Desain Grafis

Sebagai seorang desainer grafis, tentunya Anda harus selalu meningkatkan kemampuan Anda. Mengapa demikian? Desain grafis adalah bidang yang cepat sekali mengalami perubahan baik kreatif maupun teknis. Sementara itu mudah sekali untuk terjebak dalam mempelajari keterampilan teknis baru, itu sama pentingnya untuk fokus memperbaiki dan mendorong batas-batas kreativitas kita sebagai desainer grafis yang baik. Anda harus bertekad untuk tidak membiarkan desain Anda tumbuh stagnan, melainkan melanggar dan meningkatkan dengan waktu.

Berikut adalah 16 tips untuk meningkatkan keahlian Anda sebagai desainer grafis yang akan membantu Anda terus belajar, memperkuat kreativitas dan menjadi desainer grafis terbaik.

1.    Menjadi Kolektor

logo-design_collectorTips pertama untuk meningkatkan kemampuan Anda sebagai desainer grafis adalah setiap kali Anda melihat sebuah desain yang menginspirasi Anda, kumpulkanlah dan bawalah pulang. Kumpulkan ratusan brosur dan poster, kemudian masukan kedalam 1 file. Dengan hal ini, jika Anda mengalami kebuntuan, Anda dapat membuka file Anda untuk mencari inspirasi.

 2.    Belilah Buku

bob-gill-book-2

Koleksilah buku-buk mengenai desain grafis. Setidaknya dalam 1 bulan, Anda dapat membaca satu buku mengenai kreativitas maupun teknis dalam desain grafis.

 3.    Baca Blog Mengenai Desain

great-design

Cobalah untuk belajar dari orang lain. Untuk menjadi desainer grafis yang baik, alangkah baiknya untuk Anda belajar dari orang lain. Sesekali bukalah blog mengenai desain. Karena pada zaman sekarang, web adalah salahsatu sumber informasi terbaik.

 4.    Buatlah Blog Desain

Setelah Anda membaca blog desain orang lain, sekarang waktunya Anda membuat blog desain Anda sendiri. Itu dapat membuat Anda lebih analitis dalam pekerjaan Anda sendiri.

 5.    Bergabunglah di Komunitas Desain

Logo_full_2

Sebagai desainer grafis freelance, bergabung dalam komunitas desain adalah suatu keharusan. Tidak hanya membuat Anda tetap up-to-date dalam dunia desain, tetapi juga bagus untuk umpan balik dan kritik.

 6.    Ambillah Banyak Foto

Wikilovesmonuments_take_a_photographe_03_-_zoomed

Fotolah setiap objek yang membuat Anda terinspirasi. Seperti bangunan, tekstur atau hanya sekedar bayangan. Tidak harus dengan kamera yang bagus, tetapi dengan kamera handphone Anda pun juga cukup baik.

 7.    Buatlah Proyek Palsu

pe4at

Setiap Anda merasa tidak ada kerjaan, cobalah untuk membuat sebuah proyek palsu seperti menciptakan merek palsu untuk sebuah perusahaan. Desain logo, stationary, brosur, ataupun website. Ada baiknya untuk melakukan hal ini sekali karena itu membuat desain menyenangkan dan membuat kreativitas Anda bekerja tanpa keterbatasan.

 8.    Cobalah Buat Ulang Desain Orang Lain

Tidak ingin menciptakan merek palsu untuk desain? Cobalah mendesain ulang proyek orang lain. Bantuan ini adalah Anda mengevaluasi apa yang “mereka” lakukan salah dan apa yang Anda bisa berbuat lebih baik.

 9.    Cobalah Buat Ulang Desain Lama Anda

Daripada dihapus, lebih baik Anda coba buat ulang desain lama Anda. Mungkin Anda akan terkaget-kaget  betapa minimnya ilmu atau banyaknya kesalahan dalam desain-desain lama Anda.

 10.  Hadiri Kuliah atau Seminar

539w

Belajar dari oranglain pun bisa Anda coba dengan menghadiri kuliah ataupun seminar yang dilaksanakan beberapa kampus. Anda pasti akan belajar satu atau dua pelajaran baru dari hal itu.

 11.  Bersosialisasi Dengan Desainer Grafis Lain

Dengan menghadiri kuliah atau seminar, Anda pasti akan bertemu dengan desainer grafis lainnya. Cobalah untuk bertukar nomor telepon atau email. Dengan memiliki jaringan dengan desainer grafis lain, Anda akan meningkatkan keterampilan Anda dan hal itu akan mendorong Anda untuk menjadi lebih baik.

 12.  Ambillah Kelas Desain

inter_design_class03_9822

Banyak perguruan tinggi setempat memungkinkan Anda untuk mendaftar kelas tanpa mendaftar penuh waktu. Ini tidak hanya akan mengajarkan Anda beberapa hal-hal baru secara teknis, tetapi juga membuat Anda kembali di kelas rekan-rekan Anda.

 13.  Wawancara Desainer Grafis Lain

04.14.11-3-Rules-for-Effective-Informational-Interviewing

Selain akan mendapatkan jaringan atau kontak degan desainer grafis lainnya, Anda juga akan mendapatkan pengalaman yang menakjubkan. Dan tentunya mendapat pelajaran yang baik juga.

 14.  Lakukan Perjalanan

trav

Jika Anda tidak sibuk, cobalah melakukan perjalanan ke luar kota atau bahkan ke luar negeri. Dengan melihat budaya baru, dan karya seni yang baru, itu akan membuat Anda membuka pikiran Anda ke dunia yang baru.

 15.  Pelajari Sesuatu yang Baru

Menjadi desainer grafis yang baik memang tidak mudah. Tetapi dengan mempelajari sesuatu yang baru, tanpa Anda sadari Anda akan terus meningkatkan kemampuan Anda.

 16.  Ambillah Buku Sketsa

509d7b8bb3fc4b56c10002aa_eduardo-souto-de-moura-sketchbook-no-76_img_5351

Buku sketsa akan membantu Anda bekerja melalui ide-ide dengan cepat dan tanpa keterbatasan software desain. Dan tentunya, dengan buku sketsa Anda dapat menggambarkan ide Anda dimanapun Anda berada.

Salam,

Ryan Gondokusumo

Founder Sribu.com

* Credits to:

thedesigncubicle.com

^ 16-tips-to-improve-as-a-graphic-designer


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • Ari Supriatna

    ..makasih infonya mas..! buat jadi masukan sebagai disaner pemula seperri saya…

    • @Ari: Sama-sama, senang dapat membantu 🙂

    • @arisupriatna:disqus: Sama-sama mas Ari! Kami senang artikel ini dapat membantu Anda!

  • njaas

    Berlaku jga buat yg ga bisa ambil kuliah jurusan DKV jga ga??

  • Terima kasih buat infonya :D, bisa dicoba nih

  • Muri

    penting untuk saya yang pemula..:)

    • @Muri: Silahkan dipelajari, dan juga jangan lupa untuk cek blog kita yang lain juga 🙂

  • andi sukadi

    bagus….ini yang saya cari….thank sribu…..

  • Erwin

    Gan sudah stw bole ikutan belajar ilmunya nda……. hehe

  • ade ryan nurochman

    terima kasih ,,,
    sangat bermanfaat