venture capital 4

Jika ingin mencari tambahan dana, pastikan startup Anda adalah bisnis yang sempurna untuk menarik investor. Berlawanan dengan apa yang sering diyakini kebanyakan orang, venture capital tidak selalu mencari bisnis sempurna. Mereka mencari tim dalam bisnis yang mengagumkan.

Tim adalah dasar dari setiap startup sukses, titik dimana semua ide dan perkembangan bisnis berasal. Tanpa dasar yang kuat, startup akan segera dijatuhkan oleh perubahan kondisi pasar.Untuk mengetahui hal-hal penting yang ingin diketahui investor dalam startup Anda, simak lima hal berikut:

1. Bakat yang luar biasa.

Bisnis yang sudah berjalan lama umumnya memiliki proses dan personil yang membuat setiap unit bisnis dapat berjalan sendiri. Namun pada tahap awal, setiap anggota tim memainkan peran penting. Anda membutuhkan tim ahli yang dapat menjual, memasarkan atau membuat desain di atas rata-rata. Ketika memiliki anggota tim yang seperti ini, maka startup Anda akan aman.

2. Saling menghormati.

Sekalipun Anda dan rekan Anda yang juga pendiri startup adalah tipikal orang yang benar-benar berbeda mulai dari latar belakang dan keahlian, Anda tetap harus dapat menemukan kesamaan dan menumbuhkan semangat saling hormat yang mendalam. Saling mengagumi dapat menciptakan sebuah lingkungan di mana Anda dapat berkomunikasi, mengatasi masalah dengan cepat, bekerja menuju tujuan bersama dan berbagi dalam kesuksesan.

venture capital 2

3. Pengalaman.

Ada perbedaan mencolok antara pemilik bisnis yang baru pertama mendalami bidang bisnisnya dan pemilik bisnis yang telah memiliki pengalaman dari kantor lamanya.

venture capital 3

Michael Todd, co-founder dan CTO dari Victorious, adalah contoh sempurna seseorang yang memanfaatkan kemampuannya yang di dapat dari pengalaman masa lalu. Terlepas dari faktor krisis atau perubahan kondisi, Mike selalu tenang dan menjaga tujuan akhir dapat dicapai. Ini karena dia memiliki pengalaman yang luas.

4. Kemampuan beradaptasi.

Perbedaan antara Tim A dan tim B tidak hanya berasal dari kualitas ide mereka; lebih kepada apakah tim dapat merealisasikan dan mensukseskan ide. Rencana, situasi, dan tantangan berubah setiap waktu, sehingga tim yang dapat beradaptasi bersama-sama dan mengikuti pelanggan (bukan terpaku pada ide awal) akan cocok untuk mempertahankan startup.

5. Sejarah.

Anda dapat langsung mengetahui apakah pendiri dalam bisnis memiliki sejarah pernah bekerja sama. Para pendiri memiliki chemistry, memiliki pemahaman dan bisa melengkapi kelebihan satu dengan lainnya.

Bitium adalah contoh yang bagus dari poin ini. Pendirinya bekerja sama selama bertahun-tahun di Fastpoint Games. Jika Anda melihat keseharian mereka, semuanya bisa berjalan dengan teratur karena mereka tahu gaya bekerja satu sama lain baik dari dalam maupun dari luar, yang memungkinkan setiap orang untuk fokus pada tugas daripada terganggu untuk mencari kekurangan.

venture capital 1

Jadi sebelum menggunakan ide mengagumkan dari startup untuk mencari ventur capital, pastikan Anda memiliki tim pendukung yang tepat. Anda membutuhkan partner dengan pengalaman, sejarah dan chemistry untuk membangun bisnis yang sukses. Itulah yang akan membuat startup Anda menonjol dimata investor.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.