Opportunity Ahead

Dengan segala berita tentang ekonomi yang tidak stabil ini, Anda bisa melakukan usaha untuk mendapatkan pendapatan tambahan melalui bisnis online. Hanya dengan mengandalkan koneksi internet, Anda bisa membayar kebutuhan sehari-hari, kebutuhan anak dan juga biaya rekreasi. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan bisnis sampingan berbasis online!

Sebuah bisnis sampingan online ini bisa menjadi solusi yang tepat. Bisnis sampingan online ini lebih mudah dimulai dan hanya memerlukan sedikit waktu dan uang. Bahkan Anda tidak memerlukan keahlian teknis, Anda bahkan bisa mengaturnya dengan beberapa jam seminggu. Bisnis online memang tidak perlu diragukan lagi keberhasilannya karena memiliki rekam jejak yang terbukti dengan probabilitas keberhasilan yang tinggi.

Sebenarnya ada satu kriteria penting lainnya, bidang bisnis online yang dipilih harus sempurna bagi Anda! Pengalaman telah membuktikan bahwa orang yang berbeda membutuhkan cara yang berbeda, dan tidak ada “satu ukuran cocok untuk semua” bisnis. Kemungkinan berhasil jauh lebih besar jika Anda melakukan sesuatu yang menyenangkan dan menarik bagi Anda.

Berikut adalah lima cara terbaik untuk menghasilkan uang tambahan dengan bisnis sampingan melalui internet:

1. Pemasaran Informasi

Kita berada di era informasi, dan internet menjadi media yang ideal untuk bertukar pengetahuan dan menghasilkan uang. Anda bisa menemukan banyak hal melalui internet, mulai dari tempat pemancingan terbaik, resep membuat kue, hingga cara bermain biola.

Coba ingat kembali berbagai hal yang Anda sukai dan bidang apa yang selama ini Anda kuasai. Hal tersebut bisa Anda ubah menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan uang tambahan. Hampir apapun yang Anda tahu dapat diubah menjadi uang tambahan. Jika Anda merasa diri Anda masih belum terlalu mahir di bidang tersebut, Anda tidak perlu terlalu khawatior. Selama Anda memiliki pengetahuan di atas pengetahuan orang awam terhadap bidang tersebut, Anda masih bisa menjalankan bisnis tersebut.

Namun, jika Anda merasa benar-benar tidak tahu atau tidak percaya diri tentang topik yang akan dibahas, Anda dapat mencari orang yang lebih paham dan hasilkan uang dengan cara itu! Hal ini semudah mewawancarai dokter hewan untuk membantu Anda menciptakan produk perawatan hewan peliharaan. 92% Orang mencari informasi secara online, dan Anda bisa menjadi salah satu dari banyak orang yang mendapat tambahan uang dari itu.

2.  eBay

eBay adalah salah satu online shop terbesar yang mampu membuat sepotong kue bisa diperjual belikan secara online. Dengan mencoba memasarkan produk Anda melalui eBay, Anda bisa mulai meraup keuntungan hanya dalam waktu beberapa jam!

How-To-Make-Money-On-Ebay

Ada satu istilah yang sedikit mengganggu, yakni “menjual sampah Anda di eBay”. Namun ada beberapa orang yang memang memulai bisnis melalui eBay dengan menjual barang-barang yang tidak terpakai. Pendekatan ini memang diperbolehkan, namun sebaiknya Anda menjual produk yang dapat dijual secara massal dan berulang-ulang. Dengan cara tersebut, orang-orang akan mengenal Anda dan Anda akan mendapatkan pelanggan Anda sendiri.

Lihatlah beberapa PowerSellers eBay terbesar dan perhatikan bagaimana mereka memfokuskan diri dalam produk-produk yang sangat spesifik (iPod, ponsel, grooming hewan peliharaan dan lain-lain). Hal ini memungkinkan mereka untuk meningkatkan penjual hanya dengan membuat sebuah daftar produk satu kali, namun dapat mengumpulkan uang berkali-kali.

Tidak seperti kegiatan penjualan pada umumnya, bisnis online seperti ini membutuhkan penanganan barang fisik yang baik. Namun ide bisnis sederhana seperti ini sangat mudah untuk dijalankan dan bisa mendatangkan pendapatan tambahan lebih banyak lagi untuk Anda.

