iStock_000018975890Small-620x350Membuat even dapat menjadi strategi promosi untuk sebuah bisnis. Mulai dari pemotongan pita hingga penggalangan dana, semua bisnis kecil ingin menarik pelanggan agar mengikuti even yang mereka buat. Tujuannya tidak lain adalah untuk mengenalkan produk Anda kepada masyarakat luas yang diharapkan akan menjadi pelanggan potensial.

Membuat sebuah even yang tepat sasaran tidak bisa dilakukan dengan persiapan singkat. Anda harus membuat jadwal yang tepat, dan mengerahkan segala sumberdaya yang dibutuhkan. Misalkan Anda mempunyai bisnis dibidang kuliner, buatlah even yang dikaitkan dengan jam makan yang pas, seperti jam makan siang. Sehingga para pengunjung benar-benar dapat merasakan apa yang Anda tawarkan. Berikut empat langkah strategi promosi terbaik untuk even bisnis UKM:

Gunakan Media Sosial Yang Dirancang Even

Tentu saja media sosial ini tidak berbayar, dan media sosial saat ini memiliki jumlah pengguna hingga setengah jumlah penduduk di dunia. Dengan bantuan medial sosial, pengunjung akan tahu apa saja informasi dan even yang akan datang, akan lebih baik jika tidak hanya mencantumkan waktu, tanggal, dan tempat.

Twitter bird announce

Anda dapat memanfaatkan tools online yang tersedia di media sosial seperti facebook events untuk strategi promosi. Atau jika Anda mempunyai file desain undangan acara bisnis yang akan dikirimkan melalui pos, file tersebut dapat di upload di Instagram atau Pinterest. Media lainnya adalah TweetMyEvents atau TweetVite milik Twitter.

Jangan Abaikan Media Tradisional

Sebenarnya media tradisional di sini tidaklah suatu alat yang primitif. Kita tahu bahwa yang saat benyak bisnis kecil yang lebih tertarik untuk memanfaatkan sosial media. Tetapi ingatlah bahwa pengguna sosial media hanya separuh dari penduduk, jika Anda ingin menarik separuhnya lagi, tentu harus memanfaatkan media lain seperti Koran dan radio, atau bahkan televisi lokal jika Anda punya cukup modal. Strategi promosi seperti itu dapat mencakup semua segmen.

BMH.F.74.1-O

Kerjasama Dengan Lembaga Non-Profit

Membangun kerjasama dengan lembaga non-profit akan mendapatkan dua keuntungan, yaitu membantu kesejahteraan masyarakat sekaligus mengenalkan bisnis UKM Anda. Membangun kerjasama seperti ini juga dapat memenuhi syarat tanggung jawab sosial bisnis atau CSR (Corporate Social Responsibility). Pilihlah kegiatan yang sesuai dengan bisnis Anda dan sesuai dengan target maupun segmen pasar. Misalnya bisnis UKM batik tradisional menyediakan seragam untuk PKK secara gratis.

Buatlah Undangan Dengan Kalender Digital Online

calender

Setelah detail acara diatur, kirimkan undangan melalui email ataupun media lain kepada pelanggan setia Anda, dan jangan lupa ingatkan mereka untuk hadir. Jangan mengirimkan undangan untuk kedua kalinya, tetapi hanya sekedar pengingat saat acara sudah dekat, dan tentu saja singkat dan sederhana. Anda dapat memanfaatkan tools Calendar Invitation seperti milik Google.

Ketika Anda membuat suatu even untuk bisnis, sebenarnya tujuan dari strategi promosi seperti ini bukanlah untuk mendapatkan penjualan yang sangat banyak, tetapi buatlah pengunjung mempunyai kenangan saat hadir pada even tersebut. Sehingga mereka akan mengingat merek Anda saat akan membeli suatu produk. Dan yang terakhir dan tidak kalah penting, buatlah logo produk semenarik mungkin dan mudah diingat oleh pelanggan. Jadi tujuan utama dari strategi promosi dengan membuat even ini menjadi sempurna. Sesuaikan even dengan produk yang ditawarkan dan juga segmen dari produk. 


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.