Kalau kamu ingat masa lalu ketika ada moment khusus seperti Lebaran, Natal ataupun Tahun Baru, tentu sangat dominan dengan kartu pos bukan? Ya, dengan kartu pos kita bisa memberi ucapan kepada sanak saudara jauh dengan sangat mudah tanpa harus hadir langsung. Namun sayangnya, semakin berkembang dunia teknologi, maka semakin tenggelam pula budaya ini. Mengapa? Karena kita sudah banyak dimudahkan dengan hanya mengirim pesan singkat (SMS) maupun dengan MMS. Bahkan untuk saat ini, sudah banyak pula cara menyampaikan ucapan lewat BBM, Whatsapp, Line, dan tak jarang juga yang menggunakan email

Namun sebagian orang ternyata masih menggunakan kartu pos sebagai event tahunan mereka. Bahkan sebagai sarana strategi marketing loh! Para desainer pun semakin berinovatif dengan membuat desain lebih modern dan kreatif. Nah, karena masih banyak yang menggunakan media ini, dan kalau kamu mau coba memasarkan bisnis dengan kartu pos, artikel ini tepat buat kamu! Dan inilah contoh desain kartu pos bisnis. Let’s check it out guys!

1. Poplavok / fishing float via Ira Smolikova

postcard-design-inspiration-1

Branding untuk ” Poplavok ” yaitu restoran di atas air. Tempat dimana masakan Eropa terdapat disini. Desain ini memberikan simbol masakan dengan membawa sebuah telur mata sapi bersamanya.

 

2. Calligraphy postcards via Nataliia Gut

postcard-design-inspiration-2 (1)

Desain kartu pos ini terlihat lebih bersatu dengan alam. Dengan warna-warna cerah dan modern, sangat mendukung konsep kaligrafi ini.

 

3. la casita café — corporate identity via el estudio™

postcard-design-inspiration-4

Sebuah restoran mewah dengan menu makan yang luar biasa ini telah lama menjadi favorit oleh berbagai kalangan. Dengan menggunakan suasana klasik pada desain kartu pos bisnis mereka.

 

4. Oh, the places you’ll see! via Kathy Wu

postcard-design-inspiration-7

Terdapat warna kontras yang mengagumkan! Fenomena di sekitar 2 warna menghasilkan warna yang berbeda pula.

 

5. “la teva” via amiel lammersdorf

postcard-design-inspiration-8

Desain kartu pos ini sangat simple, mungkin bisa dikatakan paling sederhana daripada desain lain dalam daftar ini. Menggunakan 2 warna dalam setiap desainnya, kartu ini cukup baik untuk mewakili brand kamu.

 

6. Music, movies, literature. Postcards collection via Silvia G. Guerra

postcard-design-inspiration-11

Tipografi masih dipercaya orang untuk membawakan brand mereka. Begitu pula dengan kartu pos ini. Kamu akan melihat goresan seni yang tinggal di sini.

 

7. Portraits stationery project via Iryna Khroniuk

postcard-design-inspiration-12

Gaya vintage keren dan juga gambar dibuat dengan gaya lukisan menambah desain kartu pos ini begitu indah.

 

8. Gary the Musical Enigma via Oliver Elliott

postcard-design-inspiration-13

Sebuah karya untuk promosi musik ini juga dibuat secara sederhana, namun tetap fokus pada kualitas dan kuantitas. Gari adalah seorang musisi ilusif sukses.

 

9. Nachhaltica Festival 2013 via Studio Una

postcard-design-inspiration-14

Festival yang didedikasikan khusus untuk perlindungan lingkungan. Mereka mengembangkan sebuah poster yang bisa kamu baca dari kejauhan. Menggunakan warna yang mengarah pada alam yaitu hijau. Warna ini merupakan simbol kesejukan.

 

10. Mantis Postcards via Marina Zertuche

postcard-design-inspiration-15

Penciptaan desain ini menggunakan sebuah konsep belalang, yang bisa memutar kepala mereka hingga 180 derajad. Maksud dari konsep ini adalah agar kita mengetahui segala sesuatu tentang produk, pengguna dan lingkungan untuk menciptakan konsep dan desain yang baik.

 

11. Harper & Blohm – Cheese Shop via Erica Boucher

postcard-design-inspiration-16

Brand Identity untuk Harper & Blohm Cheese Shop di Essendon, Melbourne. Kartu pos yang melambangkan identitasnya dengan sepotong kue berwarna coklat yang menghiasi seluruh ruangan pada kartu ini.

 

12. Philographics Book + Postcard Box on Kickstarter! via Genís Carreras

postcard-design-inspiration-18

Proyek yang satu ini terbilang berbeda, karena ini meringkas semua informasi tentang apa yang ada di kartu pos ini dalam 1 kotak mini yang unik.

 

13. Paperole via Maxime Francout

postcard-design-inspiration-19

Paperole adalah penerbit yang berbasis di Montreal, Kanada. Desain yang digunakan pada semua proyek Paparole sangat imut dan menggemaskan. Dengan konsep kartun yang dibawakan, akan membawa kesan ceria yang mendalam.

 

14. Play Optics via Lily Clark

postcard-design-inspiration-21

Ini adalah dua proyek yang panjang. Dari tahap konsep sampai selesai di bawah arahan Dan Blackman. Jembatan hidung dari kacamata menjadi elemen pemersatu dalam kedua logo dan sebagai pola pada kacamata.

 

15. nicecreamcone. Self Identity via nice cream cone

rrrr

Desain kartu pos ini menggunakan sedikit konten untuk menyederhanakannya. Hanya beberapa lekukan dan segitiga di atasnya yang membentuk es krim cone.

 

Memulai bisnis memang harus memikirkan beberapa ide pokok, misalnya saja bisnis apa yang akan dijalani, melakukan start up, mengevaluasi bisnis, membuat desain logo perusahaan, bahkan membuat kartu pos bisnis. Selanjutnya kamu bisa langsung memulai strategi marketing. Nah, kalau kamu ingin bertukar informasi tentang bagaimana membuat logo maupun desain kartu pos yang keren untuk bisnismu, jangan segan untuk menghubungi Sribu.com, agar kamu bisa konsultasi dengan kami.


Riska

Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.