1

Anda tentu tahu situs belanja online seperti tokobagus.com, berniaga.com, lazada.com, dan lain sebagainya. Dengan melakukan pemasaran melalui internet, sangat cocok untuk bisnis modal kecil. Saat ini pun mulai bermunculan situs belanja lainnya dengan fokus barang dijual berbeda-beda. Cara belanja online seperti ini telah membuat pengalaman baru dalam berbelanja yang lebih efisien bagi penggunanya. Penelitian menemukan bahwa pendekatan konsumen dalam berbelanja dilakukan dengan berbagai cara, 80% konsumen mencari informasi harga melalui media online, dan sisanya mencari informasi melalui smartphone sekalipun saat mereka sedang berada di pusat perbelanjaan. Beberapa orang lebih memilih untuk menjelajah internet terlebih dahulu untuk mengetahui detail produk yang mereka inginkan sebelum menuju ke toko yang sebenarnya. Mari kita simak tips-tips agar para pemasar dapat mengikuti era e-commerce ini.

1.  Hilangkan Batasan Antara Dunia Maya Dan Nyata

Dengan kata lain, pelanggan dapat melakukan keduanya bersamaan, sediakan kebutuhan pelanggan dengan segala informasi di toko Anda yang terintegrasi dengan media online.Sehingga pelanggan dapat dua hal sekaligus dengan lebih efisien. Retailer seperti ini akan mudah menemukan pelanggan. Selain itu, sebuah bisnis sebaiknya memungkinkan untuk pelanggan mengambil barang yang mereka beli secara online di toko Anda yang sebenarnya, dan juga sebaliknya. Jika ada yang tidak tersedia di toko, pastikan pelanggan dapat membeli secara online.

2.  Target Produk yang Tepat Untuk Konsumen Yang Tepat

750936-a033ad68-3726-11e4-a634-c008c164be37

Kebanyakan wanita saat ini sudah lelah dengan cara penjualan produk yang tradisional. Mereka ingin mendapatkan banyak informasi mengenai satu produk yang diinginkan hanya dengan membuka satu website, yang juga memungkinkan pelanggan menemukan item lain sesuai dengan selera mereka. Pelanggan ingin mendapatkan sebanyak mungkin informasi dengan seminimal mungkin melakukan pencarian.

3.  Gali Informasi Dengan Tekhnologi

“The beauty of technology, when it’s applied best, is that the user doesn’t know that his experience is being driven by it,” says West Stringfellow

Tariklah pelanggan sebelum pesaing membuat mereka mengeluarkan kartu kreditnya untuk pesaing Anda. Pelajari berbagai macam tekhnologi yang memungkinkan untuk mengetahui dimana pelanggan Anda berada dan mengirimkan tawaran saat mereka sedang kebingungan mencari informasi mengenai toko yang tepat. Memanfaatkan kemajuan tekhnologi bukan berarti harus mengeluarkan biaya mahal. Dan hal ini akan sangat membantu bisnis modal kecil meningkatkan penjualan mereka.

4.  Manfaatkan Gadget

mobile-holiday-shopping

Tablet, smartphone, dan perangkat sejenis lainnya sangat cepat mampu menggantikan peran komputer termasuk sebagai alat belanja online. Bahkan penelitian menunjukkan 40% transaksi online dilakukan melalui gadget. Ini merupakan tantangan bagi para penjual. Dan tidak memungkinkan kemunculan smartwatches pun akan menjadi perangkat baru dalam belanja online. Sebenarnya kuncinya adalah membangun keterlibatan pelanggan dengan bisnis Anda. Aplikasi yang memungkinkan pelanggan untuk berbagi pengalaman belanja mereka dengan teman ataupun keluarga, akan menjadi sangat bernilai.

5.  Buatlah Barang Dapat Dimodifikasi

Gagal membuat pengalaman berharga untuk pelanggan, terutama pelanggan segmen atas, akan sangat membuang waktu, tenaga, dan uang. Banyak pelanggan yang tidak puas dengan barang yang mereka beli. Terkadang keinginan pelanggan melebihi apa yang Anda sediakan di toko. Jadi, akan lebih baik jika Anda membuat pelanggan dapat memodifikasi sendiri barang yang mereka inginkan dari toko Anda. Pengalaman berharga yang mereka dapatkan akan mendongkrak nilai jual produk Anda.

Bisnis dengan modal kecil bukan berarti tidak bisa menjadi besar. Anda hanya perlu membaca segala peluang dengan tepat dan aplikasikan strategi pemasaran yang sesuai. Ikuti perkembangan teknologi saat ini. Buatlah rancangan desain logo yang menarik, dongkrak penjualan dengan brosur, tidak harus menggunakan banyak warna ataupun kertas yang mahal. Asalkan informasi mengenai produk Anda dapat direpresentasikan di media tersebut. Anda juga dapat memudahkan pelanggan menghubungi Anda melalui media sosial dan buatlah email untuk bisnis.

Apakah Anda memiliki tips lain? Jangan sungkan untuk berbagi. Silahkan tulis pendapat Anda pada kolom di bawah ini.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.