Mengulik Arti dari Desain Logo Terkenal

Sribu sering menampilkan contoh-contoh design logo yang kreatif, dan pernah juga membahas para mastermind di balik design logo yang mendunia. Kali ini, Sribu ingin mengajak anda untuk mengenal lebih dekat logo-logo terkenal, dan kisah di balik pembuatan logo tersebut. Sribu yakin, sribuddies bisa mendapat banyak pelajaran dan inspirasi dari post kali ini. Cekidot!

desain logo terkenal
1. FedEx

Semua orang mengenal Federal Express atau FedEx sebagai perusahaan terkemuka dalam industri ekspedisi yang berbasis di Memphis, Tennessee, Amerika Serikat. FedEx memiliki logo yang sangat sederhana, dan mungkin bagi sebagian orang, terlalu sederhana. Hanya sebuah tulisan FedEx dalam paduan warna orange dan ungu. Namun, jika anda perhatikan dengan seksama paduan huruf “E” dan “X”, maka anda akan menemukan sebuah tanda panah putih yang menunjuk ke arah kanan. Menurut Lindon Leader, sang kreator, tanda panah ini memang sengaja ia “sembunyikan” pada design logo yang ia buat pada tahun 1994 itu – sebagai pembaruan dari logo FedEx sebelumnya – sebagai perlambang tujuan perusahaan, yakni untuk terus bergerak maju. Hasilnya, design logo sederhana ini telah memenangkan puluhan penghargaan internasional.

Adidas Logo Meaning
2. Adidas

Jika anda gemar berolahraga, dan suka mengenakan sepatu, pakaian dan aksesoris yang bergaya sporty, maka anda pasti tidak asing dengan merek Adidas. Merek itu sendiri diambil dari akronim nama pendirinya, Adolf “Adi” Dassler. Logo di atas merupakan penyempurnaan dari logo sebelumnya yang dibuat oleh Peter Moore. Jika anda perhatikan, ketiga garis diagonal tak hanya membentuk siluet huruf A, namun juga sebuah gunung, yang merepresentasikan halangan dan rintangan yang ada di depan mata, sekaligus puncak tujuan yang bisa diraih dengan usaha.

 

Amazon Logo Meaning
3. Amazon.com

Anda pernah memesan buku, atau mengunduh musik secara online dari situs ternama Amazon.com? Jika ya, maka kemungkinan besar anda sudah familiar dengan design logo Amazon.com yang satu ini. Lagi-lagi, design logonya tampak sangat sederhana. Satu-satunya aspek design yang tampil menonjol dalam logo ini adalah anak panah berwarna orange. Sekilas, mungkin anda menganggap anak panah tersebut merefleksikan sebuah senyuman. Well, pendapat tersebut setengah benar, karena jika anda perhatikan, anak panah tersebut berpangkal di huruf “A” dan berujung di huruf “Z”. Dengan kata lain, “From A to Z” – dari A ke Z, yang menggambarkan bahwa Amazon.com merupakan situs online yang menjajakan semua jenis barang, di samping juga melukis senyum penuh kepuasan di wajah semua pelanggannya.

 

 

Apple Logo Meaning
4. Apple

Oke, Sribu sangat yakin anda sangat mengenal logo yang satu ini. Yang mungkin anda tidak ketahui adalah, pada awalnya slogan Apple adalah “Byte into an Apple” – permainan kata-kata yang sangat kreatif, dengan memanfaatkan pasangan kata homofon “byte” dan “bite” – menggigit. Logo Apple sendiri ditafsir memiliki keterkaitan erat dengan kisah Adam, Hawa dan dosa pertama manusia, yakni memetik dan memakan buah dari Pohon Pengetahuan – yang diyakini merupakan buah apel. Namun, logo apel yang telah digigit bukan lantas menggambarkan manusia yang telah berdosa. Menurut Rob Janoff, sang kreator, bekas gigitan tersebut justru ia ciptakan agar publik tidak salah mengartikan logo apelnya sebagai tomat. Lucunya, sisi humor tersebut justru mengantarkan logo ini ke dalam daftar logo paling dikenang sepanjang masa, dan meraih banyak penghargaan internasional.

