Find-Ideas-for-Business-Start-Ups

Banyak bisnis menggunakan media sosial untuk meningkatkan awareness dan visibilitas, mempromosikan jasa atau produk dan membangun keterlibatan dengan pelanggan. Di sisi lain, pelanggan menggunakan media sosial untuk mengekspresikan diri, opini tentang produk dan layanan, hubungan dan isu-isu yang muncul setiap hari. Jika kita memperhatikan dan mendengar isu-isu serta opini tersebut, media sosial dapat menjadi jalan menemukan inspirasi bisnis untuk masalah dalam bisnis dan ide bisnis baru untuk menjadi lebih besar.

Berikut ini lima taktik media sosial yang dapat digunakan para pengusaha untuk mendapatkan ide bisnis baru:

1.  Trending topic

Trending topic ini muncul pada Facebook dan Twitter. Topik ini merepresentasikan hashtag dan event yang sedang dibahas dalam skala global. Sebagai alternatif, topik ini dapat disaring untuk menampilkan event tertentu saja di area lokal Anda. Trending topic merepresentasikan berita dan media sosial. Jika Anda memperhatikan dan mendengarkan trending topic ini, Anda dapat mengumpulkan berbagai informasi penting untuk menemukan solusi dan ide bisnis baru.

2.  Halaman populer

Secara harfiah Pinterest dan Instagram memberikan kita informasi hal apa saja yang sedang diminati dan disukai para penggunanya. Berbagai halaman yang ada menampilkan berbagai gambar yang ‘too good to be true’. Menjelajahi halaman populer dan topik yang menarik akan memberikan wawasan yang berharga yang mungkin akan menginspirasi ide-ide besar untuk menjangkau konsumen potensial.

3.  Crowdsourcing

Situs crowdsourcing dan crowdfunding seperti Kickstarter dan Indiegogo merupakan sumber tepat untuk menemukan tren, produk dan layanan baru. Pelaku bisnis lama dan startups bisnis menggunakan platform ini untuk mendapatkan peluang pendanaan dari lembaga pendanaan, investor dan masyarakat umum. Dengan menentukan bisnis mana yang menerima pendanaan dan bisnis mana yang disukai masyarakat umum, individu dapat memperoleh gambaran tentang apa yang konsumen cari, minat mereka dan apa yang membuat mereka bersedia untuk membayar.

4.  Acara TV

Saat ini kita sudah benar-benar tenggelam dalam era digital, hal ini tak bisa dipungkiri karena ada banyak acara TV yang kini sudah mulai menggunakan social media untuk mempromosikan acara mereka. Bahkan kini banyak acara TV yang dapat diakses streaming. Ketika acara tersebut ditayangkan, para crew dari acara tersebut akan memantau feedback yang muncul melalui Facebook maupun Twitter. Apakah acara ini potensial? Apakah ini bisa menjadi ide bisnis yang bagus? Apakah dapat menjadi inspirasi bisnis yang tepat? Anda bisa mempelajari berbagai hal melalui berbagai acara di TV dengan memantaunya dan juga melihat perkembangan social media yang dimiliki acara tersebut.

5.  Trending pages

Pada subbab sebelumnya, kita telah membahas trending topic. Jika semua trending topics dikumpulkan dalam halaman tertentu, maka terbentuklah trending pages. Situs-situs seperti StumbleUpon dan Flipboard memiliki trending topic yang sangat banyak dari semua industri yang telah dikategorikan ke dalam trending pages. Jelajahi halaman tersebut untuk melihat berbagai topik yang populer dan kemudian membaca komentar dan memantau apa yang orang katakan. Jika ada masalah, apakah Anda punya solusi untuk itu? Jika ada, siapa tahu solusi tersebut bisa dijadikan ide bisnis untuk Anda jalankan.

Business-plan-made-of-post-it-notes-1024x680

Kita dapat menemukan berbagai ide bisnis baik dari dunia maya maupun dunia nyata. Media sosial adalah media dimana orang-orang dengan mudah berbagi ide bisnis, inspirasi bisnis, dan rela menyuarakan pendapat negatif maupun positif mereka. Kita juga dapat mempromosikan website bisnis dengan media sosial. Jika Anda telah menggunakan beberapa jam dalam sepekan untuk menjelajah, menentukan dan mempertimbangkan penyelesaian masalah, atau membuat proses yang lebih mudah, itu semua berarti bahwa Anda baru saja melangkah untuk bisnis yang lebih besar.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.