Online-Advertising-300x183

Saat ini sudah saatnya memanfaatkan pemasaran online, salah satunya dengan membuat iklan baris secara online. Ini adalah peluang yang sangat bagus agar iklan kita bisa dilihat oleh ribuan, bahkan ratusan ribu orang. Tidak hanya itu, melalui iklan Anda juga akan mendapatkan data mengenai jumlah pembaca sehingga dapat mengevaluasi performa iklan tersebut. Jika ini adalah pertama kalinya bagi Anda untuk membuat iklan baris, Anda bisa mencoba 5 tips yang sangat efektif untuk iklan baris Anda:

1.  Buat hitungan judul

Jangan buang ruang ini dengan 7 karakter yang tidak bertujuan. Judul adalah aspek paling menonjol dari iklan, jadi pastikan judul yang Anda susun memiliki dampak yang positif. Anda mempunyai 25 karakter yang bisa dimanfaatkan untuk membuat satu pernyataan. Untuk iklan baris yang punya fokus kata kunci tertentu, pertimbangkan untuk menggunakan judul deskriptif yang menjelaskan produk atau layanan Anda. Untuk iklan yang mempunyai target pencarian pada merek, pastikan untuk menyertakan nama perusahaan Anda juga.

2.  Buat salinan kata kunci

Trik lain yang sangat membantu adalah memasukkan kata kunci kapan pun itu dibutuhkan. Ini memperkuat relevansi iklan untuk pencari dan akan membantu mereka menemukan nilai yang Anda tawarkan. Google akan memuat kata kunci (dan sinonim) pada iklan yang berhuruf tebal, dimana ini dapat membuat iklan Anda ditampilkan.

3.  Buat & uji beberapa iklan

Iklan sama seperti makhluk sosial, mereka tidak suka sendirian. Jadi jangan hanya membuat 1 iklan saja, buat 2-3 variasinya sehingga Anda bisa menemukan variasi iklan mana yang paling efektif. Sebagai contoh, buat duplikat iklan baris pertama dan ubah judul untuk melihat apakah itu bekerja dengan baik. Anda juga dapat membuat sebuah iklan yang menonjol pada fitur berbeda. Iklan baris Anda juga bersaing dengan iklan baris dari perusahaan lain dalam memperebutkan pelanggan, jadi cobalah beberapa pesan berbeda dan biarkan mereka beraksi. Uji berbagai macam pesan iklan sehingga Anda akan tahu iklan mana yang lebih efektif  dan dapat memasukkannya dalam strategi penjualan Anda.

4.  Kualifikasi pelanggan Anda

Tidak sulit untuk mendapat banyak klik, tetapi sulit untuk mendapat banyak klik dari target market. Pastikan iklan baris Anda mempunyai menarik pelanggan potensial dan mencegah klik dari mereka yang akan meninggalkan situs Anda tanpa melakukan pembelian karena penawaran yang tidak tepat sasaran. Misalnya, jika banyak dari pesaing yang menawarkan biaya lebih rendah dari Anda, pertimbangkan untuk menyertakan harga pada salinan iklan. Ini mungkin akan berhasil untuk beberapa klik, tapi klik yang Anda dapat berasal dari pelanggan yang akan membayar pada harga itu.

online-ads

5.  Sertakan panggilan untuk beraksi

Sungguh menakjubkan betapa banyak pengiklan gagal untuk memasukkan “call to action” pada bagian akhir iklan baris. Ini kesempatan Anda untuk memberitahu pelanggan apa yang seharusnya mereka lakukan setelah masuk ke website Anda, dan itu benar-benar bekerja! Apa tujuan Anda? Apa Anda ingin mengarahkan pada download, menang bersaing, atau meningkatkan penjualan? Beritahu pelanggan apa langkah selanjutnya dan Anda akan lihat peningkatan jumlah pelanggan yang mengikuti arahan Anda.

Sekarang Anda sudah lebih tahu dalam membuat iklan baris yang efektif bukan? Jadi saatnya untuk lebih berhati-hati membuat iklan agar tepat sasaran. Buatlah juga media iklan lain dengan membuat brosur yang menceritakan produk Anda. Anda juga bisa mengambil kata-kata dari salinan iklan baris tadi untuk isi konten brosur Anda. Selamat mencoba!


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.