12 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja Anda

Produktivitas

Banyak pengusaha yang selalu berpikir mengenai pekerjaan dan karirnya. Seperti bagaimana pekerjaannya hari ini? Apakah itu mengasyikan? Atau membosankan? Tak sedikit pula orang yang berpikir sudah mengerahkan tenaga 100% pada pekerjaan mereka. Tetapi, perasaan mengerahkan tenaga 100% kepada pekerjaan belum tentu real. Itu semua tidak lain hanyalah sebuah ilusi.

Anda harus mengingat bahwa produktivitas kerja dilihat dari outputnya. Produktivitas kerja itu adalah kunci untuk membedakan mana orang yang berhasil dan mana yang tidak. Produktivitas kerja tidak hanya dipandang sebagai perbandingan antara input dan output, melainkan kemampuan seseorang dalam menyelesaikan pekerjaan dalam waktu tertentu dengan kualitas dan kemampuan yang baik. Salah satu pengaruh produktivitas kerja tidak hanya dilihat dari segi efektifitas dan efiesiensi produksi, tetapi juga berkaitan dengan sikap mental karyawan yang selalu berkeinginan untuk meningkatkan kinerjanya terus menerus.

Inilah 12 tips untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda.

1.    Memiliki satu tujuan fokus

Terkadang orang memiliki banyak ambisi dan keinginan, sehingga fokusnya terbagi-bagi. Memiliki terlalu banyak fokus adalah satu satu kesalahan yang harus dihindari ketika bekerja atau memiliki sebuah bisnis. Salah satu tips untuk meningkatkan produktivitas kerja Anda adalah dengan pilih satu saja hal yang membuat Anda fokus. Tentunya dibagian yang Anda kuasai, sehingga Anda dapat terus mengembangkan hal tersebut. Ini adalah salah satu hal yang membedakan pengusaha yang sukses dengan pengusahaan yang lebih sukses.

 2.    Blokirlah gangguan tanpa ada rasa kasihan

Maksudnya adalah Anda harus berkonsentrasi dengan tujuan Anda. Apalagi dengan adanya teknologi yang semakin canggih, membuat Anda tergoda untuk meninggalkan apa yang sedang Anda lakukan. Tetapi Anda juga harus ingat, seiring berkembangnya teknologi, tidak sedikit pun teknologi yang disediakan guna untuk meningkatkan konsentrasi. Jika Anda adalah salah satu orang yang sulit berkonsentrasi, carilah program-program yang dapat membantu Anda dalam berkonsentrasi.

 3.    Tentukan batas waktu setiap rapat

Hal ini dibuat agar Anda dapat teroganisir. Anda dapat lakukan rapat dalam waktu 1 jam. Setengah jam untuk presentasi, dan setengah jam kemudian untuk diskusi. Dengan adanya manajemen waktu yang tepat, maka itu dapat membuat Anda dapat menggerakan orang lain lebih efisien. Biasanya orang tidak memerlukan waktu seperti yang mereka minta. Jangan sungkan untuk menjadi kejam dalam hal ini, sehingga Anda dapat fokus pada tugas yang lebih penting.

 4.    Buatlah ritual produktivitas Anda

Salah satu contoh untuk mengotomatiskan perilaku yang akan membuat Anda lebih produktif, yaitu dengan cara memprioritaskan satu tugas dalam satu hari dan mulailah hari dengan focus mengerjakan tugas itu. Karena dengan memaksakan diri untuk menyelesaikan tugas banyak dalam sehari, membuat Anda cepat lelah dan keteteran. Sehingga bukannya menyelesaikan banyak tugas, malah tidak ada satupun yang terselesaikan. Fokuslah dalam satu hal, jika sudah selesai baru lanjutkan dengan satu tugas lainnya. Dengan ini produktivitas kerja Anda akan lebih meningkat.

