahu langkah-langkah yang harus dilakukan supaya bisnis berkembang ke arah yang lebih baik.

Berikutnya, kami akan bagikan tips supaya langkah-langkah tersebut bisa dilakukan lebih mudah, dan sukses wirausaha pun bisa lebih dekat hadir di hadapan Anda.

Tips-tips berikut kami rangkum melihat cara pikir dalam berbisnis yang dilakukan oleh para pengusaha sukses di sekeliling kita.

Mereka adalah bukti nyata bahwa kesuksesan dalam bisnis wirausaha, walaupun tidak mudah, bisa didapatkan oleh siapa saja yang siap berusaha keras.

Tips Sukses Wirausaha

Dalam bisnis wirausaha, tidak disadari banyak kebiasaan buruk yang dapat menurunkan produktivitas kerja kita.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa saja kebiasaan baik yang perlu kita tanamkan jika ingin menjadi seorang pelaku wirausaha sukses.

Apa saja hal yang penting bagi keberhasilan pemilik usaha kecil maupun pengusaha besar? Banyak, mulai dari pengetahuan, keterampilan dan bakat. Selain itu, Apa lagi tips wirausaha sukses lainnya?

Kunci untuk mengalahkan persaingan dan mencapai keberhasilan adalah mental, yang tercermin dalam sikap seseorang, secara penuh dikontrol oleh individu dan tidak memerlukan uang.

Hal ini berlaku pada setiap aktivitas manusia tidak hanya bisnis, baik dalam olahraga, seni, dan politik.

Sebelum Anda berpikir bagaimana cara memulai bisnis online yang tepat, Anda perlu upgrade diri dulu dari sikap agar memiliki pribadi yang baik. Saya sudah menyiapkan tips sukses wirausaha yang bisa Anda baca di bawah.


Berapa kali kah kita pernah melihat tim sepakbola atau pemain meraih kemenangan atas lawan yang — di atas kertas — lebih berbakat?

Ini bisa terjadi karena adanya perbedaan yang sering muncul, terutama karena faktor sikap dan mindset yang dimiliki.

Wirausaha Sukses Dengan 12 Tips ini (Pola Pikir Yang Tepat Untuk Mengembangkan Bisnis Anda)

wirausaha adalah proses berkelanjutan

1. Memiliki gairah (passion) untuk bisnis & industri

Bekerja harus menyenangkan.

Gairah yang muncul akan membantu Anda mengatasi saat-saat sulit dan mempengaruhi orang untuk bekerja pada Anda dan ingin berbisnis dengan Anda.

Gairah, sayangnya, tidak dapat diajarkan. Ketika mulai berkurang — yang biasanya akan muncul ketika sedang berada di masa-masa sulit — ambil waktu sejenak untuk menenangkan diri.

Apakah itu satu jam atau satu minggu, ambil semua alasan Anda ketika memulai bisnis dan mengapa Anda ingin menjadi bos sendiri. Yang harus memperbaharui gairah Anda.

2.  Buatlah contoh kepercayaan

Orang-orang memiliki keyakinan pada orang yang dapat dipercaya dan ingin bekerja untuk mereka dalam budaya integritas.

Hal yang sama berlaku juga pada pelanggan.

Menunjukkan kepercayaan (reliability) akan membuat calon konsumen lebih tertarik untuk bertransaksi dengan bisnis Anda.

Ini karena mereka akan merasa aman dan nyaman melakukan pertukaran komoditi, dan tentunya akan berimbas baik pada bisnis Anda dalam jangka panjang.

3.  Jadilah lebih fleksibel (kecuali dengan nilai-nilai inti)

Rencana dan strategi bisnis akan selalu berubah seiring perkembangan waktu dan jaman.

Fleksibilitas untuk dapat melakukan perubahan yang cepat merupakan keunggulan yang dimiliki bisnis kecil melebihi bisnis besar.

Hal ini berlaku untuk perencanaan keuntungan dan biaya operasional, namun tidak ada kompromi terhadap nilai-nilai inti.

