shutterstock_84994678

Memulai bisnis bisa menjadi suatu pilihan yang menakutkan. Ada begitu banyak hal yang tidak diketahui bahwa sebagian besar pengusaha dapat membuat perbaikan sistem dan proses untuk membangkitkan bisnis mereka dari kejatuhan. Namun, dengan segala kesuksesan pengusaha di luar sana, bukankah akan lebih baik lagi jika pengusaha baru dapat menerima beberapa tips dari mereka yang telah melakukannya? Mari kita lihat tips dari para pengusaha yang telah sukses.

1.  Outsource layanan IT. “ Sebagian besar pengusaha tahu bahwa mereka dapat melakukan layanan outsource seperti layanan desain website, pemasaran dan pembukuan, namun salah satu dari biaya terbesar untuk menumbuhkan bisnis adalah masalah IT. Ada banyak kelompok yang menyediakan layanan outsource IT. Layanan ini meliputi pemeliharaan dan perawatan computer, cloud hosting dan lokasi dan pengaturan system telepon dan pemeliharaan. Jangan mencoba dan menjadi seorang ahli IT atau membayar mahal kunjungan perusahaan. Outsource kebutuhan IT Anda dan lihatlah perubahan besar.” – Seth Bailey, iTok

Bagaimana melakukannya: Tanyakan pada teman-teman untuk mendapat rekomendasi dari mereka. Anda juga dapat melihat layanan freelance yang ada di kota Anda untuk layanan IT yang bisa di outsource, lihat ulasan dan membayar untuk jasa penggunaan platform pihak ketiga.

2.  Lindungi kekayaan intelektual. “Litigasi bisa menjadi suatu hal yang sangat mahal untuk sebuah perusahaan baru. Saya telah melihat perusahaan besar menghancurkan pesaing yang lebih kecil di bawah beban biaya hukum. Banyak perusahaan baru dengan sebuah tekhnologi dan kekayaan intelektual yang harus mereka lindungi, harus mengambil langkah yang diperlukan untuk melindungi itu melalui paten dan hak cipta. Alat ini berguna untuk membantu bersaing perusahaan kecil.” – Perry Clegg, Trademark Access

Bagaimana melakukannya: Banyak orang beranggapan bahwa Anda harus menggunakan seorang pengacara untuk mengajukan permohonan paten, merek dagang, atau hak cipta. Namun Anda dapat mencari informasi dari dinas terkait di wilayah Anda.

3.  Cari iklan gratis. “Bing, Google, Yahoo, Facebook dan banyak penyedia iklan lainnya menawarkan pada mereka yang memulai bisnis baru untuk beriklan secara gratis dengan mendaftar di layanan mereka. Sebelum Anda menghabiskan uang yang sudah didapat dengan susah payah, carilah satu dari layanan ini dan ambil manfaat dari gratisan ini. Ini tidak mahal, biasanya $25 hingga $100, tapi saya telah melihat banyak kesuksesan besar.”- Jacob Baadsgaard, Disruptive Advertising

Bagaimana melakukannya : Daftar dan temukan penawaran iklan dari situs-situs seperti Twitter, Facebook dan AdWords. Selain itu, jika Anda sudah mendaftar, pastikan untuk memanfaatkan segala yang tersedia disana. Seringkali, para ahli periklanan yang akan menawarkan tips bagaimana untuk mengatur pemasaran agar mencapai hasil optimal. Anda dapat menemukan layanan iklan gratis disini.

 4.  Berbagi ruang kerja Anda. “Ruang kantor itu mahal. Ketika Anda baru memulai bisnis, menandatangani sewa jangka panjang adalah ide buruk. Selain itum bekerja dari rumah dan menulis alamat rumah dalam kartu nama perusahaan juga dapat menjadi pesan yang salah. Sebaliknya, carilah  ruang kerja bersama. Ini adalah cara yang bagus bagi bisnis kecil untuk mendapat kantor yang mereka butuhkan tanpa menanggung beban biaya sewa tinggi dan pinjaman jangka panjang. Sebagai manfaat tambahan, bekerja di kantor bersama adalah cara yang mengagumkan untuk membuat hubungan dan jaringan dengan pengusaha lain.” – Michael Zaro, Stratup Dojo dan Coding Campus

Bagaimana melakukannya: Dengan pertumbuhan dunia startup, lebih dan lebih banyak lagi bermunculan kantor bersama. Sebelum Anda mengambil meja pertama yang tersedia, pastikan Anda melakukan penelitian. Tidak semua kantor besama dibuat seimbang. Pastikan Anda melihat pada penawarannya, harga, jenis ruang privat yang dimiliki lokasi itu dan jika ada berbagai tambahan kebutuhan seperti pengadaan acara atau tambahan jam kerja.

5.  Jangan membeli perangkat lunak. “Dengan perangkat lunak yang tersedia di dunia maya, hanya ada sedikit alasan bagi sebuah perusahaan baru untuk membeli perangkat lunak. Sebagian besar perusahaan sekarang menawarkan rencana berlangganan yang memungkinkan Anda untuk membagi biaya penggunaan perangkat lunak dalam beberapa bulan. Jika Anda akhirnya menggunakan perangkat lunak tersebut untuk selamanya, biayanya akan menjadi lebih mahal daripada membeli langsung, tetapi jika dari awal memutuskan untuk membeli, akan sulit untuk mengeluarkan beberapa rupiah untuk sebuah perangkat lunak.” – Dave Turner, SkyCentral

Bagaimana melakukannya: Banyak perusahaan memahami investasi dalam perangkat lunak bisa jadi mahal dan telah berubah menjadi berlangganan. Adobe, Microsoft, Quicken, dan Salesforce hanyalah beberpaa yang menawarkan model tipe ini. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli perangkat lunak, cobalah dari yang gratis. Banyak perusahaan yang menawarkan versi trial 30 hari.

open-for-business

Jika Anda memang ingin memulai bisnis, jangan ragu untuk mencoba tips-tips di atas, itu nyata dari para pengusaha yang sudah merasakan sukses. Anda juga dapat membuat kartu nama untuk menunjukkan bahwa Anda memang serius dan professional dalam berbisnis.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah pernah menggunakan 5 tips diatas untuk meningkatkan bisnis Anda sebelumnya? Yuk bagi pengalaman Anda melalui kolom komentar di bawah ini.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.