girl-working-at-home-4-3

saat ini kita memiliki banyak pilihan dalam hidup, termasuk dalam menentukan kebebasan financial. kita bisa menentukan apakah kita akan menyimpan uang di bank saja  dan tetap bekerja,atau mencoba memutar uang kita dan memulai ide bisnis sampingan untuk menambah penghasilan. fenomena yang terjadi saat ini bahwa tiap orang tidak cukup hanya memilki satu pekerjaan.mereka selalu membutuhkan pekerjaan sampingan, selain untuk pemenuhan financial juga dapat sebagai penyaluran hobby.bisnis sampingan dapat menjadi suatu hal yang positif , disamping memberi kita pengalaman baru natinya juga dapat dikembangkan untuk  menjadi usaha bersama,merekrut pegawai dan membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain

1.Menjadi Pengajar

Menjadi pengajar, merupakan salah satu ide bisnis yang penuh tantangan.jangan membayangkan bahwa pengajar hanyalah profesi sebagai guru formal yang berdiri di depan kelas.mengajar  bisa jadi adalah ketika anda menyalurkan kemampuan  yang anda kuasai di bidang tertentu untuk dibagikan pada sekelompok orang yang membutuhkan keahlian tersebut. misalanya anda mengajar  sekelompok orang untuk membuat  kue,menjahit dll.

2.Menjadi guru les privat

tutor-girl

Tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa dunia pendidikan adalah bidang yang akan terus bersinar potensinya dimasa depan. banyaknya orang tua pekerjayang sibuk namun memiliki kesadaran akan pentingnya pendidikan membuat profesi sebagai guru les privat memiliki  potensi untuk menjadi bisnis sampingan yang cukup menggiurkan

3.Menjual kreativitas

Jika anda adalah tipe orang yang sangat suka dengan kerajinan tangan. Anda  terbiasa membuat sesuatu yang tidak banyak dilakukan orang lain maka anda bisa menjual kreativitas tersebut sebagai ide bisnis yang bernilai inovatif. Siapa yang menyangka  bahwa kreativitas  merangkai bunga atau membuat hantaran pernikahan ternyata dapat mendatangkan income yang cukup menggiurkan.

4. freelance writer (penulis lepas)

Menjadi seorang penulis lepas adalah keuntungan yang dapat diperoleh dari adanya kemudahan berinteraksi di dunia maya. Anda bisa membuat blog pribadi atau menulis untuk surat kabar atau majalah tertentu dan mendapatkan penghargaan dari hasil karya tulis anda tersebut.

5.Penjaga Lansia

Pernahkah terpikir untuk menjadi penjaga lansia. Jika anda memiliki jiwa penyayang, punya keuletan dan kesabaran. senang berinteraksi dengan orang lain, terutama orang yang lebih tua. maka bekerja sebagai penjaga lansia bisa menjadi pilihanyang tepat. jarangnya orang yang terpikir untuk menjadi penjaga lansia, membuat bisnis sampingan ini  jarang memiliki competitor di bidangnya.

6. Catering

Kita pasti setuju bahwa makanan adalah hal penting bagi kehidupan kita, bekerja di bidang kuliner atau membuka pelayanan kuliner berarti memberi tambahan dari bisnis sampingan yang bersifat unlimited atau tidak terbatas. Kenyataan bahwa tidak semua orang memiliki waktu luang,dan kebutuhan makan yang tidak dapat dihindari,membuat bisnis catering menjadi pilihan cerdas sebagai ide bisnis sampingan yang dapat diandalkan.

7. Membuka Day Care (tempat penitipan anak)

Bekerja dan anak adalah dilema yang cukup banyak menghinggapi pasangan yang tinggal di perkotaan, day care adalah sebuah kebutuhan mutlak yang tidak dapat dihindari.Membuka day care selain mendatangkan profit juga dapat memberi pengembangan ide bisnis kearah pendidikan formal dikemudian hari.

8. Menjadi pelatih bagi anak

di Indonesia profesi ini belum terlalu populer namun layak diperhitungkan, dikota-kota besar menjadi child life coach ( pengasuh anak yang mengajarkan ketrampilan) mulai mendapat perhatian. menjadi pelatih bagi anak berbeda dengan baby sitter disini tugas anda adalah mengajarkan anak untuk memilki skill dan tingkat adaptasi yang baik. misalnya untuk tidur siang secara teratur,mengerti toliet training, mampu mengerjakan tugas secara independen. gaji yang ditawarkan dari pekerjaan ini juga lebih besar daripada seorang baby sitter.

9. Menjadi editor

menjadi editor bisa jadi hal yang menyenangkan jika anda terbiasa dengan dunia penulisan dan penerbitan. Tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak. cukup sediakan laptop dan  bisa dikerjakan dimana saja. kemudian juga memilki fleksibilitas waktu yang cukup panjang.

