shutterstock_businessstrategy

Memasuki tahun baru tentunya kita berharap ada perubahan menuju yang lebih baik. Salah satunya adalah dalam hal karir. Bagi seorang pemilik bisnis, pasti berharap omzetnya akan mengalami peningkatan di tahun ini. Berharap segala tujuan perusahaan yang belum tercapai di tahun sebelumnya dapat tercapai tahun ini. Ini lah saatnya bagi Anda yang memilih menjalani bisnis UKM untuk melakukan peninjauan pada bisnis dan melakukan inovasi. Berikut akan kami berikan 5 strategi bisnis yang tepat:

1.  Kontrol Arus Kas

Arus Kas ini menjadi hal yang penting. Jika terjadi masalah serius pada arus kas, tidak hanya akan mengancam pertumbuhan dan kelangsungan hidup bisnis Anda, tetapi juga akan membuang waktu dan tenaga. Manajemen arus kas yang baik seharusnya menekan segala biaya yang akan dikeluarkan (dan bagi yang memulai bisnis baru, minimalkan biaya start-up). Distributor atau pemasok pada bisnis Anda harus menawarkan nilai terbaik untuk uang yang telah Anda bayarkan (tidak harus selalu memilih yang paling murah). Lakukanlah tawar menawar hingga mecapai kesepakatan yang saling menguntungkan.

Harga yang Anda tawarkan harus bisa menarik pelanggan sekaligus memaksimalkan penjualan produk. Nah, waktunya untuk menghitung kembali harga dan strategi pemasaran yang tepat. Mulailah memanfaatkan media online untuk bisnis. Untuk menghindari masalah arus kas yang serius, kendalikan sistem kredit. Anda harus tahu bagaimana menghadapi maslah keterlambatan pembayaran, dan menanggung hutang yang sulit dibayarkan. Buatlah aruskas sedetail mungkin untuk menghindari segala masalah tersebut.

2.  Membangun Citra Merek

Membangun citra merek yang baik adalah tanda kesuksesan dalam bisnis papun, termasuk bisnis ukm. Dan merek adalah aset yang paling berharga. Membangun merek bukan hanya sekedar tentang kemasan produk, desain logo perusahaan, slogan yang menarik, ataupun warna khas dari bisnis. Merek menunjukkan identitas bisnis, untuk apa bisnis Anda itu ada, dan refleksi kepribadian bisnis. Dan yang terpenting, bagaimana pelanggan dan orang lain memandang bisnis Anda sebagai hasil dari hubungan dengan bisnis itu. Apakah merek bisnis Anda konsisten? Apakah citra bisnis perlu dibenahi? Bahkan perlu mengganti nama merek?

3.  Buatlah Target Pelanggan Ideal

Ada beberapa pelanggan yang perlu perhatian lebih ,anggap saja mereka pelanggan “VIP”. Mereka memberi nilai lebih pada bisnis Anda. Bangun hubungan baik dengan pelanggan. Pahami yang pelanggan butuhkan. Salama Anda mampu, penuhi apa yang mereka inginkan. Menjaga hubungan dengan pelanggan akan membangun loyalitas. Sebuah strategi pemasaran yang terbukti baik adalah yang mampu mempertahankan pelanggan lama, namun jangan lupa untuk perhatikan dan pahami jenis pelanggan seperti apa yang sesuai dengan produk Anda. Sehingga nantinya akan tahu siapa sebenarnya target pasar bisnis Anda.

innovation

4.  Cobalah Sesuatu Yang Benar-Benar Baru

Stagnasi akan membuat pelanggan berbondong-bondong meninggalkan Anda, dan sebuah bisnis akan berada dalam bahaya kehilangan minat pelanggan jika hal ini terus terjadi.

Sebuah bisnis yang sukses tahu kapan saat yang tepat mencoba hal baru, yang memungkinkan sebuah bisnis menemukan kembali jati diri mereka, memperkenalkan produk/layanan baru, atau(setidaknya) menemukan cara baru untuk refresh cara menawarkan produk mereka. Dalam jangka pendek, beberapa bisnis, termasuk juga ukm, mungkin hanya perlu menambah persediaan jenis barang baru ataupun merenovasi kantor. Strategi bisnis seperti ini dapat memperluas target pasar Anda, dan memungkinkan untuk memulai ekspor ataupun menjual secara online. Yang pasti, janganlah berdiam diri tanpa melakukan inovasi dan penyegaran dalam bisnis.

business strategy

5.  Berpikir Lebih Strategis

Berhentilah membuang-buang waktu untuk melakukan hal yang tidak perlu untuk dilakukan oleh Anda sendiri. Jangan membuat waktu Anda terbuang sia-sia melakukan pekerjaan tingkat bawah, yang seharusnya sudah ada orang lain yang melakukan. Mulailah mendelegasikan tanggung jawab pekerjaan. Sehingga Anda akan punya lebih banyak waktu untuk memikirkan rencana-rencana baru untuk strategi bisnis. Jika saat ini belum punya business plan, buatlah business plan yang menarik. Jika sudah punya, perbaiki terus dan buat berbagai cara mencapai tujuan. Mempunyai ambisi yang besar bukanlah suatu kesalahan.

Sekarang Anda sudah lebih mengerti strategi bisnis apa saja yang tepat diterapkan di tahun 2014 ini. Memulai bisnis apapun memang butuh kesabaran dalam mencapai titik kesuksesan. Tekuni bisnis yang sudah Anda jalankan, pantau arus kas yang berjalan, jika perlu bagi dalam periode waktu tiap tahunnya, buat citra merek Anda baik, bangun hubungan dengan pelanggan, selalu berinovasi, pahami target pasar utama, dan lakukan langkah strategis. Semoga sukses untuk kita semua.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.