3.  Pemasaran Afiliasi

Ini mungkin benar-benar cara paling mudah untuk mendapatkan penghasilan tambahan karena tidak mengharuskan Anda untuk memiliki produk, membuat penjualan atau melakukan interaksi dengan pelanggan. Yang terpenting hanyalah membuat website yang menarik untuk dikunjungi!

Pada dasarnya ini adalah sebuah “rujukan” bisnis, atau, “rekomendasi menggairahkan”. Biasanya, Anda dapat menerima pembayaran komisi hanya dengan mengirim orang ke situs (atau vendor) yang telah bekerjasama dengan Anda setelah terjadi penjualan. Vendor yang mengurus segala penjualan, memenuhi pembelian dan menangani masalah layanan pelanggan, sedangkan Anda hanya mengumpulkan komisi dari rujukan tersebut. Asyik kan?

Sebagian orang memilih afiliasi berdasarkan siapa atau apa yang akan membayar komisi tertinggi. Namun ada juga orang yang memilih produk atau barang yang mereka sukai sehingga proses ini akan jauh lebih menyenangkan dan menarik untuk dikerjakan. Asuransi dan kartu kredit perusahaan membayar komisi tinggi untuk rujukan yang dikonversi ke pelanggan, tapi persaingannya sangat ketat. Mungkin komisinya memang besar, tapi apakah ini sesuatu yang akan Anda nikmati untuk dilakukan dalam jangka panjang?

Atau Anda bisa mengarah hobi dan hal-hal lain yang Anda nikmati dan melihat mana program afiliasi yang cocok? Seperti biasa, lakukan penelitian untuk memverifikasi prospek pasar Anda.

4.  Blogging

Bisnis online seperti blogging ini sangat cocok untuk orang-orang yang menikmati menulis tentang topik tertentu. Meskipun Anda dapat membuat blog pribadi, tetapi jika menulis tentang topik tertentu akan memiliki kesempatan untuk sukses finansial lebih tinggi.

Sangat banyak topik dan hampir tak ada habisnya. Mulai dari fotografi, mobil sport, perawatan, diet, gadget terbaru hingga gossip artis. Jangan khawatir dengan kompetisi karena biasanya orang akan mencari topik pembicaraan yang mereka sukai dan yang perlu Anda lakukan adalah mengemas topik tersebut dengan cara yang unik dan menarik.

Setelah blog Anda mulai mendapatkan traffic, Anda dapat menghasilkan uang secara pasif dengan menggunakan tools seperti Google AdSense (pembagian pendapatan iklan milik Google) atau secara aktif dengan melakukan sedikit pemasaran afiliasi. Anda dapat melihat kedua jenis strategi itu pada SparkleCat.com, yang merupakan blog tentang kucing yang menceritakan kisahnya dari perspektif kucing. Di bagian atas halaman terdapat iklan Google AdSense, dan tersebar link saran untuk hal-hal seperti perlengkapan untuk kucing dan makanan kucing premium, yang dikaitkan dengan program afiliasi. Sangat keren, bukan?

5.  Yahoo! Store

Yahoo! Store ini memiliki konsep yang sama dengan eBay. Bayangkan jika Anda memiliki outlet ritel sendiri tanpa harus repot mengurus sewa ruang, karyawan, dan berbagai biaya yang umum dikeluarkan lainnya pada saat memulai sebuah bisnis.

yahoo_stores

Yang menarik adalah Anda bahkan dapat dibilang tidak perlu mengurusnya karena ada program yang dapat melakukan sebagian besar pekerjaan untuk Anda. Bahkan, Anda tidak harus membayar persediaan sampai terjadi penjualan. Yang perlu Anda lakukan pertama adalah meneliti produk apa yang saat ini banyak dibeli orang. Sekali lagi, mulailah dengan hal-hal yang Anda nikmati. Jika Anda suka memancing, Anda bisa memikirkan benda apa yang paling dibutuhkan pada saat memancing.

Kemudian, temukan sumber yang tepat dari produk tersebut sehingga Anda dapat menaruhnya di Yahoo! Store. Seperti yang Anda lihat, bisnis ini memerlukan sedikit kerja yang lebih di awal, tetapi setelah itu Anda hanya perlu sedikit terlibat di dalamnya.

 

Sekarang Anda sudah punya lima alternatif bisnis sampingan online yang bisa dijalankan dengan mudah dan cepat. Apakah Anda siap untuk mulai bisnis online ini sekarang?


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G