bisnis usaha

Website branding atau branding melalui website saat ini memang hampir ditempuh oleh segala jenis bisnis usaha baik skala besar maupun kecil.  Walaupun skala usaha anda kecil namun branding melalui sebuah website adalah keharusan dikarenakan website adalah sebuah marketing tool yang memang diperlukan untuk meningkatkan kredibilitas usaha Anda  sendiri.  Justru sebuah usaha kecil haruslah memiliki website karena ini merupakan bagian dari cara Anda untuk dapat dikenal ditengah target market.  Website adalah pintu gerbang agar orang bisa masuk ke dalam bisnis usaha Anda, mengenali produk anda dan tentunya akhirnya berujung pada keputusan pembelian.

Kebanyakan jika orang memikirkan mengenai website branding maka hal yang terpikir adalah dengan mengutamakan penggunaan logo dan warna. Memang hal ini amatlah penting  untuk membentuk citra sebuah brand yang akan terkait dengan persepsi customer namun tentunya bukan hanya hal tersebut yang dianggap penting.  Berikut 5 hal yang akan meningkatkan kredibilitas bisnis usaha dan tentunya amat anda butuhkan untuk jenis usaha kecil menengah.

1. Petunjuk Mengenai Apa Yang Anda Jual

Masukkanlah seluruh petunjuk mengenai apa yang Anda jual.  Tentunya petunjuk ini harus memberikan informasi yang jujur mengenai produk atau service yang diberikan oleh usaha Anda.  Dengan memberikan informsi yang jujur dan terpercaya, konsumen akan bisa melakukan suatu keputusan.

Jika terjadi sebuah keputusan pembelian maka konsumen tidak akan merasa tertipu dan kredibilitas perusahaan anda bisa dipertahankan.  Konsumen moderen saat ini akan selalu mencari informasi sebelum melakukan keputusan dan mereka pastinya akan membandingkan produk atau service yang anda jual dengan kompetitor.  Website branding merupakan alat untuk mendapatkan informasi bagi konsumen agar mereka mendapatkan gambaran yang jelas mengenai produk atau service yang akan mereka tuju.

Diagram Branding melalui website untuk bisnis usaha

Tak hanya itu dengan sebuah website berisi guide mengenai produk atau service yang anda jual maka anda juga dapat memberikan informasi kepada konsumen mengenai jenis-jenis serta tipe produk atau service yang anda tawarkan.  Dengan memberikan informasi yang detail, jujur dan menyeluruh akan memuaskan konsumen dan ini bahkan mencegah konsumen untuk browsing di website kompetitor.

2. Informasi Layanan Purna Jual

Sebuah bisnis usaha tak peduli skala besar atau kecil dan menengah seringkali banyak melupakan salah satu hal terpenting dalam sebuah pembelian yaitu layanan purna jual. Informasi ini bisa berupa maintenance setelah produk atau service tersebut dibeli atau petunjuk dan hal-hal detail mengenai apa yang harus dilakukan konsumen jika mereka ingin melakukan klaim.  Dengan adanya informasi jelas dan terarah mengenai layanan purna jual maka konsumen akan lebih yakin serta percaya diri untuk memilih produk atau service anda.  Ini juga mencegah kekecewaan konsumen akan produk atau service Anda.

Website Branding untuk bisnis usaha

Namun tentunya informasi detail mengenai layanan purna jual ini harus dibarengi juga dengan kenyataan sesuai di lapangan. Jangan sampai website anda menuturkan mengenai layanan purna jual yang baik serta terpercaya namun ternyata itu tak sesuai dengan kenyataan, ini bisa menjadi bumerang untuk bisnis usaha anda sendiri.  Ingat lho saat ini konsumen sudah pandai dan mereka terbiasa memberikan protes di berbagai media seperti juga media online.  Mereka dengan mudahnya melakukan blogwalking di forum-forum atau memang menulis surat pembaca di media massa dan hanya dengan memasukkan link ke website anda maka bisa dipastikan akan berdampak pada kredibiltas bisnis usaha Anda.  Anda tentunya tak mau dan ini sesuatu yang harus dihindari bukan?

3. Consumer ratings

Keterbukaan amatlah penting apalagi di dunia online dimana semua informasi bisa didapatkan dengan mudah. Jika website anda memperbolehkan konsumen untuk melakukan rating sebagai bagian dari layanan website anda maka ini adalah sebuah simbol keterbukaan. Bahkan akan lebih baik lagi jika semua rating di published bahkan termasuk yang negatif ini akan membuktikan bahwa website anda memang penuh dengan informasi yang jujur. Jangan khawatir jika ada beberapa konsumen yang kecewa dengan produk atau service anda dan anda mempublishednya di website maka ini justru akan menjadi kekuatan anda dan ini juga merupakan bagian dari website branding.

Tentu anda tak hanya akan mendapatkan respon negatif saja namun juga yang mendulang hal-hal positif.  Konsumen yang puas akan menuliskan review mengenai produk atau service anda dan ini tentunya menguntungkan bukan?

4. Informasi Melalui Artikel

Website yang baik seharusnya tidak hanya sekedar menampilkan informasi menyeluruh mengenai produk atau service anda namun juga memberikan informasi-informasi lain melalui ragam artikel yang sejalan dengan bisnis usaha Anda.  Konsumen yang sedang browsing melihat-lihat keunggulan dari produk dan layanan anda juga merasa tidak bosan disuguhi beragam artikel menarik yang berhubungan dengan apa yang anda jual.  Anda bisa meletakkanya di fitur blog, bahkan anda bisa mempercantik tampilan halaman blog ini seolah-olah menjadi sebuah website tersendiri.  Misalnya nih jika produk atau service anda berhubungan dengan kecantikan maka anda bisa menampilkan artikel-artikel yang mengulas mengenai kecantikan, tips make up, cara merawat wajah dan masih banyak yang lainnya.

5. Contact Information Harus Jelas

Informasi mengenai dimana produk anda bisa dibeli atau bagaimana cara orang bisa menghubungi anda merupakan salah satu hal penting dalam informasi di website.  Percuma saja website anda sebagus apapun jika tak menampilkan hal ini secara jelas maka akan menimbulkan kebingungan banyak orang.  Letakkan contact information dengan jelas termasuk alamat toko-toko yang memajang produk anda.  Contact information yang tidak jelas hanya akan merugikan Anda.

Nah sribuddies, anda sudah mengetahui bukan 5 hal yang perlu Anda masukkan dalam website anda, ingat bahwa website anda adalah marketing tool Anda dan merupakan sarana bagi konsumen untuk bisa mengenal Anda. Dengan menunjukkan pada konsumen siapa Anda sebetulnya dan apa yang anda jual akan membantu mereka untuk melakukan sebuah keputusan pembelian. Dengan pembeli membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan, itu berarti proses branding melalui website yang dilakukan telah berhasil.

Salam,

Ryan Gondokusumo – Founder Sribu.com


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G

  • http://www.sribu.com/ Ryan Gondokusumo

    @google-475f782c5e4310a105112324495b8376:disqus Mau pasang iklan di blog kita ?