CM 1

Banyak startup gagal karena ide-ide mereka yang benar-benar buruk. Tapi, banyak juga dari mereka yang tidak berhasil berkembang karena pemasaran yang buruk. Ya, mereka begitu fokus pada produk, sehingga lupa bahwa pemasaran yang buruk tidak akan bisa menjual produk terbaik sekalipun.

Untungnya, dengan content marketing, startup memiliki strategi pemasaran yang terjangkau, tetapi sangat efektif yang dapat menghasilkan ROI cukup cepat. Berikut adalah tiga hal yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan content marketing untuk mengembangkan bisnis:

1. Ceritakan kisah startup Anda.

Produk yang hebat dapat dijual, tapi cerita yang hebat dapat memengaruhi. Sebagai startup, harus bisa menjual produk yang luar biasa dan juga dapat menceritakan kisah besar tentang startup Anda. Tapi jangan mengubah cerita menjadi momen latihan PR. Kisah itu diceritakan karena itu layak dibagikan dan memberikan target pelanggan ide yang jelas tentang prinsip-prinsip startup, tujuan jangka panjang dan bagaimana startup Anda dapat menambah nilai bagi kehidupan mereka.

CM 2

Buat video yang merangkum cerita startup Anda di website. Ceritakan tentang tantangan yang Anda hadapi ketika menjalankan bisnis kecil itu, dan mengapa Anda percaya itu bisa bermanfaat. Hal ini akan menimbulkan emosional positif dalam cerita. Ingat, kebanyakan orang suka cerita tentang “menaklukan peluang” dan “happy ending“.

2. Memberikan solusi.

Mengidentifikasi titik-titik masalah target pelanggan dan membuat konten yang menawarkan solusi. Anda tidak perlu menjadi seorang peramal untuk membidik berbagai masalah yang dialami pelanggan. Carilah berbagai data dan informasi mengenai target pelanggan di media sosial ataupun berbagai forum pelanggan.

CM 3

Buatlah daftar poin masalah yang populer dan temukan ide-ide konten yang memberikan solusi. Setelah mendapatkan ide-ide ini, gunakan format konten yang paling efektif untuk menyelesaikan masalah mereka.

Langkah terakhir adalah untuk menjangkau influencer dalam forum dan membujuk mereka untuk mempublikasikan content marketing Anda.

3. Optimalkan penggunaan Haro

Haro singkatan dari Help a Reporter Out. Ini adalah layanan web yang membantu menghubungkan wartawan yang haus akan sumber dengan pemasar konten yang haus pubilkasi. Jika HARO digunakan dengan benar, itu salah satu cara yang lebih baik untuk meningkatkan visibilitas startup Anda. Apapun industri startup Anda, ada seorang jurnalis di luar sana mencari informasi tentang hal yang sama. Haro adalah platform yang menyederhanakan distribusi konten dan membuatnya lebih mulus mencapai target. Terlebih lagi, Anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya saat menggunakan Haro.

CM 4

Sebagai pemilik startup, Anda dituntut lebih kreatif dalam mengiklankan produk. Anda harus memaksimalkan distribusi barang sepanjang waktu, uang dan usaha yang Anda habiskan dalam mempromosikan produk atau jasa. Di sinilah content marketing muncul sebagai pilihan yang relatif murah dan efektif. Jika digunakan dengan baik, pasti akan memberikan hasil yang Anda cari.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.