tdi2

Dalam menjalankan sebuah bisnis, sangat penting untuk menjadi kreatif. Kita tidak bisa melakukan cara konvensional yang sudah banyak digunakan oleh orang lain lalu berharap akan sukses menjalankan bisnis. Berikut adalah lima tips sederhana untuk memperoleh sumber inspirasi bisnis.

(1) Persiapkan buku yang praktis untuk mengumpulkan ide-ide

Inspirasi bisa datang kapan saja dan di mana saja. Mengingat hal tersebut, tentu Anda tidak ingin menyia-nyiakan ide yang datang. Anda bisa menyiapkan buku dan juga alat tulis untuk dibawa ke mana-mana sehingga memudahkan Anda untuk mencatat semua ide yang pernah terlintas di benak Anda. Jika Anda sudah pernah melakukannya, berarti ini saat yang tepat untuk membuka kembali buku-buku tersebut. Siapa tahu Anda bisa menemukan ide yang memberikan Anda inspirasi dalam memecahkan masalah.

inspirasi 2

(2) Dapatkan inspirasi dari: Kolega, kenalan, dan seorang ahli di bidangnya

Sebagai seorang pemimpin, Anda harus dapat menginspirasi diri sendiri dan menciptakan lingkungan yang dapat mendorong inovasi, kreativitas dan semangat kewirausahaan untuk tim Anda. Luangkan waktu untuk melakukan pertemuan lalu berbagi visi dan mendorong orang lain untuk menjadi inspirasi bagi Anda. Dapatkan saran dari profesional yang memang Anda percaya: akuntan, pengacara, mitra pemasaran, mentor atau ekspertis bisnis. Mintalah seseorang dari bisnis Anda untuk menceritakan cara menemukan inspirasi dan belajar tentang bagaimana mereka melakukan inovasi. Terkadang sangatlah menantang dan sulit untuk menemukan inspirasi dari diri sendiri. Profesional di bidangnya atau mentor benar-benar dapat membantu menarik keluar ide-ide, memecah hambatan dan mendorong munculnya inspirasi.

(3) Tempat kerja Anda

Mencari inspirasi kadang-kadang menjadi suatu hal yang sulit. Jika Anda sedang berada dalam kondisi tidak bisa meninggalkan kantor, Anda bisa melakukan hal ini:

  • Berjalan-jalanlah di tempat kerja dengan tujuan melihat apa yang terjadi di sekitar Anda. Ambil pandangan objektif dalam melihat peluang dan efisiensi.
  • Buat survei karyawan. Ajukan pertanyaan dengan nada positif, dan ciptakan kondisi matang untuk inovasi. Ada banyak alat survei gratis untuk mencari inspirasi dari staf Anda.
  • Brainstorm. Ambil “sticky notes“, papan tulis dan fasilitator, bisa teman atau anggota staff untuk memimpin suatu sesi. Tujuannya adalah menghasilkan ide-ide bisnis inspirasional. Catat setiap ide, dan implementasikan yang terbaik diantaranya.
1258089378_21a7afcb00_b

(4) Pergi berliburĀ 

Terkadang, Anda juga perlu untuk berlibur seperti melihat api unggun, menunggu matahari tebenam, dan juga pergi untuk berenang sebelum sarapan. Anda tentu bisa melakukannya! Namun, Anda harus melakukan berbagai hal sebagai berikut:

  • Pastikan Anda memiliki bisnis atau pekerjaan yang telah terselesaikan dengan baik sehingga Anda dan keluarga dapat menikmati waktu istirahat. Anda harus bebas dari hari-hari yang dipenuhi panggilan telepon dan email. Delegasikanlah tugas Anda.
  • Jadikan buku catatan kecil tadi berguna – ide akan datang saat Anda di kolam renang, di pantai atau saat mendaki gunung. Lihatlah bisnis lain sementara Anda berada jauh dari rumah, baik itu yang berbeda atau yang mirip. Catat apa pun yang menonjol, dan Anda bisa bicarakan dengan tim Anda setelah Anda menyelesaikan liburan Anda.
  • Pergi ke universitas dan bacalah majalah bisnis terbaru, buku teks atau buku-buku tentang inovasi dan manajemen.
  • Baca buku tentang pemimpin inspiratif. Jika bisnis Anda membutuhkan motivasi untuk menghadapi tantangan, baca sesuatu tentang bagaimana orang lain mengatasi masalah mereka. Habiskan waktu di toko buku dan Anda akan menemukan sesuatu.
wallpaper_socialmedia_16801050

 

(5) Online

Seperti yang sudah kita bahas sampai sejauh ini, sangat penting untuk membuat kepala dan pikiran Anda mendapatkan inspirasi.

  • Melakukan survei online terhadap pelanggan. Ajukan beberapa pertanyaan sederhana, perhatikan jawaban, dan diskusikan dengan tim Anda, mentor atau ekspertis bisnis.
  • Gunakan media sosial untuk mengetahui apa yang sedang tren dalam bisnis. Siapa orang yang paling berpengaruh dalam bidang bisnis Anda, kepemimpinan atau apa yang paling menarik?
  • Gunakan media sosial untuk terlibat dalam diskusi yang berarti dengan seseorang di benua yang berbeda. Apa yang menginspirasi mereka? Apa isu-isu dan ide-ide terbesar mereka?

Yang paling penting adalah untuk mencatatĀ  ide-ide inspirasi bisnis untuk referensi di masa mendatang, baik didalam sebuah buku kecil atau metode apapun yang Anda pilih. Memimpin yang baik dapat dilakukan dengan mencontoh. Prioritaskan ide-ide terbaik, tapi jangan mencoba terlalu banyak sekaligus. Dapatkan beberapa cara terbaik untuk menginspirasi tim Anda. Selamat mencoba, dan semoga berhasil!


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.