10. Menjadi seorang penjahit profesional

membeli baju memilki kepuasan yang berbeda dengan  menjahitkan baju.jika anda membeli baju anda bisa memilih modelnya, namun kadang belum tentu pas di tubuh kita. tetapi menjahitkan baju memilki tingkat satisfaction yang lebih tinggi, karena kita bisa ikut menentukan desainnya dan menyesuaikan dengan ukuran tubuh. Karena itu bukan tidak mungkin jika anda  memilki ketrampilan menjahit baju, anda bisa mengkomersialkan bakat tersebut, terutama di saat mendekati lebaran. bakat anda tersebut akan sangat dihargai dan layak menjadi ide bisnis yang sayang dilewatkan.

11. Penjaga binatang

menjadi penjaga binatang bisa jadi merupakan penyaluran hobby bagi anda yang terbiasa memelihara binatang dan tahu bagaimana cara merawat binatang dengan baik. di  sini anda akan memilki dua hal yang positif, yaitu income dan kesenangan karena ada sisi hobby anda yang dapat tersalurkan.

12. Membuat website

tahukah anda, membuat website bisa jadi merupakan hal yang paling  banyak dilakukan saat ini. hal ini dikarenakan web site adalah penyedia informasi yang sangat dinamis  dan sangat dibutuhkan, setiap orang memahami penggunaan internet, dan sedikit banyak keberadaan website menjadi hal yang penting. membuat website menjadi ide bisnis yang bisa diaplikasikan dari mana saja sejauh kita memiliki akses internet

13. Dekorator rumah

jika anda memutuskan untuk berpindah rumah atau akan menghuni rumah baru. dekorasi menjadi hal terpenting yang ikut memberi kenyamanan bagi anda. tidak semua orang bisa menentukan dan memiliki spesifikasi yang tepat untuk mendekorasi rumahnya. Penggunaan jasa design interior adalah pilihan yang tepat untuk mengefisenkan waktu dan memberi kenyamanan

14.Wedding organizer

pernikahan merupakan kebutuhan tiap orang untuk memperoleh keturunan, dan ini memunculkan suatu bisnis yang yang disebut dengan wedding organizer, suatu bisnis yang tidak ada matinya, walaupun jaman berubah pernikahan merupakan sesuatu yang tetap ada dan memiliki kesakralan. wedding organizer  mulai banyak digunakan dan dibutuhkan. tentu saja hal ini patut diperhitungkan bagi anda yang ingin memiliki bisnis sampingan dengan income yang menjanjikan.

15. Penasihat Keuangan

Beberapa orang memiliki kemampuan untuk perencanaan keuangan yang baik dan menentukan investasi yang menjanjikan di masa depan, jika anda memiliki latar belakang pendidikan yang terkait dengan bidang tersebut, menjadi pengelola keuangan bisa memberi keuntungan tersendiri bagi anda.

16. Menyediakan Servis Pembersihan Rumah

Kita tahu bahwa mencari jasa pembantu sangat sulit dilakukan saat ini, dan terkadang kita membutuhkan pembersihan rumah secara menyeluruh dalam satu waktu. ketersediaan jasa pembersihan rumah secara menyeluruh cukup menghemat waktu dan dapat diandalkan ketika menghadapi acara-acara tertentu, misalnya menjelang hari raya, pelaksanaan pernikahan.

17. Jasa Penataan Taman

Jika kita adalah tipe orang yang suka bekerja diluar, suka dengan keindahan, berbakat dalam mengorganisir tanaman, maka jasa penataan taman bisa menjadi  sumber pendapatan. ide usaha ini masih jarang mendapatkan pesaing dan layak untuk anda jadikan salah satu bidang usaha yang anda geluti.

18. Menjadi seorang decorator tema

Decorator tema adalah orang yang bekerja untuk mendekorasi sesuai dengan tema atau acara yang akan diadakan atau dilangsungkan. menjadi seorang dekorator tema membutuhkan kreatifitas yang tinggi dan kejelian untuk mengangkat tema agar sesuai dengan acara tersebut dan mendapat respon positif dari pengunjung yang menghadirinya.

ide bisnis sampingan tersebut sangat menarik untuk dicoba  anda juga dapat melihat ide binis   yang lain yang dapat anda terapkan dan sesuai dengan minat dan kemampuan . Sebagai catatan , bahwa apapun yang kita miliki saat ini sebagai kelebihan atau talenta adalah sesuatu yang dapat bernilai positif  jika dikembangkan dan di pahami dengan baik.


Tri Ani

Tri Ani

Writer di sribu.com, private teacher, pelaku bisnis di bidang konveksi. Sangat menyukai buku dan kopi. Tertarik pada semua hal yang berhubungan dengan tantangan.

  • onesius lokobal

    tolong di jelaskan perbedaan antara pendidikan dan pelatihan, dan pendidikan formal dan non formal,