Membuat blog adalah hal yang sangat mudah. Di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang cara mudah membuat blog . Nah, di sini kita akan membahas tentang bagaimana membuat blog Anda lebih menarik. Isi blog menggambarkan pribadi kita si pemilik blog tersebut. Di dalam blog, semua pengunjung dapat membaca apa yang kita tulis. Mungkin Anda adalah seorang yang puitis, sehingga Anda banyak menulis puisi-puisi yang Anda share dalam blog Anda. Atau mungkin Anda adalah seorang yang gemar wisata kuliner, sehingga Anda memberikan informasi tentang tempat kuliner yang menarik.

marketing-blogs

Mendesain blog tentunya harus sesuai dengan keinginan Anda karena nantinya akan mempengaruhi baik buruknya suatu blog. Jika Anda mengerjakan desainnya dengan senang hati, maka hasil akhirnya juga akan maksimal. Jangan ragu untuk membuka internet agar ide Anda tidak pernah terputus karena Anda bisa menemukan beberapa gaya blog paling populer yang bisa Anda jadikan inspirasi dalam mendesain sebuah blog. Apa lagi jika Anda tahu bahwa mengelola blog merupakan salah satu strategi promosi yang baik sehingga desain blog tentu saja harus bagus dan menarik perhatian pengunjung.

 

1. UX Testing

Anda dapat belajar banyak tentang interaksi pengguna dengan mempelajari bagaimana mereka bermain dalam situs web Anda. Studi pengalaman pengguna dapat dilakukan hanya melalui tool seperti Google Analytics, atau menggunakan sumber informasi lainnya tentang 3rd party.

2

Anda akan merasakan manfaat yang begitu besar. Pengalaman pengunjung web Anda tentu akan sangat membantu bagi pengembang web untuk mempelajari lebih lanjut seputar bidang situs web mereka. Anda juga bisa mencoba menanyakan pengalaman teman atau kolega Anda dalam menelusuri web Anda. Tentunya mendengar langsung pendapat teman yang mencoba menelusuri web Anda akan menjadi masukkan yang sangat bermanfaat.

 

2. Whitespace

Whitespace adalah ukuran ruang antar elemen dalam halaman Anda. Beberapa pengunjung blog mungkin tidak akan keberatan jika tata letak  terlihat padat karena mereka sudah terbiasa dengan hal ini. Tapi Anda harus mempertimbangkan selera target market Anda. Anda harus mempertimbangkan mulai dari selera hingga kefasihan target market dalam menelusuri web.

Anda dapat menentukan area-area yang membutuhkan jarak ekstra dengan menggunakan A / B Tes dan mendapatkan feedback dari pengunjung. Atau hanya untuk melihat apa yang dapat Anda dapatkan!

 

3. Web Fonts

Font dinamis yang digunakan pada web memungkinkan desainer untuk membangun halaman web tanpa harus dibatasi oleh font tertentu. Tren ini telah menjadi semakin populer sekarang, karena pengguna internet rata-rata menggunakan DSL / T1 / koneksi Fiber-Optic yang layak. Termasuk referensi ke 3rd party font stylesheets tentu tidak akan membuat lag karena kecepatan download Anda yang sudah lebih baik.

3

Saat ini, mungkin provider terbaik untuk font adalah Google Webfonts. Anda dapat mengakses aplikasi bahkan jika Anda tidak memiliki Akun Google. Proses pengaturannya hanya membutuhkan 3 langkah dan Anda dapat memiliki Google Font yang berjalan di situs web Anda hanya dalam hitungan menit.

 

4. CSS3 Shadows

Ketika saya sedang berbicara tentang menggunakan bayangan untuk meningkatkan tata letak Anda Saya benar-benar mereferensikan dua sifat yang berbeda. Pernah populer box-shadow yang benar-benar keren untuk divs dan kotak dalam tata letak Anda. Tambahkan efek ini ke container, wrapper, atau inner page boxes maka akan memberikan efek slimming 3-D ke halaman web Anda.

Tetapi juga patut dipertimbangkan CSS3 text-shadow properti untuk tipografi yang melompat dari halaman. Apple adalah salah satu perusahaan pertama yang menerapkan bayangan teks di sekitar tata letak mereka. Anda dapat membangun efek menakutkan dengan menambahkan bayangan teks yang berlawanan warna dengan font Anda (bayangan putih untuk teks hitam, bayangan hitam untuk teks cahaya).

