rekrut 1

Memilih calon karyawan yang tepat memang tidak mudah. Kandidat yang memenuhi syarat yang cocok dengan budaya, sesuai dengan pekerjaan, tidak selalu mudah didapat. Dengan kata lain, tidak ada yang lebih penting bagi keberhasilan suatu organisasi selain merekrut orang yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan. Untuk itu, Sribu akan memberikan tips berikut ini untuk para pengusaha:

1. Buat deskripsi pekerjaan dengan jelas.

Deskripsi pekerjaan yang tidak jelas cenderung menarik ratusan pelamar, yang tidak semuanya sesuai. Untuk dapat mencari kandidat yang bisa menyesuaikan diri dengan visi dan misi perusahaan, sangat penting untuk memberikan rincian, deskripsi jelas semua aspek posisi dan perusahaan. Selain ringkasan posisi, deskripsi pekerjaan harus mencakup peran dalam organisasi, kondisi kerja, informasi latar belakang perusahaan, serta info pada aspek budaya perusahaan yang unik.

rekrut 2

Deskripsi pekerjaan dapat berfungsi sebagai “kesan pertama” kandidat pada suatu organisasi, sehingga mereka harus positif mencerminkan perusahaan dan pekerjaan, dalam rangka untuk menarik kandidat terbaik. Untuk memastikan deskripsi pekerjaan yang akurat dan menarik, cobalah melakukan evaluasi dengan karyawan.

2. Jadilah transparan pada calon karyawan.

Melebih-lebihkan tanggung jawab dari peran bisa menarik calon yang salah. Sebaliknya, jadilah setransparan mungkin pada semua media – deskripsi pekerjaan, platform sosial dan wawancara.

rekrut 3

Mempekerjakan karyawan, yang dapat mengadopsi visi dan misi perusahaan, mengharuskan atasan untuk menentukan prinsip-prinsip, nilai-nilai dan tujuan awal perusahaan dalam proses perekrutan. Komunikasi yang jelas tentang tujuan perusahaan, dan bagaimana mereka akan mencapainya adalah kunci untuk mempekerjakan dan mengembangkan karyawan menuju sukses.

3. Tanyakan pertanyaan yang tepat.

Wawancara memberikan perekrut kesempatan untuk benar-benar menentukan apakah calon akan cocok dengan budaya perusahaan, selain dapat memenuhi syarat untuk mengajukan lamaran. Mengajukan pertanyaan yang tepat dapat membuat Anda mempekerjakan seseorang, yang akan berusaha untuk bekerja ke arah visi dan misi perusahaan, menjadi sedikit lebih mudah. Gunakan data dari review top performer dalam organisasi Anda untuk merancang pengalaman kandidat yang secara khusus mengevaluasi potensi dalam peran di organisasi.

rekrut 7

Selain itu, mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan budaya perusahaan seperti, “Dalam jenis lingkungan atau budaya kerja mana yang paling produktif dan menyenangkan untuk Anda?” “Apa misi pribadi Anda?” Atau “Apa yang paling Anda nikmati pada tempat terakhir Anda bekerja ? “Jawaban untuk pertanyaan seperti ini akan memberikan informasi apakah kandidat dapat berhasil beradaptasi dengan budaya perusahaan, dan mengejar tujuan keseluruhan organisasi.

4. Memiliki kehadiran media sosial yang kuat.

Mempertahankan kehadiran sosial yang kuat dan menarik orang-orang di media sosial berdampak baik pada perusahaan. Platform media sosial memberikan kesempatan besar pada perusahaan untuk menarik calon karyawan, karena pengguna dapat melihat segala tentang perusahaan –  apa perusahaan itu dan orang yang ada di dalamnya. Bahkan, Anda dapat melakukan recruitment melalui media sosial.

rekrut 5

5. Bertemu dengan calon karyawan secara informal.

Jika memungkinkan, cobalah bertemu dengan calon karyawan terbaik dalam suasana informal setelah wawancara. Hal ini dapat sangat bermanfaat ketika mengundang kandidat tersebut untuk menghadiri acara penting perusahaan, atau bahkan mengajak mereka berpartisipasi dalam meeting perusahaan. Melakukan hal ini akan memberikan atasan kesempatan untuk menilai perilaku calon karyawan dengan lebih santai, dan melihat mereka beradaptasi dengan lingkungan pekerjaan.

rekrut 8

Bagaimana perusahaan Anda mempekerjakan karyawan yang dapat menyesuaikan diri dengan visi dan misi perusahaan? Apakah mencakup hal-hal di atas? Visi dan misi perusahaan yang telah Anda buat dengan matang akan lebih baik jika dapat dipertahankan. Jadi sangat penting untuk mencari karyawan yang bisa beradaptasi dengan itu semua.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.