Nilai-nilai inti yang teguh akan membuat diri Anda, sebagai perilaku wirausaha, terlihat memiliki integritas dan prinsip, sehingga image bisnis pun akan ikut terlihat lebih baik di mata pelanggan.

4.  Jangan biarkan rasa takut gagal menghantui diri

Selalu ingat bahwa kegagalan adalah kesempatan emas untuk belajar bisnis.

Sebagai contoh, pemilik modal sering lebih suka menginvestasikan uang pada seorang individu yang pernah mencoba dan gagal mendirikan sebuah perusahaan, dibanding pada seseorang yang belum pernah mencoba sama sekali.

Ini karena pengalaman adalah sebuah hal yang sangat berharga.

Usaha yang orang tersebut lakukan setelah mengalami kegagalan ini menunjukkan sikap gigih.

Tentunya, ini akan lebih dipercaya oleh orang-orang di luar sana.

5.  Membuat keputusan tepat waktu

Tidak masalah untuk mengandalkan intuisi Anda. Perencanaan dan pemikiran yang baik. Tapi penundaan menyebabkan kehilangan kesempatan.

6.  Aset terbesar perusahaan adalah diri Anda

Jaga kesehatan diri secara baik-baik.

Kesehatan Anda lebih berharga daripada mesin produksi paling mahal ataupun perangkat lunak komputer milik perusahaan.

Anda tidak harus memilih salah satu antara keluarga atau perusahaan, bermain atau bekerja.

Menjaga kesehatan Anda untuk keseimbangan dan energi, yang pada waktunya akan meningkatkan performa mental anda.

7. Pastikan ego terkendali

Jangan mengambil laba perusahaan dan menghabiskannya untuk mainan mahal (atau keperluan non-esensial apapun) jika tujuannya hanya untuk mengesankan orang lain.

Selalu miliki dana persiapan untuk segala kebutuhan tak terduga dan peluang bisnis baru yang muncul tiba-tiba.

Ini termasuk mendengar saran dan ide-ide bisnis baru tidak peduli seberapa gila itu semua.

8.  Percaya pada kemampuan diri

Anda harus percaya pada diri sendiri, perusahaan Anda, dan bahwa Anda akan berhasil.

Keyakinan ini akan menular pada karyawan, pelanggan, pemegang saham, pemasok dan setiap orang yang berurusan dengan Anda sehingga perkembangan bisnis pun akan lebih mudah didapatkan.

9. Mendukung dan menerima kritik dengan senang. Akui kesalahan Anda.

Sebagai seorang wirausaha, Anda harus terus-menerus meyakinkan karyawan bahwa semua berjalan baik sekalipun pendapat ​​mereka yang sesungguhnya bahkan berseberangan dengan pendapat petinggi perusahaan.

Menyatakan sebuah opini atau memberi masukkan pada pernyataan misi perusahaan tidak akan jadi masalah.

Ini karena tidak jarang “diam” justru bisa menjadi kesalahan, terutama jika Anda tahu ada sesuatu yang perlu diperbaiki, dan bisa jadi akan menjadi penyebab masalah yang lebih besar.

10.  Menjaga etos kerja yang kuat

Karyawan Anda akan selalu mengikuti langkah Anda.

Ini juga akan membantu Anda mengalahkan pesaing dengan mendorong mereka bekerja keras, terutama ketika produk atau jasa yang dijual sangat mirip dengan pesaing.

Tapi, perhatikan juga kebutuhan mereka supaya bisa merasa nyaman tidak bekerja.

Anda tidak mau hanya “memecut” karyawan untuk bekerja tanpa henti karena justru bisa membuat mereka merasa benci.

Tunjukkan rasa empati supaya mereka akan lebih semangat dalam bekerja.

11.  Segera bangkit dari rintangan

Dalam wirausaha pasti akan ada rintangan dan pasang surut yang muncul.

Belajarlah dari situasi tersebut dan buatlah perencanaan untuk melewati masa itu, karena Anda tidak dapat mengubah masa lalu.

Jadikan isu-isu tersebut sebagai sebuah pelajaran berharga sehingga Anda akan mampu mengambil langkah yang lebih baik di kemudian hari.