 

5. Textures & Repeating Patterns

Ada banyak situs yang bisa Anda dapatkan hanya dengan menggunakan skema warna standar. Tapi untuk memiliki website yang baik, maka Anda benar-benar harus keluar dari kerumunan, sehingga Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan tekstur dan mengulangi tiles ke latar belakang Anda. Salah satu webapps gratis paling keren adalah Noise Texture Generator yang dapat berjalan di browser apapun.

4

Hanya dengan memilih warna BG dan jumlah suara yang ingin Anda gunakan, maka aplikasi ini akan membuat gambar latar belakang menjadi dinamis. Jika Anda sedang mencari pola dan tiles Anda maka saya akan merekomendasikan Subtle Patterns. Mereka memiliki banyak koleksi tekstur yang digunakan dan Anda dapat men-download secara gratis.

 

6. CSS3 Gradient Backgrounds

Sementara kita membahas latar belakang saya harus membawa gradien CSS3 yang populer. Ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi para pengembang web untuk menjaga mereka dari Adobe Photoshop untuk latar belakang web. Dan gradien ini dapat bekerja pada lebih dari sekedar tubuh, diterapkan ke navigasi bar dan footer dan area penting lainnya dalam tata letak Anda.

 

7. Boostrap

Twitter Bootstrap sangat mungkin menjadi kerangka front end UI terbesar bagi pengembang web. Ini termasuk tombol, input form, link, kolom, dan banyak halaman pra-diformat lainnya. Penggunaan yang paling umum untuk Bootstrap adalah dalam halaman arahan untuk aplikasi baru.

Tapi pengembang open source juga memanfaatkan Bootstrap ketika membangun halaman demo untuk perpustakaan, plug in, atau script Mini mereka publikasikan.

5

Saya merasa bahwa Bootstrap telah berkembang seperti sebagian besar yang mungkin akan diterapkan ke dalam situs web apapun hari ini. Namun pengembang yang menemukan manfaat terbesar menggunakan Bootstrap sebagai pengganti untuk menggelar desain UI sendiri.

 

8. HTML5 Kickstart

Sebagian besar pengembang web belum mendengar tentang HTML5 Kickstart yang dibuat oleh 99Lime. Ini adalah salah satu UI perpustakaan front end yang lebih berfokus pada estetika desain bagus daripada lay out umum HTML5. Anda dapat memilih dari set elemen yang telah ditentukan seperti tombol gradien dan menu drop down.

6

Jika Anda memiliki waktu dan kesabaran, maka Saya akan merekomendasikan dengan memberikan tes library ini secara cepat. Membangun tata letak sandbox kecil dan lihat apakah Anda menikmati default feeling off setiap elemen UI. Kickstart ini tentunya tidak untuk setiap proyek, tetapi Anda dapat menghemat waktu yang cukup besar.

 

9. JQuery UI

Animasi dan slider dan elemen memudar biasanya berjalan dari perpustakaan jQuery. Ini adalah open source java script library yang paling umum untuk pengembang front end, tetapi juga memiliki perpustakaan pendamping jQuery UI. Pengembang mengabaikan ini, berpikir itu tidak dapat menyediakan sangat banyak imbalan untuk KB ekstra.

Tapi perpustakaan UI termasuk yang dapat Anda perbarui. Yaitu meliputi easing demo page untuk setiap animasi halaman dinamis. Ini berarti Anda dapat menyesuaikan jQuery jenis animasi untuk setiap menu drop down, fading items, scrolling slideshows, dan hal dinamis lainnya.

Situs jQueryUI memiliki easing demo page  di mana Anda dapat menguji banyak variasi dan lihat apakah Anda suka apapun jenis animasi tertentu.

 

10. Extravagant BG Photos

Ada situs yang tak terhitung jumlahnya saat ini yang telah memanfaatkan efek gambar latar belakang full screen. Jika Anda dapat menemukan foto sample resolusi tinggi yang akan terlihat baik sebagai gambar latar belakang, maka teknik ini mungkin layak untuk ditambahkan ke tata letak Anda. Latar belakang yang besar melakukan pekerjaan yang sangat baik, yaitu menangkap perhatian pengguna Anda sementara juga menyiratkan genre website Anda.

