Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator: Pilih Mana?

Kedua aplikasi ini, Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator, merupakan andalan para desainer.

Sribu.com mengulas keunggulan dari Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator hingga sampai pada kesimpulan akhir: Mana aplikasi desain terbaik?

Hi sribuddies,

Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator tentu merupakan aplikasi yang sudah tidak asing lagi bagi sribuddies, sebagai penggelut dunia desain. Tentu saja, masing-masing aplikasi keluaran Adobe ini memiliki keunggulan tersendiri. Namun, adakah aplikasi yang terlihat lebih menonjol ketimbang yang lain? Dan, manakah di antara kedua aplikasi tersebut yang layak mendapat sanjungan sebagai aplikasi desain terbaik? Sribu.com mencoba mengulasnya melalui artikel ini.

Diluncurkan pada tahun 1988, Adobe Photoshop telah menjelma menjadi aplikasi desain utama dan satu-satunya bagi banyak desainer di seluruh dunia. Awalnya, Adobe Photoshop diciptakan sebagai alat untuk membantu para fotografer untuk mengedit dan mengelola hasil jepretan mereka – fungsi yang hingga kini masih menjadi keunggulan utama Adobe Photoshop, setidaknya bagi sebagian besar orang. Namun, karena Adobe Photoshop menyediakan banyak fitur-fitur pengelola foto, kini fungsinya menjadi lebih beragam.

Di sisi lain, Adobe Illustrator diluncurkan sedikit lebih awal, yakni pada tahun 1987, dan pada awalnya difungsikan untuk typesetting dan desain logo bagi desainer grafis. Illustrator kini dijadikan alat bantu, baik oleh desainer grafis maupun seniman digital untuk membuat macam-macam produk desain digital.

Nah, sekarang kembali ke pertanyaan, di antara Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator, yang manakah yang lebih baik untuk mengerjakan sebuah proyek desain tertentu? Dan, yang manakah yang lebih baik secara keseluruhan? Tentu saja, jawabannya akan sangat tergantung pada situasi spesifik, namun di dalam artikel ini, Sribu akan menyajikan penjelasan lengkap mengenai aplikasi mana yang dianggap lebih baik untuk mengerjakan suatu proyek desain tertentu. Jika sribuddies memiliki pendapat yang berbeda, silakan kirimkan komen sribuddies di bawah ya.

Tanpa berlama-lama lagi, berikut penjelasannya. (Dialihbahasakan dari URL ini)

Aplikasi terbaik untuk desain logo

Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator

Meski kedua aplikasi ini dapat digunakan untuk mendesain logo, sribuddies mesti mempertimbangkan aspek pemeliharaan dan penggunaan logo yang sribuddies kreasikan nanti. Meski ukuran awalnya bisa ditentukan, sebuah logo harus bisa diubah ukurannya, dan mengalami penyesuain bentuk, karena kemungkinan akan sering digunakan pada material-material yang berbeda.

Grafik berformat bitmap yang diciptakan melalui Adobe Photoshop tidak dapat diubah ukurannya tanpa menjadi “pecah” atau mengalami penurunan kualitas. Dengan pertimbangan tersebut, menggunakan Adobe Illustrator artinya logo yang sribuddies kreasikan akan menjadi objek vector yang bukan merupakan bagian dari bitmap. Artinya, logo bisa diubah ukurannya, dan disesuaikan bentuknya sekaligus mempertahankan kualitasnya. Photoshop mungkin saja memiliki andil dalam desain logo, namun Illustrator haruslah menjadi pilihan pertama.

Pemenangnya: Adobe Illustrator

Aplikasi terbaik untuk desain web

Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator

Bagi banyak desainer, Photoshop biasanya menjadi pilihan pertama untuk kategori ini. Karena grafik yang dihasilkan Photoshop berupa piksel yang menempati ruang bitmap tertentu, Adobe Photoshop tampaknya menjadi satu-satunya pilihan untuk mendesain melalui media layar.

