Idea

Mereka yang menetapkan hati untuk menjadi pewirausaha pastinya menyadari bahwa memulai suatu bisnis selalu penuh dengan risiko, dan tidak ada yang bisa menjamin usaha Anda akan menuai kesuksesan. Namun, hal itu bukannya membuat gentar, justru membuat para wirausahawan semakin tertantang untuk menaklukkan hari demi hari demi tercapainya impian mereka. “Itulah seninya”, demikian mereka sering kali berujar.

Memang, tidak ada aturan baku yang bisa memastikan bahwa suatu bisnis akan berakhir dalam kesuksesan atau kegagalan, namun wirausahawan sukses umumnya memiliki beberapa kualitas yang jarang dimiliki oleh golongan dari pemilik profesi lainnya. Apa saja kualitas tersebut? SCORE, sebuah organisasi nirlaba yang bertujuan untuk membantu para pemilik usaha kecil dan menengah, belum lama ini menerbitkan infografik yang menampilkan hal-hal yang seringkali menjadi kunci sukses para wirausahawan. Mari simak bersama apa saja temuan yang dibagikan SCORE tersebut.

1. Pengalaman profesional

konsep desain

Berbekal pengalaman profesionalnya, para pemilik usaha akan lebih mahir dalam membuat keputusan-keputusan bisnis yang penting. Wirausahawan dengan sepak terjang yang baik dua setengah kali lebih baik dalam meraup lebih banyak keuntungan; 3,6 kali lebih sukses menggaet pelanggan-pelanggan baru, dan 52% lebih aman dari kepailitan. Setidaknya, itulah data yang ditampilkan dalam infografik dari SCORE.

 

2. Rencana bisnis

business-plan-writer

Sebelum memulai wirausaha, ada baiknya Anda meluangkan sedikit waktu untuk membuat rencana bisnis yang detil. Tak hanya dapat memberikan arahan bisnis yang lebih pasti, rencana bisnis juga dapat memperbesar peluang kesuksesan Anda. Menurut temuan SCORE, wirausaha yang memiliki rencana bisnis yang jelas memiliki peluang sukses yang dua kali lebih besar ketimbang bisnis yang tidak berencana. Usaha yang didasari oleh rencana bisnis yang jelas juga memiliki pertumbuhan bisnis yang lebih tinggi, dan lebih mudah mendapatkan suntikan dana, serta pinjaman dan investasi dari pihak ketiga.

 

3. Pribadi yang positif

Enjoying the sun

Jangan berpikir Anda akan bisa meraih sukses sebagai wirausahawan hanya dengan menjadi diri Anda sendiri. Apalagi, jika Anda termasuk pribadi yang super agresif, dan kurang luwes bergaul dengan orang lain. Jika kita perhatikan, wirausahawan yang sukses dipenuhi dengan aura yang positif, dan memiliki tingkah laku yang positif juga, seperti sifat yang terbuka dan mudah mempersuasi pihak lainnya. Sebaliknya, tingkah laku yang sering kali mendatangkan kegagalan adalah narisisme atau kepercayaan diri berlebihan, kebiasaan berdalih dan membuat alasan untuk menutupi kesalahan diri, serta emosi yang tidak stabil. Sementara itu, sifat agresif di satu sisi memang baik dimiliki para pemilik wirausaha, namun hati-hati agar tidak keterusan dan menjadi agresif membabi-buta, karena hal itu sama sekali tidak membantu, demikian disampaikan oleh SCORE.

 

4. Mentor yang baik

home000

Seperti yang sudah Sribu utarakan di awal, banyak sekali rintangan dan tantangan dalam memulai sebuah usaha baru. Oleh sebab itu, tidak dianjurkan untuk memulai usaha tanpa dukungan pihak lain. Contohlah banyak wirausahawan yang sukses, yang pada saat awal pembentukan bisnisnya, banyak mencari bantuan dari mentor atau panutan, setidaknya untuk tempat bertanya, dan memastikan mereka berada pada jalur yang tepat menuju sukses. Wirausahawan yang bekerja bersama dengan seorang mentor tiga kali lebih berpotensi meraih kesuksesan bisnis, tujuh kali lebih berpotensi mendapatkan suntikan dana, dan tiga setengah kali lebih berpeluang untuk menarik minat publik terhadap produk dan jasanya. Demikian dituturkan dalam infografik SCORE. Mereka juga berpeluang lebih baik untuk tetap bertengger. Terbukti, meskipun banyak sekali bisnis yang terpaksa gulung tikar dalam waktu satu tahun, 84% bisnis yang didampingi mentor tetap bertahan selama dua tahun – bahkan lebih.

———————————————————————————————————-

Sribu berharap, empat kualitas yang dimiliki para pemilik wirausaha tadi bisa menginspirasi Anda yang sedang berpikir untuk memulai bisnis Anda sendiri. Jika Anda membutuhkan panduan bisnis lainnya, Anda bisa mengunjungi blog Sribu.com. Anda juga bisa mem-plus one Google+ Sribu, me-like Facebook Sribu, serta mem-follow Twitter Sribu untuk mendapatkan update terbaru seputar bisnis dan dunia desain grafis.

Sekali lagi, jika Anda tengah mempertimbangkan pro-kontra untuk memulai bisnis wirausaha Anda sendiri, Sribu ingatkan bahwa memulai suatu usaha sama sekali tidak mudah. Namun, Anda pasti bisa melaluinya dengan bantuan dari pihak-pihak lainnya, termasuk Sribu.com. Untuk memudahkan semua pekerjaan Anda dalam mempersiapkan marketing collateral bisnis Anda, seperti logo, stationery, sampai website dan packaging, Sribu akan membantu Anda dengan harga yang sangat kompetitif. Klik disini untuk info lebih detail.

(*) Credits:

Mashable.com


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • m huda

    izin copas gan….