Beberapa orang mengklaim bahwa 24 jam tidak cukup bagi mereka untuk menyelesaikan semua tugas mereka. Memang benar, sebagian besar dari kita mencoba berteman dengan waktu. Waktu sangat penting bagi kita. Manajemen waktu dikatakan elemen yang paling penting dari profesionalitas yang mencakup keseimbangan dan pengelolaan kehidupan profesional dan personal yang baik. Ironisnya, manajemen waktu juga merupakan masalah terbesar dari designer grafis. Designer freelance memiliki berbagai proyek yang datang kapan saja, sehingga Anda perlu untuk akrab dengan manajemen waktu.

timemanagement.072513

Jika Anda bekerja dengan diri Anda sendiri, Anda harus menangani semuanya sendiri. Hal ini penting dalam rangka untuk menyelesaikan semua proyek Anda sebelum batas waktu yang diberikan oleh klien Anda. Setiap tugas membutuhkan banyak waktu terutama jika Anda harus bekerja dengan memberikan performa terbaik Anda.

Manajemen waktu yang efektif membutuhkan banyak kedisiplinan. Perencanaan yang benar dan menyelesaikan sesuatu lebih awal akan membantu Anda menghindari masalah dalam hidup Anda. Nah apa saja tips managemen waktu untuk designer? Berikut pembahasannya!

 

1) Rencanakan Semua Kegiatan Anda dalam Daftar

1-to-do

Pekerjaan Anda akan terorganisir dengan membuat daftar tugas yang Anda akan lakukan disetiap harinya. Pastikan untuk menyertakan hanya hal yang penting. Anda harus mengikuti semua daftar kegiatan Anda tanpa memikirkan hal yang tidak penting selama Anda belajar konsisten. Buatlah secara mingguan atau bahkan bulanan. Cara ini akan membantu Anda menentukan apakah Anda telah menghabiskan waktu untuk kehidupan pribadi atau profesional Anda.

 

2) Atur Prioritas

2-priorities

Dengan banyak hal yang dapat dilakukan dalam satu hari, pastikan untuk menetapkan prioritas. Pilih mana yang perlu dilakukan pertama dan yang paling penting dari semua tugas Anda. Dengan cara ini, Anda bisa fokus pada pekerjaan yang paling relevan sebelum menuju ke seluruh aktivitas Anda.

 

3) Lakukan yang Terbaik untuk Proyek Anda

3-one-at-a-time

Jangan menenggelamkan diri dengan pekerjaan Anda. Jika Anda memiliki dua atau tiga proyek besar, maka kerjakanlah satu per satu namun pastikan bahwa Anda akan melakukan hal sebaik mungkin. Karena jika Anda bekerja di banyak proyek pada saat yang sama, hasilnya tidak akan sebaik yang Anda inginkan.

 

4) Kerjakan Dahulu Proyek yang Anda Paling Benci

4-hate

Kadang-kadang, ada tugas-tugas atau proyek yang tidak suka kita lakukan. Maka, paksakan diri untuk menyelesaikannya terlebih dahulu sehingga Anda tidak akan khawatir dan peduli tentang hal itu ketika proyek yang Anda benci sudah dilakukan. Setelah melakukan apa yang Anda benci, Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu bekerja pada proyek-proyek yang Anda cintai.

 

5) Jauhi Kegiatan yang Hanya Membuang Waktu

5-do-away

Hentikan diri dari berbicara lama di telepon, memeriksa email, atau menggunakan situs social media seperti Facebook dan Twitter. Ini akan memakan sebagian besar waktu Anda tanpa Anda menyadarinya. Tutup situs tersebut saat bekerja. Anda bisa memeriksanya ketika Anda istirahat. Tapi ingat, jangan terlampau lama bersuka ria dengan social media Anda.

 

6) Memecah Proyek Besar

6-break-down

Jika Anda diberi proyek besar di mana Anda harus melakukan banyak hal seperti merancang sebuah logo, website, kartu nama dan banyak lainnya, bicaralah dengan klien Anda untuk menetapkan tenggat waktu yang berbeda untuk setiap pekerjaan yang Anda terima. Buatlah daftar semua tugas dan diskusikan dengan klien Anda untuk hal pertama yang mereka inginkan.

 

7) Temukan Waktu yang Tepat untuk Segala Sesuatu

7-time

Anda akan tahu kapan waktu yang tepat untuk bekerja dan untuk bersantai. Jika Anda memiliki ide yang lebih baik di pagi hari, maka Anda harus bekerja di pagi hari. Pilih waktu yang tepat dimana Anda akan menjadi seorang paling produktif.

 

8) Batasi Tugas yang Banyak

8-multitask

Anda boleh melakukan beberapa hal pada waktu yang sama. Tapi pastikan Anda tidak mendapati diri Anda down dalam mengerjakannya, sehingga mempengaruhi hasil akhirnya. Mengerjakan banyak tugas pada waktu yang bersamaan, dapat membantu Anda menghemat banyak waktu, namun hanya jika Anda melakukannya dengan cara terbaik.

 

9) Buatlah Deadline Sendiri

9-deadline

Sebagai seorang designer, ada beberapa cara untuk menghadapi deadline. Dan pastikan bahwa Anda tidak akan melampaui deadline klien yang diberikan kepada Anda adalah. Maka Anda harus bisa mengatur batas waktu Anda sendiri. Ini akan membantu Anda untuk tidak terburu-buru ketika klien Anda meminta proyek yang sudah Anda kerjakan. Cara ini juga ini akan memberi Anda cukup waktu untuk memperbaiki kesalahan dan melihat ke dalam semua rincian proyek.

 

10) Menikmati Waktu Anda

10-enjoy

Bersenang-senanglah saat bekerja. Nikmatilah waktu Anda ketika sedang membuat design. Berikan sepenuhnya hati Anda pada apa yang Anda lakukan, sehingga Anda dapat mencapai hasil yang baik. Proyek yang dibuat dengan senyum bahagia, akan terlihat lebih baik daripada yang dilakukan dengan wajah cemberut. So.. Keep Smile guys..

 

11) Menghindari Gangguan

11-avoid

Terserah dengan cara apa Anda akan menjauhkan gangguan saat bekerja. Panggilan telepon dan kebisingan dapat mengalihkan fokus Anda dan mungkin mengusir kreativitas Anda. Jadi, untuk menghindari kemungkinan kehilangan ide-ide artistik Anda, maka penting bagi Anda untuk menghindari gangguan dan belajar untuk mendisiplinkan diri.

 

12) Memiliki Rasa Urgensi

12-tool

Bahkan jika batas waktu masih seminggu lagi, Anda masih harus bekerja dalam hal itu sekaligus. Jangan menunda-nunda. Selesaikan segala sesuatu sebisa mungkin, sambil menunggu proyek-proyek lain. Anda harus selalu sibuk dengan pekerjaan. Anda dapat bersantai setelah semua pekerjaan Anda selesai. Letakkan ilmu manajemen waktu ala designer ketika Anda bekerja. Bersantai akan terasa jauh lebih baik bila Anda tidak perlu khawatir dengan pekerjaan lagi.

 

Pekerjaan sesulit apapun, akan terasa ringan jika Anda kerjakan sedikit demi sedikit. Seiring Anda mengerjakan hal tersulit sekalipun, maka Anda telah melakukan 3 hal sekaligus yaitu membaca, berfikir, dan mencoba. Hal seperti inilah yang akan mengangkat Anda untuk bisa menjadi seorang profesional. Selamat mencoba dan semoga berhasil!


Riska

Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.