successful-entrepreneur

Ketika seseorang menjadi pengusaha dan  memulai bisnisnya, kadang mereka tidak mengetahui bahwa menjalankan usaha milik pribadi itu sangat menyita waktu. Kita sering dihadapkan pada tekanan, naik turunnya situasi bisnis dan kesibukan yang kadang sangat menyita waktu.

Ketidak pastian situasi kerja, membuat  kita harus bisa mengatur kapan kita harus istirahat sejenak dan menikmati hidup. Menikmati secangkir kopi dan sepiring roti paling tidak akan membuat kita bahagia dan terlepas dari rutinitas sejenak. Beberapa hal dibawah ini akan menjadi  inspirasi anda sebagai pengusaha untuk mencari waktu sejenak melepas ketegangan usaha, dan me refresh fikiran.

1. Aturlah jadwal alat komunikasi anda, untuk bisa dimatikan pada jam-jam tertentu. Buatlah aturan itu seefektif mungkin, agar anda benar-benar bisa menghilangkan diri sejenak dari bisnis anda.

2.Menolong seseorang keluar dari masalah. Juga merupakan salah satu cara membahagiakan kita. Carilah orang-orang yang membutuhkan anda, maka seketika anda merasa lebih baik dan lebih bahagia dari orang yang anda tolong.

3.Menjaga kesehatan. Juga merupakan salah satu cara yang membuat anda bahagia. jadi janganlah anda tertelan kesibukan dan membiarkan anda terlambat makan atau bahkan tidak sempat olahraga. jika anda sehat, maka anda  akan dapat berfikir lebih produktif dan meliki produktifitas kerja tentunya sebagai pengusaha anda akan lebih bahagia.

4. Tetap berfikir positif. Dapat membantu para pengusaha  untuk tetap bahagia dan berani terus maju ditengah krisis yang telah melanda perusahaan anda.

5.Fokus pada pencapaian anda dan syukurilah. Meskipun anda adalah seorang pebisnis modal kecil maupun pengusaha mapan, jika anda mampu melihat pencapaian anda dan mensyukurinya, maka anda akan lebih bahgia.

6.Jadwalkan kegiatan yang membawa kebahagiaan pada diri anda. Sebagai pengusaha bisnis modal kecil. Anda harus bahagia, agar anda bisa mengembangkan bisnis anda lebih besar lagi. Jika sesekali anda bisa bekerja sambil berlibur kenapa tidak. Jika tiap hari anda masih sempat mengantarkan anak sekolah dan membuat anda bahagia maka lakukanlah disela sela kesibukan anda

7. Jangan terlalu sering membandingkan. Kita tahu bahwa dunia usaha penuh ketidak pastian. Sesekali membandingkan sebagai tolak ukur itu sah-sah saja. Tapi seringkali membandingkan tingkat kesuksesan anda justru membuat anda pusing sendiri dan tidak bahagia nantinya.

8.Berlibur sejenak. Meskipun sebagai pengusaha anda tetap akan memastikan tentang wi-fi, koneksi internet dan keberadaan sinyal handphone untuk tetap dapat memantau usaha anda. Tapi berlibur sejenak adalah hal yang penting.

9.Tanamkan sikap tenang dan menyenangkan pada diri anda. Anda pasti sering mendengar kisah bahwa kebahagiaan itu adanya di dalam diri kita, hal itu mungkin ada benarnya. Jadilah pribadi yang tenang dan menyenangkan, maka pasti anda bahagia.

10. Tetapkan tujuan yang ingin anda capai. sebagai pengusaha bisnis modal kecil anda harus tahu tujuan yang akan anda capai. Ketika hari ini berakhir buatlah daftar yang ingin anda lakukan esok hari, agar tujuan anda terarah.

11. Jangan melawan kecenderungan anda. Setiap orang diberi anugrah berbeda yang bisa menghantarkannya pada kondisi yang lebih baik. Teman saya yang sangat suka kopi akhirnya dapat menjadi barista handal, karena kegemarannya. sebagai pengusaha, andapun bisa menggunakan insting tersebut.

12.Lakukanlah secara perlahan. Beberapa pengusaha bisnis modal kecil, tidak membuka usahanya selama 24 jam dan membatasi pengiriman barang dalam sehari. Hal ini untuk menjaga profesionalitas dan ritme kerja yang baik, sehingga menghindarkan kebosanan dan membuat anda bahagia.

13. Lakukan pembagian kerja. Jika memungkinkan  bagi anda untuk meng gaji karyawan lebih, atau memiliki asisten yang handal maka jangan ragu untuk mendelagasikan tugas anda agar anda tidak terbebani.

14.Bertemu dengan pengusaha lainnya. Anda tahu jika anda berbicara dengan orang yang berkecimpung dalam dunia yang sama  maka anda bisa saling bertukar pengalaman dan saling mendukung. Tentunya ini juga momen yang membahagiakan bagi anda.

15. Kontrol kegiatan anda. Ketika anda merasa lelah setelah berperan menjadi pengusaha,maka janganlah mencari input negatif dari sekeliling anda.

16.Menyederhanakan laporan yang anda buat. Bagi pengusaha bisnis modal kecil, terkadang selalu ada keinginan untuk membuat  semua laporan  sedetil mungkin sebagai rintisan. Tapi kenyataannya beberapa dari pemula justru lupa melakukannya. Maka buatlah sesederhana mungkin, sehingga anda dapat meraih garis besarnya saja.

17.Percayai insting anda. Jika suatu hari anda harus mengambil keputusan  atau beradu argumen di rapat tentang sesuatu yang tidak anda yakini manfaatnya. Maka anda sesekali bisa mengabaikannya dan menjalani rencana anda sendiri.

18.Berani memandang kenyataan. Pengusaha yang bahagia adalah yang berani melihat kenyataan dan jika sebuah krisis terjadi dalam usahanya, dia bisa menerimanya dan segera bangkit memperbaikinya.

Hal-hal diatas bisa anda coba untuk meningkatkan produktifitas dan memberi anda nilai tambah untuk meningkatkan kinerja anda. Selamat mencoba dan selamat berbahagia.


Tri Ani

Tri Ani

Writer di sribu.com, private teacher, pelaku bisnis di bidang konveksi. Sangat menyukai buku dan kopi. Tertarik pada semua hal yang berhubungan dengan tantangan.