Improve branding

“Membangun brand awareness membutuhkan kesabaran dan ketekunan” Sahut Dieter Rams

Membangun brand awareness membutuhkan sebuah strategi marketing. Saat ini strategi marketing beragam termasuk diantaranya adalah talkable marketing atau yang disebut juga sebagai Word of Mouth Marketing (WOM).

Pernahkah anda menyadari saat kita menjadi target marketing maka kebanyakan dari kita langsung menolak dan menjauh serta merasa tak nyaman. Namun tentu hal ini amat berbeda ketika mendengarkan sebuah cerita, anda membuka diri merasa santai dan mendengarkan.

Sulit untuk mendapatkan sasaran marketing bahkan walau hanya 30 detik namun setiap orang mau menyediakan waktunya selama 30 menit untuk mendengarkan cerita yang hebat.

Kekuatan dari brand storytelling tidak berakhir dengan penerimaan dari message yang ingin disampaikan. Namun kekuatan dari brand storytelling tersebut masih tetap ada dalam seberapa jauh sebuah pesan disampaikan oleh fans. Saat audiens merasakan bahwa content tersebut menyenangkan, berguna atau keduanya maka tanpa diminta mereka akan menyebarkannya dengan cara mereka sendiri seperti misalnya comments, links, rating dan versi baru. Inilah yang disebut kekuatan dari WOM karena menciptakan sebuah brand yang banyak dibicarakan orang.

Berikut 3 tips membangun brand awareness usaha Anda:

1. Ciptakan Pesan Yang Membuat Orang Ingin Menyebarkannya

Walaupun memang pesan marketing ditujukan untuk tujuan konsumtif namun tentunya tak cukup memberikan audiens anda pesan yang murni pesan marketing. Pesan marketing yang menarik akan membuat fans menyebarkan dan menciptakan content mereka sendiri. Tentu hal ini ada risikonya apalagi jika pesan marketing tersebut berupa parodi. Tetapi tentunya anda harus mau menanggung risiko jika ingin mendapatkan rewards.

photo source: demortalz.com

Warby Parker eyewear yang merupakan brand kacamata mendapatkan sekitar 1,000 foto dari fans mereka menggunakan kacamata brand mereka dan mempostingnya di Facebook Page.  Hal seperti ini memiliki efek yang besar dan mampu mencapai sasaran lebih dari yang diperkirakan.

2. Berikan Audiens Kesempatan Untuk Berpartisipasi

Audiens suka menjadi bagian dari sebuah event pada brand. Mendorong mereka untuk menjawab pertanyaan di facebook wall anda merupakan hal yang hebat. Apalagi mendorong mereka untuk mengklik tombol like di post facebook anda untuk memecahkan rekor dunia Guiness Book itu merupakan sesuatu yang benar-benar spesial.

Hal inilah yang dilakukan oleh Brand Oreo. Walaupun mereka memegang rekor tersebut hanya sebentar namun brand oreo berhasil untuk menaikan brand awareness, membuat brand mereka dibicarakan banyak orang dan membuat fans mereka menyebarkan pesan tersebut ke seluruh dunia.

3. Hargai Superfans Anda

Mudah untuk menjadi fans sebuah brand namun yang harus anda hargai adalah superfans anda. Superfans merupakan orang-orang yang setia menyebarkan dan mempromosikan brand favorit mereka dan menciptakan free marketing yang tiada batas.

Anda seharusnya menghargai orang-orang yang menjadi superfans ini karena mereka membawa hal-hal positif bagi brand anda.  seperti halnya yang dilakukan oleh brand WGN America mereka memberi rewards bagi para superfans “How I Met Your Mother” dengan Summer of The Superfan Campaign.

photo source: creativeguerillamarketing.com

Para superfan ini diundang untuk hadir ke New York pada acara diskusi roundtable dan promo shoot di McGee Pub dan akan memposting video mereka di page facebook dan youtube. Benar-benar sebuah hal yang menyenangkan bagi para superfans karena brand favorit mereka memberikan sesuatu yang spesial untuk mereka.

menyebarkan pesan marketing via social media seperti facebook ataupun twitter page membutuhkan kreativitas. Desain facebook fanpage dan twitter page yang unik  juga menciptakan minat orang untuk mengunjunginya.

Anda bisa mendapatkan desain unik dan berkualitas bagus ini di Sribu, penyedia jasa desain nomor satu berkonsep crowdsourcing di Asia Tenggara. Mengapa crowdsourcing amat menguntungkan? tunggu alasannya di artikel selanjutnya.

Dapatkan desain – desain menarik di Sribu untuk kebutuhan membangun brand awareness usaha Anda sekarang.


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G