8

Jika Anda sedang mencari solusi cepat memeriksa plugin jQuery Backstretch. Ini hanya membutuhkan satu baris kode untuk latar belakang baru Anda pada skala dengan benar dan responsif menggunakan resolusi apapun. Tapi untuk pengembang yang menentang metode JavaScript Saya sarankan teknik gambar FullPage CSS3 diposting pada CSS-Trik.

 

11. Menu Icons

Untuk menarik lebih banyak perhatian dari pengunjung mungkin bermanfaat untuk menyertakan ikon set kecil di halaman web Anda. Link menu standar sering berfungsi dengan baik dan membantu pengguna menavigasikan antara halaman. Namun saya sering terkesan melihat ikon yang disesuaikan dan dirancang untuk setiap link menu. Anda dapat menemukan banyak kumpulan ikon gratis yang akan terlihat sempurna dalam navigasi atas, side bar, atau footer Anda.

 

12. Updated Color Scheme

Aku tidak benar-benar berarti mengubah keseluruhan desain skema warna Anda, tetapi lebih seperti menambahkan warna baru ke dalamnya. Setelah menjalankan tata letak yang sama selama berbulan-bulan, Anda harus memperbarui area yang lebih kecil dan pengunjung Anda mungkin akan sedikit terkejut. Beberapa item yang menarik termasuk anchor link, header, latar belakang, dan tool bar. Pertimbangkan untuk menggunakan alat-alat online seperti Skema Warna Designer untuk meningkatkan lintasan Anda.

9

 

13. Enhanced Browser Support

Sulit untuk membangun sebuah website yang sepenuhnya didukung oleh semua browser utama. Meskipun sangat sedikit orang yang menjalankan Internet Explorer 6 dan masih muncul dalam beberapa laporan di Google Analytics. Pengembang yang mencari ide-ide dapat mempertimbangkan untuk melakukan percobaan kecil.

10

Browser utama yang lebih penting termasuk rilis terbaru dari IE9, Mozilla Firefox, Opera, Chrome, Safari, dan mungkin Camino / SeaMonkey. Tetapi Internet Explorer 6-8 juga masih banyak digunakan di kalangan bisnis dan laboratorium komputer yang lebih tua. Anda dapat menjalankan tes render menggunakan perangkat lunak IETester. Demikian pula IE8 memiliki modus alat pengembang di mana Anda dapat beralih ke mesin render yang lebih tua untuk debugging.

 

14. Fitted Typography

Anda mungkin menemukan bahwa lay out lama Anda masih menggunakan gaya teks efisien, tapi ini tidak selalu terjadi. Saya merasa bahwa tipografi besar akan masuk ke dalam lay out jauh lebih mudah. Bahkan akan lebih mudah untuk dibaca dan akan mengambil lebih banyak tempat pada resolusi layar yang lebih besar.

Gagasan “fitted typography” adalah styling teks, sehingga cocok dan nyaman untuk digunakan dalam situs web Anda. Anda dapat melaju melalui beberapa halaman dan memperbarui gaya ini dalam 10-15 menit.

 

15. Social Media Sharing

Sekarang saya yakin sebagian besar pengembang sudah familiar dengan lencana berbagi yang digunakan dalam situs-situs jaringan sosial populer. Facebook, Twitter, Reddit, Pinterest, Dzone, dan banyak jaringan eksternal lainnya memberikan kode yang dapat Anda tanamkan ke website Anda. Kemudian pengunjung dapat berbagi link Anda ke jaringan ini tanpa perlu meninggalkan situs web Anda.

Trik dalam membuat blog yang lebih menarik adalah pilihan Anda sendiri. Dengan bagaimanakah Anda akan memperindah isi blog Anda, harusnya Anda lakukan sesuai dengan kebutuhan Anda. Sesuaikan dengan yang sedang menjadi trend saat ini.


Riska

Riska

Ibu rumah tangga yang hobi menulis, terutama prosa. Telah lama berkecimpung di dunia teater dan aktif menulis hingga sekarang. Karya masih tersimpan rapi di file komputer pribadi dan rencana akan di publish beberapa waktu kemudian. Gemar musikalisasi puisi dan juga memasak. Hot coklat swiss, empal gepuk dan makanan khas Sulawesi yang jadi andalanku.