5 Tips Mudah Membangun Public Relation Untuk Bisnis Anda

Membuat marketing plan dan public relation yang efisien merupakan landasan untuk membangun kesuksesan bisnis Anda. Anda mungkin memiliki layanan atau produk yang sangat baik, namun jika tidak ada yang memiliki pengetahuan tentang hal itu, menghasilkan penjualan mungkin sulit. Public relations yang efektif meliputi metode proaktif untuk menyebarkan pesan ke pasar dan menarik pelanggan potensial. Sayangnya, kedua hal itu terkadang mahal, terutama jika operasional bisnis Anda ramping dan baru tahap memulai. Untungnya, ada beberapa kiat dan trik agar biaya PR dan pemasaran lebih terjangkau, sehingga membuat usaha kecil Anda lebih hemat biaya untuk berhasil meningkatkan penjualan dan mengembangkan basis konsumen.

1. Menindaklanjuti pelanggan melalui email

Anda bisa memanfaatkan email untuk meningkatkan penjualan. Email mempunyai metode yang masuk akal untuk memberi tahu pembeli tentang produk baru dan perkembangan bisnis. Karena banyaknya spam, Anda harus membuat komunikasi melalui email informatif dan menarik. Diawali dengan email newsletter tiap bulan yang menargetkan segmen berbeda dari basis pelanggan Anda dapat membantu usaha kecil memasarkan produk baru atau menarik bisnis baru.

2. Keajaiban media sosial

Menjadi manajer media sosial pada bisnis sendiri termasuk metode yang sangat berharga untuk mempromosikan perusahaan. Media sosial menjadi platform bagi pelanggan untuk terlibat dalam bisnis Anda dengan memberikan umpan balik dan mengajukan pertanyaan mengenai produk bisnis Anda. Situs media sosial seperti Twitter dan Facebook, Linkedin, Pinterest, dan YouTube semuanya merupakan metode ekonomis dalam membangun jaringan dan beriklan untuk perusahaan.

Membangun dan mengembangkan website dapat meningkatkan basis pelanggan dan juga visibilitas. Dengan memanfaatkan teknik SEO, perusahaan Anda mungkin muncul di bagian atas yang memungkinkan dilihat oleh investor dan klien potensial. Selain itu, menghubungkan ke situs lain juga dapat meningkatkan keterjangkauan bisnis. Ada banyak tools internet yang tersedia untuk membangun website, namun jika terlalu banyak tugas lain yang harus dikerjakan, memanfaatkan jasa pembuatan desain web menjadi pilihan tepat.

3. Membangun merek melalui blogging

Blogging bisa menjadi media pengantar pesan untuk calon investor maupun pelanggan. Membuat blog pendamping website dapat mempromosikan bisnis, dan menjadi media untuk menarik blogger. Menurut direktur B2B Marketing StraightNorth, Brad Shorr, tamu dalam blogging adalah sumber publisitas bebas biaya yang sangat baik untuk dia secara pribadi dan juga agensinya. Ketika blog Anda mulai dikenal dan dibutuhkan banyak pengunjung, artikel dalam blog akan menerima banyak komentar positif dan “share” di berbagai media sosial.

4. Menjadi bagian dari percakapan online

Instrumen tambahan dalam pemasaran di internet dengan biaya rendah adalah Hootsuite. Menurut Nellie Akalp, untuk memperluas basis pelanggannya, ia menemukan bahwa itu adalah cara paling hemat biaya yang meliputi sign up untuk Hootsuite dan menggunakan alat pencarian mereka. Dia telah menemukan frase pencarian dan istilah yang relevan dengan industri dan saat ia melihat seseorang tweeting tentang sebuah masalah atau pertanyaan, dia akan merespon dengan nasihat yang baik.

5. Menjaga hubungan dengan wartawan

Public relation erat hubungannya dengan jurnalis atau wartawan. Hubungan ini tidak akan berhenti setelah berita tentang perusahaan Anda dibahas. Bagaimana merek terlibat dengan media atau wartawan setelah sebuah berita telah dilaporkan, ini dapat merugikan tapi juga dapat membantu menjangkau masyarakat yang lebih luas di masa depan.

Kesuksesan public relation Anda menentukan kesuksesan bisnis. Public relation ini juga dapat membawa citra perusahaan di depan masyarakat luas. Buatlah pelanggan potensial tertarik dan percaya pada bisnis Anda.