Namun demikian, saat mendesain tampilan muka pengguna, Illustrator dapat memberikan banyak keuntungan yang tidak dimiliki oleh Photoshop. Yang pertama, menggunakan Adobe Illustrator membuat pekerjaan dapat dikerjakan dengan jauh lebih cepat – ada poin-poin perubahan ukuran yang nyata. Illustrator juga sangat baik digunakan untuk menciptakan komponen-komponen yang bisa digunakan kembali. Dengan menggunakan panel simbol di Illustrator, sribuddies bisa membuat pustaka ikon dan elemen-elemen bentuk yang dapat digunakan kembali, dan dimanipulasi lagi dan lagi.

Tidak hanya mempercepat alur kerja sribuddies, namun hal ini juga bisa membuat karya sribuddies lebih konsisten. Selain itu, mengingat kini kita memasuki era web yang lebih responsif dan cepat, kita akan lebih sering menemui kebutuhan akan grafik-grafik yang bisa disesuaikan ukurannya (misalnya SVG dan pixel font). Jika kita menginginkan situs web kita lebih konsisten dalam beberapa ukuran, grafik situs web kita haruslah mengikuti kecenderungan tersebut.

Untuk sebagian besar masalah di atas, Photoshop masih menjadi juaranya, meski hanya menang tipis saja. Sribu tidak akan menepikan Adobe Illustrator sepenuhnya, sebab seringkali Illustrator menjadi bagian dari alur kerja, terutama untuk mendesain tampilan muka pengguna, namun sebagian besar pekerjaan lainnya dirampungkan dengan Adobe Photoshop.

Pemenangnya: Adobe Photoshop

Aplikasi terbaik untuk seni digital

Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator

Meski Illustrator tampaknya menjadi pilihan terbaik di sini, namun semuanya kembali kepada jenis ilustrasi yang ingin sribuddies hasilkan. Aktivitas ilustrasi biasanya diawali di atas secarik kertas. Gambar corat-coret tersebut kemudian discan dan dibuka dengan menggunakan aplikasi grafis untuk proses penghalusan dan pemberian warna. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dengan menggunakan Adobe Illustrator, kita bisa menghasilkan grafis yang bersih dan disesuaikan bentuk dan ukurannya, sehingga memungkinkan sebagian besar hasilnya dapat digunakan kembali.

Itu sebabnya, Sribu merekomendasikan Illustrator jika sribuddies ingin menghasilkan karya ilustrasi grafis yang bersih. Namun demikian, untuk ilustrasi yang berbasis foto, Sribu akan tetap menyarankan Photoshop, karena membutuhkan detail yang sangat cermat dan manipulasi foto. Sebagian besar kasus, ilustrator akan mengkombinasikan kedua program ini. Jadi, sekali lagi, semuanya tergantung pada jenis ilustrasi yang ingin dihasilkan.

Pemenangnya: Seri

Aplikasi terbaik untuk membuat sketsa dan wireframe

Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator

Yang dimaksud dengan sketsa dan wireframe adalah kerangka cetak biru, yang biasanya menjadi landasan awal dari semua entitas desain. Biasanya, secarik kertas dan sebuah bolpen menjadi titik awal bagi semua orang, namun banyak juga pekerja-pekerja kreatif yang langsung lompat ke dalam aplikasi editing grafis, dan memulai pembuatan sketsa dari sana.

Sebenarnya, proses ini dapat dilakukan di program manapun, namun bagi Sribu, Illustrator jauh lebih cepat dan lebih mudah digunakan untuk mengerjakan proyek ini. Kemampuan untuk mengubah ukuran secara mudah, memanipulasi, dan menggunakan kembali elemen-elemen dengan cepat adalah hal-hal penting saat kita ingin membuat wireframe.

Pemenangnya: Adobe Illustrator

Dan, pemenangnya akhirnya jatuh kepada…

Bukan bermaksud mengecewakan sribuddies, tapi di mata Sribu, kedua aplikasi ini sama-sama keluar sebagai pemenang. Meskipun melalui artikel ini sudah ditampilkan aspek-aspek desain yang bisa lebih menonjolkan keunggulan dari masing-masing aplikasi, kesimpulan akhirnya tetaplah tergantung pada jenis karya desain yang ingin sribuddies hasilkan dan bagaimana pola kerja sribuddies.

