optimasi waktu

Setiap orang punya kebiasaan berbeda untuk memulai hari setelah bangun tidur. Ada yang berolah raga sebelum ke kantor, ada juga yang menghabiskan waktu membaca berita online sambil menikmati secangkir kopi. Tetapi agar waktu yang dilalui  teroptimalkan waktu selama sehari penuh Anda harus menemukan prioritas dan membuat rencana ke depan. Berikut ini adalah pendekatan dalam membuat waktu optimal sebagai pengusaha di tahun 2015.

1. Jangan mengikuti sistem satu ukuran cocok untuk semua.

Setiap orang punya cara berbeda menghabiskan waktu. Prioritas dan tuntutan yang berbeda menjadi penyebabnya. Paling terpenting adalah untuk membuat rencana individual yang sesuai untuk Anda berdasarkan semua faktor yang ada. Saya percaya tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua pendekatan dan bahwa semua orang perlu untuk mengoptimalkan semua aspek kehidupan mereka secara individual.

optimasi waktu 3

2. Luangkan waktu untuk berkomunikasi langsung.

Sebagai pengusaha, menjaga komunikasi sangatlah penting. Seringkali, ada penyimpangan dalam komunikasi melalui teks, email atau bahkan telepon. Sementara orang berpikir ini bentuk digital komunikasi yang membuat mereka lebih efisien dan sosial, sudut pandang ini tidak sepenuhnya benar. Interaksi konstan melalui teknologi digital mencegah orang terlibat dalam komunikasi fisik dan semakin bergantung dengan teknologi. Orang sering lupa betapa lebih efisien waktu jika dapat menjauh dari komputer, lalu bertemu dengan seseorang secara personal dan membangun jaringan. Kita sering lihat betapa anehnya ketika beberapa ornag duduk berdampingan dalam satu meja tapi sibuk dengan gadget masing-masing. Ini menyedihkan.

3. Buat agenda.

Jika merasa waktu Anda tidak dialokasikan secara efisien atau tidak yakin untuk apa saja waktu yang dihabiskan dalam sehari, waktunya membuat daftar agenda. Membuat agenda akan membantu Anda mengidentifikasi apa kegiatan yang memakan banyak waktu dan akan membantu mengidentifikasi mana yang harus dikurangi alokasi waktunya, atau mana prioritas yang bergeser.

Agenda ini dapat dibuat sederhana dengan berbagai tools modern, juga memberikan gambaran nyata dimana seseorang menghabiskan waktunya. Merupakan cara yang baik untuk menilai apakah penyesuaian harus dilakukan. Sehingga Anda akan lebih mudah terhindar dari kegiatan tidak produktif.

optimasi waktu 2

4. Rencana ke depan.

Buatlah rencana yang jauh untuk ke depan, bahkan untuk tahun 2015. Penjadwalan rapat dan berbagai acara yang akan diadakan jauh hari akan membuat acara tersebut menjadi lebih terrencana. Komunikasikan rencana dan jadwal ini pada rekan kerja maupun karyawan agar mereka juga punya persiapan, dan dapat mengoptimalkan waktu mereka. Mengintegrasikan tips ini dalam mempertimbangkan prospek di tahun baru dapat menjadi titik yang menentukan dalam keberhasilan sebagai pengusaha.

Sangat mudah untuk terjerat dalam kesibukan dengan berbagai tugas baik dalam posisi sebagai pengusaha ataupun tugas mengurus keluarga. Dibutuhkan keahlian dalam mengelola keluarga sekaligus bisnis. Pada akhirnya, ini bukan tentang menghitung jumlah menit dalam sehari, melainkan mengoptimalkan waktu Anda dengan beberapa kegiatan dan menjalani hidup yang bermakna.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.