Apakah Anda memiliki sebuah blog? Jika Anda memilikinya, saya ingin mengucapkan selamat karena Anda telah menjadi salah satu pemilik “senjata” dalam “peperangan content” yang saat ini sedang marak terjadi di antara pemilik #bisnis. Dengan memiliki blog, Anda berarti memiliki salah satu senjata terkuat karena blog merupakan sebuah platform yang cukup efektif untuk meningkatkan performa bisnis yang Anda miliki. Tidak heran jika saat ini banyak pemilik bisnis yang mulai mengelola corporate blog. Namun bagi Anda yang belum memiliki blog, jangan khawatir, karena masih belum terlambat untuk mulai membuatnya!

BLOG_ GO!

 

Jika Anda masih ragu untuk membuat sebuah blog, mungkin pandangan dari Budi Putra, Head of Digital RGE bisa meyakinkan Anda. Budi Putra yang juga merupakan mantan wartawan TEMPO, Yahoo! Indonesia, Viki, dan the Jakarta Post Digital ini, memandang bahwa blog adalah salah satu bagian dari media yang memiliki massive & powerful content. Meskipun media bisa berkembang dan juga berubah di masa depan, namun content akan selalu konstan sehingga nantinya bisa digunakan pada media lain yang sesuai dengan trend.

Lebih jauh lagi, Budi Putra juga menjelaskan bahwa masa depan media sosial ada pada content. Dengan adanya content akan tercipta perbincangan. Tanpa perbincangan media sosial tidak akan jalan. Sebagai salah satu media yang dapat menyimpan content dalam jumlah besar, masihkah Anda ragu untuk membuat blog?

 

hands

 

Saat ini, cukup banyak corporate blog yang populer dan berkualitas; Sribu Corner, Kissmetrics atau Help Scout. Dari segi pengelolaannya, blog tersebut adalah blog yang dikelola dengan baik dan serius. Agar dapat membuat blog yang populer dan efektif, tentu Anda harus mengetahui cara membuat blog yang benar. Selain enak dipandang, tentu sebuah blog harus memiliki content yang berkualitas sehingga bisnis Anda dapat merasakan manfaat dari blog tersebut.

 

Sekarang, bagaimana caranya?

 

1. Bentuk Sebuah Tim

Sebuah blog yang baik harus updated, dan percayalah, untuk melakukan itu secara berkala tidak bisa dilakukan seorang diri. Membentuk tim khusus untuk mengelola blog merupakan salah satu bagian penting dan krusial dalam membuat blog. Anda harus memilih penulis handal yang benar-benar berkomitmen dan memiliki hasrat kuat dalam blogging.

TEAM _ I

Selanjutnya, bangun komunikasi yang baik dengan para penulis. Komunikasikan kepada penulis-penulis tersebut peran dan tanggung jawab serta rencana kerja mereka. Dengan bagitu jalinan komunikasi antara Anda dan antar penulis akan menjadi semakin baik.

Jangan lupa untuk selalu menyesuaikan kompensasi yang didapatkan para penulis atas pekerjaan yang diselesaikannya. Itu juga merupakan salah satu variabel yang penting. Pada awal pembuatan blog, mungkin Anda akan merasakan kesulitan untuk menemukan penulis yang tepat untuk mengelola blog Anda. Anda bisa coba mencari freelance writers melalui Sribulancer (Anda juga bisa menemukan saya di Sribulancer, lho!)

 

2. Atur Alur Kerja dan Penjadwalan

Anda bekerja dengan manusia yang pasti memiliki kecenderungan menunda pekerjaan. Oleh karena itu Anda membutuhkan kalender editorial untuk blog untuk mengatur alur kerja dan penjadwalan dalam penerbitan artikel. Jika Anda dan para penulis taat pada kalender editorial tersebut, maka strategi Anda dalam mengembangkan blog akan berjalan dengan lancar.

di Google Drive di mana setiap orang dapat melihat rincian mulai dari topik yang harus ditulis, penjadwalan terbit hingga referensi tulisan. Aplikasi seperti Slack atau grup Facebook juga bisa dijadikan sarana yang efektif untuk berbagi informasi atau dokumen diantara para penulis tanpa harus mereka saling bertatap muka.

