kualitas 1

Membangun sebuah bisnis bisa jadi lebih rumit dibandingkan dengan membangun keluarga yang harmonis. Setelah bisnis bisa berjalan, mempertahankan agar bisnis tetap berada pada titik yang diinginkan adalah tantangan berikutnya yang tidak kalah rumitnya. Disinilah kualitas menjadi kunci penting mempertahankan kesuksesan. Berikut ini langkah-langkah meningkatkan kualitas bisnis Anda.

1. Dokumentasikan proses Anda

Untuk bisnis kecil dan menengah dalam meningkatkan kualitas, proses harus konsisten pada seluruh divisi dan dari waktu ke waktu. Hal ini dapat disempurnakan dengan mendokumentasikan proses dan memastikan bahwa cara kerja selanjutnya dilakukan sesuai dokumentasi. Mendokumentasikan proses Anda bukanlah pekerjaan rumit, tapi peningkatan kualitas mensyaratkan bahwa suatu proses harus dilakukan secara konsisten.

kualitas 2

2. Mengidentifikasi masalah kualitas

Karyawan dan manajemen harus memandang masalah kualitas sebagai kesempatan untuk memperbaiki. Manajemen harus berhati-hati untuk tidak menyalahkan orang yang melaporkan masalah.

Tidak ada perusahaan yang ingin menemukan bahwa masalah kualitas ada dalam proses tersebut. Namun, perusahaan harus mengangkat isu-isu yang ada sebagai hal yang positif. Mereka tidak harus menyingkirkan orang yang mengangkat masalah. Cara seperti ini justru akan membuat karyawan takut dan lebih memilih menyembunyikan masalah yang ada.

Anda harus bisa mengelola karyawan dengan baik dan memberi penghargaan pada mereka yang mau terbuka dengan masalah yang ada.

3. Memperbaiki masalah untuk pelanggan

Keluhan pelanggan seringkali muncul karena mereka kurang puas atau kesalahan dalam melayani. Kebanyakan orang memahami hal itu. Persoalannya adalah bagaimana untuk bisa menangani keluhan pelanggan dengan baik. Jika ditangani dengan buruk, dapat mengakibatkan hilangnya pelanggan. Jika ditangani dengan baik, hasilnya bisa menjadi pelanggan setia dan merekomendasikan bisnis Anda kepada kerabatnya. Kuncinya adalah untuk bertanggung jawab penuh dan menjamin bahwa Anda memperlakukan pelanggan lebih dari standar.

Ketika terjadi masalah, menyelesaikan masalah pelanggan harus selalu menjadi prioritas utama.

kualitas 3

4. Pastikan bahwa masalah itu tidak terulang kembali

Setelah mengeksekusi  tiga langkah sebelumnya, kebanyakan perusahaan berhasil menutup masalah ini. Setelah itu, pelanggan merasa puas.

Masalah yang mendesak telah diselesaikan, namun pendekatan ini melewatkan kesempatan untuk mencegah masalah kualitas di masa depan. Sangat penting untuk bertanya, “Apa yang menyebabkan masalah ini, dan apa yang perlu kita lakukan untuk memastikan bahwa itu tidak terjadi lagi?” Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda dapat memperbaiki proses.

Inilah sebabnya mengapa dokumentasi proses dengan baik adalah langkah pertama untuk peningkatan kualitas. Ketika cacat dalam proses diidentifikasi, perbaikan secara cepat dapat dilakukan pada seluruh organisasi dengan cara yang sama.

Melakukan langkah-langkah di atas memang terdengar sederhana, tapi itu membutuhkan pendekatan kedisiplinan dan mengetahui kualitas yang diinginkan pelanggan. Jika dijalankan dengan benar, akan meningkatkan level bisnis Anda. Dalam jangka panjang, hasilnya akan sepadan dengan kerja keras yang sudah dilakukan.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah pernah mencoba dari 4 langkah untuk meningkatkan kualitas bisnis Anda sebelumnya? Yuk bagi pengalaman Anda melalui kolom komentar di bawah ini!


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.