Motivate - sign series for business / mentoring.

Mungkin saat ini Anda sudah memulai bisnis sendiri, dan telah merasakan hasil dari situ. Setidaknya Anda sudah menjadi bos untuk diri sendiri. Tapi sebagai pengusaha yang sukses, tidak seharusnya puas cukup dengan itu, Anda tentu ingin maju ke tingkat yang lebih baik! Hal ini membutuhkan tidak hanya sikap kepemimpinan yang baik, tetapi juga kemampuan untuk mengambil resiko yang lebih besar. Berikut ini adalah beberapa hal dalam motivasi bisnis agar Anda lebih berani dan menghilangkan faktor penghambat potensi Anda, sehingga dapat mengembangkan bisnis.

1.  Cari tahu kelemahan Anda

Kembangkan lingkaran bisnis Anda sendiri secara menyeluruh sebagai alat untuk diri Anda sendiri. Cari tahu hal-hal apa saja yang ada dalam lingkaran tersebut, dengan begitu Anda dapat menemukan dimana harus fokus memperkuat tempat yang masih perlu dibenahi. Ini memberikan perspektif dan dapat membantu memetakan jalan ke depan.

2. Utamakan tugas-tugas penting

Sangat mudah untuk terganggu dengan hal-hal yang membuat Anda merasa nyaman untuk dikerjakan, dan kemudian lupa dengan tugas-tugas penting yang membuat Anda tidak dapat mengasah otak dan menjadi tidak percaya diri. Kurang percaya diri dan keraguan diri dapat menghalangi kemajuan dan akan mengacaukan jadwal yang sudah ditentukan sepanjang hari. Gunakan alat seperti buku saku atau pun gadget untuk menulis daftar hal-hal yang harus dilakukan dan kemudian tanyakan pada diri sendiri apa yang dapat membantu Anda untuk terus bergerak maju. Ini adalah salah satu cara motivasi bisnis yang membuat Anda lebih fokus dan berenergi tanpa Anda sadari.

motivasi 1

3.  Cari dukungan seseorang atau mentor untuk diajak bicara

Hal yang menghambat motivasi bisnis adalah rasa ketakutan dalam kesendirian. Berbicaralah dengan seseorang yang paham dengan masalah Anda, dan mungkin nantinya akan muncul perspektif berbeda yang akan membantu Anda. Carilah orang yang tidak subjektif, sehingga dapat berbicara secara terbuka dan apa adanya.

4.  Kembangkan kebiasaan baru agar dapat selaras dengan tahap bisnis selanjutnya

Ini bisa berarti kembali mengatur segala hal di kantor Anda, pergi jalan-jalan di pagi hari, atau menyewa bantuan dari seorang ahli yang dapat mendukung langkah Anda selanjutnya. Tidak mungkin untuk tumbuh dan mencapai tahap yang lebih tinggi tanpa melakukan perubahan dalam perilaku dan mendapatkan bantuan dari seseorang yang dapat mendukung kemajuan tersebut.

5.  Hadapi masalah keuangan Anda

Meningkatkan motivasi bisnis dapat berarti menerima lebih banyak uang pada pekerjaan Anda. Bagaimana perasaan itu muncul pada Anda dan apakah Anda siap jika hal itu terjadi? Lihat masalah harga diri dan cara meningkatkan uang yang Anda miliki sekarang.

motivasi 3

Dengan membaca kelima langkah ini,  semoga Anda menjadi semakin termotivasi untuk mengembangkan bisnis Anda. Tapi jangan lupa untuk mengatur manajemen waktu Anda agar Anda terhindar dari berbagai tekanan yang membuat Anda kembali tidak bersemangat. Dan jangan lupa ambil waktu untuk istirahat agar kehidupan Anda dapat seimbang. Selamat mencoba!


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G