Audi Logo Meaning
5. Audi

Produsen mobil mewah asal Jerman ini memiliki logo yang sederhana, namun meninggalkan kesan yang mendalam. Empat buah lingkaran berwarna perak digabungkan menjadi satu, memayungi kata Audi berwarna merah. Banyak kalangan menerka keempat lingkaran terinspirasi dari logo Olimpiade. Namun, sebenarnya keempat lingkaran tersebut merepresentasikan empat perusahaan yang tergabung dalam Auto-Union Consortium pada tahun 1932, yakni DKW, Horch, Wanderer dan Audi.

 

BMW Logo Meaning
6. BMW

Tak mau ketinggalan dengan Audi, BMW juga memiliki design logo yang sangat mudah diingat. Logo yang dikenal dengan sebutan “roundel” ini pertama kali tercetus pada tahun 1917. Logonya terdiri dari sebuah lingkaran hitam tebal dengan garis tepi tipis berwarna perak. Huruf-huruf “BMW” ditulis di paruh atas lingkaran hitam tersebut, menaungi empat papan catur berwarna campuran biru dan putih, yang menggambarkan langit dan baling-baling pesawat, mengingat BMW mengawali dominasinya di bidang otomotif sebagai perusahaan pembuat mesin pesawat terbang. Di samping itu, warna biru langit dan putih juga merupakan warna nasional Bavaria (yang kini menjadi bagian dari Negara Jerman), tempat BMW pertama berdiri.

 

Mercedes-Benz Logo Meaning
7. Mercedes-Benz

Lain lagi cerita di balik design logo Mercedes-Benz. Perusahaan yang identik dengan produk-produk otomotif kalangan atas ini terbentuk dari kongsi dua perusahaan yang tadinya merupakan saingan berat, yakni Benz & Cie. dan Daimler Motoren Gesellschaft (DMG). Logo Mercedes-Benz sendiri berawal dari kreasi Gottlieb Daimler pada tahun 1909. Bintang bersudut tiga itu melambangkan dominasi perusahaan ini di darat, laut maupun udara. Logo yang sangat ambisius ini nyatanya sukses menempatkan dirinya sebagai salah satu logo paling dikenang sepanjang masa.

 

Toyota Logo Meaning
8. Toyota

Bukan hanya produsen mobil Eropa saja yang memiliki design logo menakjubkan. Design logo Toyota pun dielu-elukan sebagai salah satu design logo paling kreatif dan abadi. Toyota merupakan gabungan dari dua kata Jepang, yakni “Toyo” yang berarti “berkelimpahan” dan “Ta” yang berarti “beras”. Menurut beberapa kebudayaan kuno Asia, beras merupakan simbol dari kemakmuran. Jadi, secara tersirat, Toyota berambisi untuk menghasilkan kemakmuran yang berkelimpahan, dengan cara menggabungkan jiwa konsumen, jiwa produk dan jiwa perkembangan teknologi yang pada akhirnya menghasilkan kesempatan tak terbatas di masa depan. Hal itu tercermin dari logo Toyota yang merupakan gabungan dari tiga bentuk elips.

Menarik ya? Ternyata, sebuah logo bisa menyimpan begitu banyak kisah yang sangat menarik. Sebenarnya, masih banyak logo lain yang memiliki kisah menarik di baliknya. Sribu akan kembali membahasnya di lain kesempatan ya.

Untuk saat ini, bagaimana kalau anda kunjungi situs Sribu.com dulu untuk melihat kontes yang tengah berlangsung saat ini – atau untuk membuat kontes baru. Anda juga bisa mengenal kawan designer lainnya dengan bergabung dalam Facebook Sribu dan follow Twitter @sribudotcom.

Salam,
Ryan Gondokusumo

Founder Sribu.com
Jasa Desain Logo

* Credits to:
Berbagai sumber

Ryan Gondokusumo

Founder Sribu.com, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • http://joeyusuf.wordpress.com joeyusuf

    Reblogged this on MASTERDesain.com.

  • http://demonart17.wordpress.com demonart17

    Reblogged this on demonart17.

  • aryo_msd

    mirip sama postingan ane di kaskus bro..