Memiliki pemahaman yang matang mengenai aplikasi Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator sangatlah penting bagi semua desainer, baik ia bergelut dalam dunia desain web, desain grafis, desain fashion, ilustrasi atau jenis-jenis kreatif digital lainnya. Memahami aplikasi-aplikasi ini dengan baik akan memastikan sribuddies dapat memilih aplikasi mana yang terbaik untuk mengerjakan suatu proyek tertentu, dan menghasilkan hasil akhir yang paling sesuai harapan.

Banyak juga desainer yang memiliki kecenderungan untuk lebih memfavoritkan aplikasi ini ketimbang aplikasi lainnya. Namun, sebaiknya hal itu tidak menghambat proses menghasilkan kreasi yang terbaik, baik secara kemudahan penggunaan maupun estetika. Yang terpenting adalah, menjadi tanggung jawab sribuddies sebagai desainer untuk memahami kedua aplikasi tersebut, dan mengenali mereka dengan baik.

Informasi kunci
Photoshop
- Grafis: Raster
- Versi teranyar saat ini: Photoshop CS6
- Tools populer: Brush, healing, type, clone stamp, blur, image adjustments dan filter
- Digunakan oleh: Desainer, seniman, fotografer, pembuat film dan video, ilustrator

Illustrator
- Grafis: Vector
- Versi teranyar saat ini: Illustrator CS6
- Tools populer: Pen, blend, warp, mesh, type, pathfinder dan masks
- Digunakan oleh: Desainer, seniman, ilustrator, animator, penerbit, pembuat film dan video profesional

Gimana? Sribuddies setuju nggak dengan penilaian Sribu tadi di atas? Kalau sribuddies punya pendapat lain, boleh lho disampaikan melalui komen di Facebook Fan Page Sribu.com atau Twitter account kita di @sribudotcom. Mau praktik langsung ilmunya juga boleh. Buka dulu kontes desain Sribu.com yuk.

Salam,
Tim Sribu

* Credits to:
CreativeBloq.com
^ Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator

email

Ryan Gondokusumo

Founder Sribu.com, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 1.500+ pelanggan. Pengalaman lebih dari 7 tahun di bidang UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing dan retail.

33 thoughts on “Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator: Pilih Mana?

  1. Masih menang Photoshop.
    Program alternatif Illustrator masih banyak macem Coreldraw atau Ink Space.

    Kalau Photoshop belum ada yg sejajar program penggantinya. Kalau pun ada ya di Mac. Gimp mah lewaaaat.

    Photoshop juga gak hanya berguna buat desainer aja. Orang awam pun lebih ngeh dengan photoshop. Mbak2 studio poto kecil aja pakai PS buat ngedit pas photo. Kalo ada duid mending beli PS yg ori daripada AI ori :D

  2. gak setuju! perbandingan yang gak sesuai, seharusnya adobe ilustrator dibandingankan dengan corel draw yg mempunyai kegunaan yg hampir sama, sedangkan ilustrator dan photoshop kan digunakan untuk hal yang berbeda tergantung kebutuhan.
    bukankah ilustrator dan photoshop sama2 dari adobe dan keduanya memang mempunyai spesialis masing2… seperti halnya primiere dgn flash, gak bisa dibandingkan…

    • thank you bwt komen-nya, bro. tp ya balik lagi, kan di blog-nya di paling bawah jg di bilang kl yg menang ya dua2nya. illustrator dan photoshop emg ga bisa di bandingkan krn dua2nya saling melengkapi dan kembali ke kebutuhan masing2.

  3. Photoshop sudah cukup, di photoshop juga ada vectornya kok yaitu “SHAPE”, jadi pas mau gambar dengan Path, pilih type SHAPE

    • kalo FA nya di offset apa ga ancur tuh pake bitmap?? apalagi penuh dengan content yg fontnya 6 point.

      Masing2 saling melengkapi lah, kalo saling menjagokan antara AI ato PS mending mikir2 lagi deh, beda kasus kalo emang tiap2 individu hanya bersinggungan dengan kekhususan pekerjaan spt Retoucher aja, tanpa menyentuh layoutnya, nah itu baru boleh bilang PS OK banget. Begitu juga sebaliknya.

  4. gak cocok nih buat dibandingkan. yg satu berbasis bitmap yg satu lagi berbasis vector.
    tapi dua2nya memang juara buat dikelasnya..

