FreeGreatPicture.com-26261-cooperation-handshake4

Untuk megembangkankan startup, tentu dibutuhkan modal. Modal ini bisa saja didapatkan dari orang luar perusahaan Anda. Para pemodal, investor, dan bank semua mengevaluasi investasi pada empat hal dasar yang sama. Para pemilik modal tentu ingin keuntungan – atau minimal tidak mengalami kerugian, dan mereka akan terus mengawasi startup Anda dari tahap awal hingga setiap inovasi yang dilakukan. Untuk menarik investor, fokuslah pada empat hal ini:

1. Strategi yang berbeda secara berkelanjutan.

Tunjukkan apa yang spesial dari startup Anda dan bagaimana cara mengelola starup tersebut. Apakah penawaran Anda fresh dan punya solusi berbeda untuk pelanggan? Apakah biaya yang ditawarkan lebih rendah atau mempunyai layanan yang lebih baik?  Tunjukkan bahwa Anda memiliki sesuatu yang berbeda, dan itulah yang diinginkan target pasar. Pada kasus tertentu, beberapa bisnis tumbuh dan berkembang dengan perbedaanya.

strategy1

2. Kami adalah tim yang tepat untuk jenis startup ini. Untuk tahap awal bisnis, tim adalah aspek yang paling penting bagi investor, karena pasar dan produk mungkin belum ada. Bagaimana kombinasi dari ketrampilan masing-masing anggota tim dan pengalaman mereka, serta pemimpin tim yang berpotensi membawa kemenangan?

people03

3. Model bisnis kami akan menghasilkan uang. Uang – laba dan arus kas – pada akhirnya adalah sebuah nilai. Dalam perjalanan menuju profitabilitas, perusahaan Anda mungkin akan menjadi bernilai strategis, dan mungkin diakuisisi dengan cepat atau melakukan IPO (Initial Public Offering) ketika investor publik percaya Anda akan segera menghasilkan laba. Anda harus menunjukkan bagaimana model bisnis – biaya untuk mengakuisisi dan layanan pelanggan – akan menguntungkan. Memahami struktur margin dari perusahaan serupa dan menunjukkan bagaimana Anda dapat melebihi kompetitor.

holding-a-stack-of-money

4. Ukuran pasar. Investor ingin tahu bahwa startup Anda punya banyak kesempatan untuk tumbuh. “Anda tidak dapat membuat perusahaan besar di pasar yang kecil,” adalah salah satu hal penting yang harus dipahami. Startup adalah perusahaan baru, mungkin belum ada ukuran pasar saat ini, sehingga fokus pada total pasar yang dapat diciptakan. Lakukan riset pasar untuk mengetahui potensi perusahaan Anda di pasar konsumen.

marketshare

Itulah empat hal utama dalam startup yang ingin diketahui oleh para investor, yang pada akhirnya akan menjadi pemodal. Anda harus secara jelas berkomunikasi tentang keadaan pasar, strategi, dan model perusahaan Anda. Selain itu juga dapat membuat business plan untuk diberikan pada investor.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.

  • Thanks Mas Dhiar atas advicenya.
    Ohya, di next artikel dengan topik ‘mencari investasi’ ini apa bisa di jelaskan lebih lanjut studi kasus/contoh tentang bagaimana pembagian saham/apa apa saja bentuk perjanjian kerjasama bagi hasil antara investor dengan pihak startup?