 5.    Bangunlah lebih pagi

Menurut penelitian, pagi hari adalah penentu Anda akan sukses atau terpuruk pada hari itu. Setlah otak Anda dengan “mind over mattress” untuk memotivasi diri Anda untuk bangun dari tempat tidur dan mengejar pekerjaan Anda. Tetapi tidak dapat dipungkiri hal ini tergolong sangat sulit. Jadi, saya menyarankan supaya Anda memulainya perlahan-lahan dengan cara bangun 15 menit lebih awal dari jam biasa Anda bangun.

shutterstock_77286451

(source: www.tbkcreative.com)

 6.    Kelompokkan interupsi Anda

Buatlah suatu list pertanyaan yang mengganggu Anda selama Anda bekerja seharian. Kemudian di akhir pekerjaan, Anda dapat menyerahkannya ke pimpinan Anda. Hal ini selain bertujuan agar Anda tidak mengganggu aktivitas orang lain, tetapi bertujuan agar Anda tidak mengurangi waktu bekerja Anda dengan hal-hal yang belum tentu dapat dijawab secara langsung oleh pimpinan Anda.

 7.    Lakukan outsourcing pada tugas Anda

Orang yang produktif adalah orang yang selalu bagaimana menghabiskan energi mereka, dan tidak menyia-nyiakan tugas mereka. Lakukanlah analisis biaya atau manfaat tentang bagaimana Anda menghabiskan waktu Anda. Kemudian, lihatlah apakah hal itu layak untuk dilakukan.

 8.    Buatlah aturan pada email untuk menjaga ‘kewarasan’

Maksudnya adalah jangan jadikan email salahsatu alasan membuat Anda lelah. Banyaknya email yang masuk terkadang membuat Anda hilang kesadaran. Oleh karena itu, analisislah kebiasaan email Anda, kemudian set up email Anda agar Anda tidak membuang waktu hanya untuk membalas email.

 9.    Tangkap semua ide-ide kreatif

Cara terbaik untuk memiliki ide bagus adalah memiliki banyak ide. Kebanyakan pemimpin memiliki banyak ide bagus, namun menangkap semua ide-ide ini adalah tantangan orang-orang sibuk yang biasanya tidak berada di kantor. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara efektif bagaimana pemimpin mengumpulkan semua ide tersebut dan mereaslisasinya. Salah satu cara yang paling mudah dan saya anjurkan adalah dengan menggunakan Evernote. Evernote adalah salah satu program yang berfungsi untuk mengumpulkan ide-ide.

Tangkap semua ide kreatif dan tingkatkan produktivitas kerja

(source: colourbox.com)

 10.  Tingkatkan efektivitas Anda dengan teknologi

Ada banyak program yang dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas kerja. Salah satu contoh yang paling populer adalah Dropbox. Dropbox digunakan untuk menyimpan file secara online. Kemudian ada juga Basecamp yang digunakan untuk memanajemen project suatu perusahaan.

 11.  Jangan kehilangan informasi penting. Simpan lalu baca nanti

Jangan lewatkan informasi penting karena Anda terburu-buru dan tidak punya waktu untuk membaca. Ada banyak program yang dapat membantu Anda meraup informasi untuk dibaca nanti. Salah satunya adalah Instapaper, yang memungkinkan Anda untuk menyimpan halaman web lama untuk dibaca ketika Anda punya waktu.

12.  Jangan sungkan belajar dari orang lain

Setiap orang memiliki keunggulannya masing masing. Jadi Anda tidak harus takut ataupun malu untuk belajar dari pengalaman orang lain. Anda bisa mencarinya di Google, ataupun baca majalah-majalah tentang bisnis.

Hal-hal diatas sebenernya tidak sulit untuk dilakukan. Hanya saja butuh waktu untuk menyesuaikannya. Selain 12 tips tersebut, jangan lupa ada 1 kunci yang paling kuat jika Anda ingin meningkatkan produktivitas kerja Anda, yaitu niat. Kalau kita sudah memiliki niat, semua pasti ada jalan.

Ryan Gondokusumo

Founder Sribu.com, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 1.500+ pelanggan. Pengalaman lebih dari 7 tahun di bidang UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing dan retail.