12.  Segera keluar dari zona nyaman untuk mengejar sesuatu yang penting

Anda pasti tidak akan merasa nyaman begitu saja dengan perubahan pada teknologi, orang-orang, misi, persaingan, dll. Tapi sangat penting bagi perusahaan dan Anda untuk keluar dari zona nyaman demi meraih hal yang lebih baik. Ini akan membuat bisnis Anda lebih berkembang.wirausaha adalah proses


Tidak Perlu Pusing Sendiri Dalam Berwirausaha

Satu sifat yang pasti identik dengan wirausaha tentulah kemandirian.

Terutama jika Anda memulai dari nol, kemungkinan besar Anda harus melakukan segala sesuatu hal untuk mengembangkan bisnis secara sendirian.

Ini tentu tidak akan menjadi masalah jika Anda tidak hanya sanggup menanggung beban pikiran yang diperlukan, tapi juga memiliki skill yang bisa mencakup segala bidangnya.

Jangan berkecil hati jika Anda tidak memiliki kriteria tersebut..

Dengan penawaran dari Sribu Anda bisa merekrut pekerja lepas (freelancer) profesional & terkurasi dalam berbagai bidang, sesuai dengan kebutuhan Anda untuk mengembangkan bisnis.

Beberapa yang kami rekomendasikan:

  • Jasa desain logo profesional, supaya audiens bisa mengenali bisnis Anda dengan mudah dan brand memiliki identitas serta terlihat profesional 
  • Jasa desain website, supaya bisnis Anda bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan melakukan transaksi di channel yang lebih memudahkan pengalaman berbelanja
  • Jasa desain kemasan produk. Kesan pertama adalah segalanya, dan sadar atau tidak, kemasan adalah hal pertama yang konsumen lihat bahkan sebelum produk yang dijual.
  • Jasa fotografi produk. Foto di media sosial dan internet seringkali menjadi tempat pertama kali calon konsumen melihat produk Anda. Oleh karena itu, foto yang terlihat cantik & profesional bisa menjadi pemacu yang membuat mereka tertarik untuk membeli.
  • Dan masih banyak lagi! (cek selengkapnya di Sribu.com)

Dibanding merekrut pekerja full time, Anda pun bisa menghemat biaya karena tak perlu membayar gaji tetap, bonus, dll.

Satu kali bayar, pekerjaan bisa selesai dalam waktu singkat dan hasilnya pun pasti memuaskan.

Biaya yang dihemat ini pun akhirnya bisa Anda gunakan untuk mengembangkan bisnis di sisi lainnya, sehingga proses mencapai kesuksesan pun bisa berlangsung lebih cepat!

Wirausaha Sukses Adalah Mimpi Anda

tips sukses wirausaha
Foto dari Pexels

Banyak pengusaha yang terinspirasi dari tips sukses wirausaha seperti yang telah dijelaskan di atas.

Semua itu bisa dipelajari, kecuali mungkin gairah, karena itu berasal dari dalam diri Anda.

Luangkan waktu Anda secara berkala untuk merefleksikan atribut-atribut tadi.

Satu hal yang perlu — dan tak kalah penting untuk — diperhatikan juga, adalah untuk memperluas jaringan bisnis Anda.

Misalnya, buatlah kartu nama dan bagikan pada kolega-kolega yang baru Anda kenal tadi.

Dalam jangka panjang al ini penting untuk membangun merek dan memperkenalkan brand Anda ke hadapan dunia.

Apakah Anda memiliki tips sukses wirausaha lain untuk menjadi pengusaha? Jangan sungkan untuk berbagi.

Selain itu, subscribe juga ke Blog Sribu dan follow kami di Instagram supaya Anda tidak tertinggal inspirasi-inspirasi mengenai pengembangan bisnis wirausaha lainnya.

Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Raski Santika
Raski Santika adalah Business Growth Consultant & Blog Editor Sribu. Melalui tulisannya, ia ingin bantu menginspirasi, mengedukasi, serta membantu para pemilik usaha & talent freelancer digital dari berbagai kalangan untuk terus berkembang.