tips-for-growing-your-business-660x330

Para pemilik bisnis tentu ingin melihat bisnis yang susah payah mereka bangun dapat tumbuh menjadi bisnis besar yang menguntungkan. Tapi kita semua tahu untuk mencapai kesuksesan itu tidaklah mudah. Ditambah dengan ketatnya persaingan. Kali ini sribu akan memberikan tips-tips penting yang dapat meningkatkan bisnis Anda.

1. Pahami Bahwa Anda Tidak Bisa Melakukan Segalanya

5506f905-82bd-4101-9c33-f3df30357047-vision

Daya tarik dari memulai bisnis sendiri adalah memulai petualangan menarik menjadi bos. Sebagai pemilik usaha kecil, Anda dituntut harus nyaman di berbagai lini – penjual, akuntan, manajer pemasaran – tetapi itu tidak berarti bahwa Anda dapat (atau harus) melakukan semuanya sendiri. Tentu Anda dapat mengelola segalanya sendiri untuk sementara waktu, bahkan ketika bisnis mulai berkembang, tetapi itu tidak akan bisa bertahan jika Anda ingin bisnis Anda tumbuh.

Ketahui kapan harus mencari orang-orang berbakat yang sesuai dengan visi Anda adalah hal penting bagi setiap pemilik bisnis yang sukses. Hanya beberapa hal yang dapat Anda lakukan sendiri, jadi jika Anda berambisi untuk bisnis tumbuh, pahami kenyataan bahwa Anda membutuhkan bantuan. Anda tidak perlu melepaskan kebebasan atau kendali Anda untuk membuat ini terjadi – tetapi Anda hanya perlu menyadari bahwa Anda hanyalah satu orang.

2.  Jauhkan Keraguan Anda

url

Untuk memulai dan menjalankan bisnis yang sukses, Anda harus memiliki gairah, dorongan, dan kepercayaan diri. Namun, bahkan seorang profesional pun pasti memiliki keraguan, dan mengalami kekhawatiran tentang usaha baru, itu adalah hal wajar. Di sisi lain, Anda perlu tahu kapan dan kepada siapa menyuarakan keraguan ini, adalah ide yang baik. Investor ataupun mitra, ingin bekerja sama dengan orang yang penuh keyakinan. Ini berarti Anda harus bisa memainkan wajah Anda. Begitu juga karyawan, mereka membutuhkan pemimpin yang yakin dengan jalan yang ia tempuh.

3.  Jalankan Bisnis Yang Anda Inginkan, Bukan Yang Anda Punya

shutterstock_150555248

Ada ungkapan, “Berpura-puralah sampai Anda membuatnya”. Nah, prinsip ini adalah sesuatu yang mungkin perlu diadopsi, terutama pada awal bisnis Anda. Bukan berarti Anda menyesatkan klien tentang ruang lingkup bisnis atau apa yang dapat Anda lakukan untuk mereka. Tetapi bahwa sampai Anda membangun reputasi, Anda harus menanamkan kepercayaan pada klien baru. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan “menjalankan bisnis yang Anda inginkan”.

4.  Biasakan Diri Mendengar Penolakan

tips-for-growing-your-business-3-660x369

Membuat keputusan untuk memulai bisnis sendiri adalah pilihan yang hanya Anda yang dapat membuatnya. Ini adalah sebuah petualangan yang hanya Anda dapat memutuskan untuk memulai. Sayangnya, ketika muncul banyak aspek lain untuk membuat impian jadi nyata, orang lain terkadang ikut terlibat – orang lain yang sering bersuara positif maupun negatif.

Dalam bisnis baru, Anda akan mendengar banyak kata “tidak”. Calon klien dan pelanggan akan mengatakan mereka tidak tertarik, investor akan melewati ide Anda, dan bank akan menolak permohonan pinjaman Anda. Namun jangan putus asa. Penolakan adalah sesuatu yang hebat. Mengapa? Karena setiap kali seseorang mengatakan “tidak”, Anda dapat melihatnya sebagai sebuah kesempatan. Bank menolak aplikasi pinjaman Anda? Mungkin itu masalah dengan rencana bisnis Anda, bukan ide Anda. Klien tidak tertarik dengan layanan Anda? Mungkin Anda dapat mengembangkan peluan, atau membuat penawaran layanan yang lebih menarik. Ingat, penolakan tidak bisa dihindari dalam bisnis, jadi Anda harus lebih pandai bereaksi terhadap penolakan itu.

5. Jangan Menggunakan Rekening Bisnis Anda

Credit_Cards1

Setelah bisnis berjalan, akan muncul godaan bisnis sebagai tambahan rekening, tetapi Anda harus menahan godaan untuk “meminjam” dana dari bisnis. