Mengapa Partisipasi Klien SANGAT Penting Dalam Kontes Desain?

Why I don't get what I want

Source: www.ideachampions.com

Minggu lalu saya menghadapi sebuah kasus di salah satu kontes di Sribu.com. Seorang klien komplain ke saya dan mengatakan bahwa jasa di Sribu.com tidak memuaskan. Saya cukup heran mengapa klien tersebut berkata demikian karena selama ini kami telah melayani hampir dari 500 klien dan semuanya senang dan puas dengan desain yang didapat. Setelah saya selidiki, saya menemukan apa yang terjadi di kontes desainnya, yang menyebabkan partisipasi desainer di kontes tersebut sangat rendah karena….Tidak ada komunikasi dan keterlibatan dari klien.

Sebagai klien, perlu diingatkan sekali lagi bahwa dengan membayar sebuah kontes dan membiarkannya berjalan selama 7 hari dengan harapan mendapatkan banyak desain adalah sebuah KESALAHAN BESAR. Konsep kontes desain atau yang disebut crowdsourcing desain di Sribu.com adalah proses yang memerlukan interaksi yang sangat dalam dan detil dari kedua belah pihak yaitu desainer dan klien.

Partisipasi klien sangat berpengaruh sekali terhadap kualitas desain yang dihasilkan oleh para desainer. Mengapa demikian? Karena desainer memerlukan masukan dari sang klien terhadap desain yang telah mereka buat. Tidak ada desain yang dapat langsung memecahkan masalah klien seratus persen ketika pertama kali dibuat. Revisi sangat diperlukan agar desain betul – betul sesuai dengan permasalahan dari klien.

 

Dimulai Dari Brief

Langkah pertama dimulai dari brief kreatif dari klien sendiri. Brief yang sangat lengkap dan sangat jelas dapat membantu desainer kami untuk menyelesaikan masalah klien dengan membuat desain yang bagus sesuai dengan permintaan klien. Partisipasi klien sangat besar dalam pembuatan brief yang sangat lengkap dan jelas sebagai langkah awal dalam pembuatan desain yang berkualitas tinggi.

kreatif brief

Kreatif brief yang lengkap….

Klikfix

…menghasilkan desain yang tepat

Masukan/Komentar dari Klien

Kedua yang tidak kalah pentingnya adalah feedback atau masukan dari klien. Desain yang telah masuk di platform Sribu.com harus diberi masukan/komentar agar para desainer kami dapat merevisi desainnya supaya lebih jelas lagi dan dapat memecahkan masalah dari klien tersebut. Tanpa masukan/komentar, para desainer kami tidak dapat melakukan revisi, dan itu sangat berpengaruh pada kualitas desain yang mereka hasilkan. Partisipasi klien juga dapat memberikan gairah kepada desainer kami, sehingga jumlah partisipasi semakin tinggi.

partisipasi klien

Berikanlah desainer anda feedback/masukan agar mereka paham apa yang anda inginkan

Klien yang tidak aktif dalam berkomunikasi dengan para desainer juga dapat mengakibatkan dari jumlah desain yang dihasilkan oleh para desainer, selain dari kualitas. Jika klien aktif dalam berkomentar/member masukan, otomatis para desainer juga lebih bersemangat dan tertarik untuk berpartisipasi dalam pembuatan desain untuk memecahkan masalah klien, meskipun hadiah/bayaran yang diberikan tidak terlalu tinggi.

Kesimpulan

Pada dasarnya desainer ingin mencoba untuk memecahkan masalah klien seperti halnya dengan konsultan. Namun, jika klien sendiri tidak pernah melakukan timbal balik atau komunikasi dengan desainer/konsultan itu sendiri, bagaimana mereka dapat memecahkan masalah anda. Luangkanlah waktu anda untuk berkomunikasi dengan desainer – desainer kami untuk mendapatkan kualitas desain yang sangat maksimal, sesuai dengan permasalahan anda. Partisipasi klien sangat berpengaruh besar dari awal pembuatan sampai pada proses terakhir dari sebuah desain berkualitas.

Design Is a Process, Not a Methodology – Pabini

email
  • denikian

    waa… ini… komunikasi… feedback…
    yg sering dibutuhkan oleh para desainer dari para CH, atau sebaliknya

    Kalah dlm kontes gpp..
    tapi komunikasi yg dibangun, akan semakin ‘mampu’ (boleh dikasih tanda petik, garis miring, capital dan tebal) menghasilkan desain yg ‘terbaik’

    • http://www.sribu.com/ Ryan Gondokusumo

      @denikian:disqus: Ujung-ujungnya adalah membangun relasi antara klien dan desainer. Apabila klien suka atau senang dengan hasil karya dan komunikasi yang sopan seorang desainer. Lain kali kemungkinan desainer tersebut untuk bisa dipilih lagi desainnya atau diberikan pekerjaan tambahan lagi oleh klien lebih besar. Itulah mengapa penting untuk membangun hubungan yang harmonis antara keduanya.