organisasi bisnis 1

Menjadi seorang pengusaha bisa membuat Anda seolah berjuang sendiri. Memang ada karyawan atau Anda mungkin menghabiskan waktu dikelilingi oleh pelanggan, tapi ketika kesuksesan atau kegagalan datang, Anda harus menanggungnya sendiri.

Solusi terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan bergabung di organisasi kewirausahaan. Ada banyak organisasi berbasis wirausaha yang ada di Indonesia, sebut saja HIPMI, APINDO, dan berbagai organisasi lain yang berada di tingkat daerah maupun nasional. Banyak sekali manfaat yang bisa didapat dalam mengikuti organisasi. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

1. Memperoleh Jaringan

Business Communication Duplicate model

 

Salah satu pertanyaan yang umum ditujukan pada pengusaha adalah, rekomendasi pada produk yang dapat memenuhi kebutuhan khusus atau pertanyaan tentang bagaimana menangani tantangan bisnis tertentu. Pertanyaan seperti itu hanya bisa dijawab setelah Anda mempunyai pengalaman. Organisasi kewirausahaan dapat membantu Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini melalui forum anggota, sesi tanya-jawab dan banyak lagi. Tapi jika Anda membutuhkan bantuan lebih banyak, banyak jaringan yang bisa didapat dari organisasi seperti ini.

2. Mentoring

organisasi bisnis 3

Sebagian besar organisasi kewirausahaan mempunyai anggota yang siap membantu anggota lain – baik secara online maupun bertemu langsung – sehingga antar anggota dapat saling terhubung. Komunikasi yang dibuat oleh jaringan ini dapat menghasilkan hubungan kuat di kedua arah. Temukan mentor yang dapat membimbing Anda melalui organisasi kewirausahaan untuk menghadapi tantangan bisnis dan dapatkan tips-tips dari para pemilik bisnis sukses. Selain itu, Anda juga bisa bertemu dengan sesama pemilik bisnis berkembang sehingga bisa saling bertukar informasi penting.

3. Diskon spesial

organisasi bisnis 4

 

Tentu saja, salah satu manfaat terbesar dari bergabung dengan organisasi yang anggotanya para pemilik bisnis adalah mendapatkan diskon. Selain itu, dengan banyaknya jaringan yang dimiliki organisasi ini, juga menawarkan kemitraan pendidikan yang membantu anggota mendapatkan akses ke program-program tertentu.

4. Sumber Membangun Merek

organisasi bisnis 5

Manfaat besar lainnya adalah Anda dapat memanfaatkan semua jaringan yang ada untuk membangun merek atau branding. Anda dapat menggunakan strategi pemasaran digital, ini akan memberikan kontribusi positif dan membantu Anda meningkatkan penjualan yang cukup signifikan. Manfaatkanlah semua kesempatan ini. Anda tidak pernah tahu kapan kesempatan akan datang lagi, dan kesempatan mana yang benar-benar bisa bermanfaat.

Empat hal diatas hanya sebagian kecil dari manfaat dalam mengikuti organisasi. Ketika Anda memutuskan untuk wirausaha, maka Anda harus mulai terlibat dengan banyak orang. Mengembangkan bisnis akan lebih mudah ketika Anda mempunyai banyak jaringan. Mulailah terhubung dengan lebih banyak orang dari berbagai bidang bisnis.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.