  5. Adobe Photoshop :

    - Photo editing? Tentu
    - Vector? Tentu bisa (Shape path)
    - Web design? Pasti
    - Video/animasi? Bisa
    - Gif? Bisa
    - Keperluan 3D? Bisa
    - PSB? Rajanya (Smart object)
    - Melukis? Bisa (SnapArt)
    - Script? Bisa (Action)
    - Warp? Pasti
    - Layout? Bisa

    Yang terpenting no.1 ialah Bisa ngilangin jerawat dalam sekejap. So..siapa yang unggul?

    Ada baiknya di explore dulu, baru bikin statement.

    Thanks
    Nano

  6. kok basis vector dengan basis bitmap dibandingin? jelas tidak nyambung. kita butuh keduanya untuk hal berbeda, bahkan keduanya bisa saling melengkapi. ada hal yang tidak bisa dikerjakan menggunakan photoshop, begitu juga sebaliknya.

  7. setuju dengan yang tidak setuju. karena menurut saya juga, kurang sesuai jika adobe photoshop dibandingkan dengan illustrator. mereka punya spesifikasi masing-masing.

    photoshop maen di bitmap/raster sedangkan illustrator di vector.

    coba atuh kupas perbandingan illustrator vs coreldraw yang sama-sama maen di vector tapi punya penggemar fanatik di keduanya.

  8. Setuju, jika kita ingin menjadi profesional kita tidak cukup dengan satu aplikasi saja. Adobe photoshop dan illustrator memiliki kegunaan masing-masing, dan kita harus terus belajar aplikasi-aplikasi desain, tidak terbatas pada kedua aplikasi itu.

  9. Keduanya penting dan bagus, buat yang milih salah satu, sepertinya harus belajar banyak lagi di dunia design.

  10. Aneh, dari awal udah di terangkan kalo AI sam PS punya Spek dan fungsi masing2, ga sama buat dibanding2in. Untuk satu Komen yang dibawah sini seperti orang yang cuma mencari perselisihan bukan buat untuk menjadikan fungsi kedua program adobe tersebut. Sudah ketahuan mereka ( kedua program tersebut) dari rahim yang sama.

  11. AI dan PS ? saya pengguna dan mereka berbeda, dan hasil akhirnya juga berbeda dikarenakan fungsinya. AI dan PS sama-sama GREAT WEAPON for Real Designer !

    • @facebook-1607104350:disqus : Terima kasih telah membaca artikel ini…corel bukan tidak dianjurkan namun di artikel ini hanya membahas mengenai AI dan PSD. Namun corel sendiri juga merupakan tools yang powerful untuk desain :)

    • betul.. gw juga pake corel dari pertama belajar desain, ntah kenapa setelah migrasi ke mac ane paksain pake AI, ngatur path nya berasa susah.. bikin kerjaan tambah lama.. x_x

    • @facebook-100000176469940:disqus : Banyak fungsi-fungsi psd dan AI yang tidak terdapat dalam paint. Paint hanya main satu layer saja, sementara psd/AI itu beberapa layer, maka banyak hal dapat dilakukan dan dimanipulasi.

  12. gak setuju ah bang :D

    masa, Ai dibandingin ama PSD? kan gak nyambung bang? udah gitu spek nya berbeda lagi,,,

    harusnya yg dibandingin itu Ai dan Coreldraw, yang memiliki kegunaan sama,
    :D

    aye mah ga nggunain Ai,, tapi psd ama corel ^_^

  13. yah…masak AI dibandingkan sm Photoshop…kan beda kegunaannya, yg satu bwt vektor, yg satu lagi bwt bitmap…
    Harusnya kolaborasi AI + Photoshop buat bikin layout di InDesign, ini baru maknyuzzz…

  14. Setuju, ibarat designer seorang koki dapur harus bisa memperhitungkan kapan garam lebih banyak kapan gula lebih sedikit ataupun sebaliknya, yang jelas PS dan AI sama2 mendukung kerja tergantung taste masing2 dan ritme kecepatan dan maksimalisasi hasil kerja yang akan diperlukan yg kesemuanya bermuara pada ouput design yang akan dihasilkan, sama2 siiiip.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>