Sebagai pemilik usaha, tentunya Anda akan memikirkan berbagai cara agar bisnis Anda terus berkembang. Salah satunya mengembangkan usaha Anda menuju online. Atau mungkin sebagai pemula, Anda berpikir untuk memulai ide usaha Anda secara online? Semua itu sah-sah saja! Namun yang saat ini perlu untuk dipikirkan adalah bagaimana cara membuat website dan hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat website.

1. Temukan Pelayanan yang Tepat

  best-wordpress-hosting-680x365

Cara pertama yang dibutuhkan untuk membuat sebuah website yang baik dan juga cocok dengan keinginan Anda, dibutuhkan suatu perencanaan yang detail sehingga Anda mendapatkan pelayanan yang tepat sesuai dengan kebutuhan pembuatan website nantinya. Apa sajakah perencanaan yang dimaksud?

– Website yang Anda inginkan

Website seperti apa yang Anda inginkan akan sangat mempengaruhi jasa hosting yang dibutuhkan dalam membangun website. Pastikan website yang Anda inginkan sesuai dengan tujuan perusahaan dalam membuat website tersebut.

–  Cari jasa building website gratis

Terdapat banyak sekali pilihan jasa building website, dari yang gratis, hingga yang mahal. Namun tentunya masing-masing jasa building website memiliki plus dan minusnya. Anda bisa mengecek sendiri jasa building website yang telah tersedia seperti WordPress, Webs, Drupal, Google sites dan lain-lain.

–  Bandingkan pelayanan

Biasanya, setiap jasa hosting gratis memiliki perbedaan masing-masing. Bandingkan setiap jasa building website yang Anda jumpai, dan pilih jasa building website mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan yang tentunya meminimalisir jumlah uang yang harus Anda keluarkan.

– Pilih tema website yang sesuai

Pada saat membuat sebuah website, Anda akan diharuskan untuk memilih tema yang sesuai dengan keinginan Anda. Jenis konten website yang akan diinput tentunya akan sangat berpengaruh terhadap pemilihan tema yang digunakan.

–  Pikirkan berapa dana yang akan dibutuhkan

Setelah memikirkan secara detail apa saja hal yang dibutuhkan dalam pembuatan website, tuliskan juga berapa dana tambahan yang dibutuhkan. Akan lebih baik lagi jika Anda dapat menganggarkan dana untuk beriklan. Perencanaan ini dibutuhkan agar pembuatan website dapat berjalan dengan lancar.

2. Membuat Website

 coming-soon

Setelah selesai mempersiapkan berbagai rencana dan gambaran umum seputar website yang ingin dibuat, cara berikutnya untuk membuat website adalah dengan melakukan berbagai langkah mudah sebagai berikut:

– Daftarkan Akun Anda

Sebelum Anda mulai membuat website, tentunya Anda perlu mendaftarkan akun Anda terlebih dahulu. Pastikan akun yang akan Anda gunakan selalu aktif sehingga memudahkan Anda untuk mengakses website yang akan dibuat.

– Beli Nama Domain yang Diinginkan

Anda tentu akan membutuhkan nama untuk domain website Anda. Pastikan nama domain yang Anda inginkan tersedia dan dapat Anda beli segera.

–  Desain Website Anda

Desain website Anda dengan baik sehingga website Anda tampak begitu menarik di mata target market. Tidak lupa juga untuk mengecek jasa hosting yang Anda gunakan, apakah tampilan dalam website dapat diubah melalui CSS atau HTML.

–  Tambahkan Konten Berkualitas

Begitu website Anda sudah terbentuk, jangan lupa untuk memasukkan konten yang tentunya sesuai dengan tujuan Anda membuat website tersebut. Jika Anda ingin membuat online shop, pastikan Anda memasukkan foto dan deskripsi mengenai produk maupun jasa yang akan Anda tawarkan melalui website tersebut. Namun jika Anda ingin membuat blog, jangan lupa untuk memasukkan konten populer yang sedang banyak dibicarakan.

– Publish Website Anda

Jika website sudah terlihat bagus dan sesuai dengan keinginan Anda, website langsung dapat dipublish!

3. Kembangkan Website Anda

 seo marketing

Setelah website Anda selesai dibuat, maka Anda masih harus melakukan berbagai hal lain yang dapat mengembangkan usaha Anda melalui website, seperti:

–  Tambahkan Konten

Update terus website Anda dengan menambahkan konten secara berkala sehingga website Anda semakin up-to-date di bidangnya dan juga menarik perhatian target market Anda.

–  Datangkan Passive Income

Passive income melalui website? Tentu tidak mustahil! Cek apakah jasa hosting yang Anda gunakan memperbolehkan pemasangan iklan, lalu cari tahu syarat dan ketentuan yang berlaku.

–  Perkenalkan Website Anda

Jangan sampai lupa untuk memperkenalkan website yang telah Anda buat dengan susah payah. Beri tahu melalui berbagai cara  mengenai setiap konten yang baru saya ditambahkan pada website Anda sehingga website Anda menjadi lebih dikenal masyarakat.

– Lakukan Kegiatan SEO

Di era yang serba mudah ini, banyak sekali masayarakat yang menggunakan search engine sebagai salah satu alat untuk memperoleh berbagai informasi. Maka dari itu, pengoptimalisasi search engine sangat dibutuhkan agar website Anda mudah untuk dicari target market.

Dengan mengikuti cara membuat website pada paragraf-paragraf sebelumnya, Anda dapat membuat website sesuai kebutuhan dengan mudah dan cepat. Bagi Anda yang ingin memaksimalkan website yang Anda miliki, berikan tampilan website yang menarik sehingga user yang masuk ke website Anda semakin jatuh hati kepada perusahaan Anda.

Melalui desain website yang baik, Anda juga dapat memudahkan user untuk mencari hal yang mereka butuhkan sehingga website Anda menjadi lebih berguna dan membawa manfaat bagi user. Dengan menggunakan jasa desain website profesional dari Sribu.com, Anda akan menerima puluhan hingga ratusan pilihan desain website dalam waktu singkat dan juga harga yang terjangkau. Tunggu apa lagi? Dapatkan segera desain website pertama Anda dari Sribu.com sekarang juga!


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G