Namun, jika Anda freelance writers melalui freelancing site, Anda tidak perlu repot-repot menggunakan aplikasi . Anda bisa menggunakan workspace yang ada di Sribulancer dan juga membalas pesan hanya melalui email yang terhubung dengan workspace Anda.

 

3. Kembangkan Materi Blog

Di dalam setiap pertemuan—virtual maupun tatap muka—harus selalu dijelaskan setiap materi yang berkenaan penulisan blog kepada tim. Materi-materi yang dibagi tersebut bertujuan memastikan blog berada di pakem yang benar.

Perbanyak materi how-to kepada tim agar setiap anggota memiliki persepsi yang seragam dalam mengelola content di dalam #blog tersebut. Ingat! tujuan dari langkah ini adalah memastikan bahwa corporate blog Anda on the right track. Materi-materi yang dapat dibagi seperti etika penulisan blog, contoh atau panduan membuat headline, daftar website referensi yang relevan, daftar kontak anggota tim, hingga bagaimana cara mengoptimalisasi SEO.

Ketika blog on the right track, niscaya blog Anda tidak akan tergolong jenis blog yang sekedar untuk numpang lewat oleh pengunjung.

 

4. Kehadiran Editor

Diperlukan mata yang lebih segar—selain mata penulis di dalam tim—untuk melakukan review sebuah tulisan. Maka, kehadiran seorang editor sebagai benteng terakhir dari sebuah blog sebelum tombol publish diklik merupakan sebuah keniscayaan.

editor_thank-you

Tugas seorang editor bukan hanya merevisi aspek kebahasaan tapi juga memastikan kalender penulisan blogging team berjalan sesuai dengan tenggat waktu yang sudah ditentukan. Selain itu, menjaga komunikasi yang baik dengan seluruh anggota tim juga menjadi tugas editor karena ia harus menjadi sosok yang nyaman untuk berbagi ide maupun memberi inspirasi bagi para penulis.

Oleh karena itu, tunjuklah seorang komunikator yang baik sebagai editor.

 

5. Diskusikan Ide dan Laporan Performa Blog

Meeting yang terjadwal, meskipun tidak harus selalu bertatap muka, adalah sebuah keharusan jika ingin terus menjaga kelangsungan hidup sebuah blog. Setiap pertemuan, chatting session, atau segala bentuk interaksi baik dengan editor maupun anggota tim baiknya dijadikan sarana untuk brainstorm ide-ide pengembangan blog.

Meeting atau interaksi yang dilakukan tidak harus dilakukan secara kaku dan formal, bahkan harus sesantai mungkin agar ide-ide cemerlang dapat mengalir dan dibahas menjadi konsep.

Yang tidak kalah penting adalah membahas performa dari blog tersebut. Pada umumnya, Google Analytics digunakan untuk mengetahui performa sebuah blog. Dari situ dapat diketahui analisa seperti tulisan mana saja yang paling banyak dibagikan di #media sosial, berapa lama seorang pengunjung mengunjungi sebuah blog, berapa banyak tulisan dilihat hingga demografi dari pengunjung blog.

6a00d8341e992c53ef017ee6ec98d3970d-pi

Menganalisis laporan performa blog juga sangat penting sebagai sarana evaluasi bagi setiap penulis. Dengan begitu, setiap anggota tim akan semakin mengetahui kelemahan dan kelebihan masing-masing, makin mengetahui tugas juga fungsi masing-masing, dan mengetahui behavior dari pembaca tulisan mereka.

 

Kesimpulan

Selain memiliki tampilan blog yang baik dan representatif, Anda juga perlu mengerti cara membuat blog dari sisi content. Agar dapat menciptakan powerful and massive content, tentu Anda perlu memiliki tim penulis dan editor yang bekerja secara professional dan berkomitmen tinggi. Namun, jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan telaten hasilnya pasti akan sepadan.

 

 

Tips

Jika Anda benar-benar tidak mengerti bagaimana teknis membuat sebuah blog, Anda dapat merekrut professional programmer sesuai dengan kebutuhan Anda; baik untuk pembuatan blog WordPress untuk pribadi, profil perusahaan mau pun toko online melalui Sribulancer.

 

Apakah sekarang Anda masih memiliki keraguan dalam membuat blog? Beritahu keraguan Anda di kolom komentar!


Meizar Assiry

Meizar Assiry

Twit as @ijey and Co-Founder of @jongpwk. A Music Machine at @KaneronPictures.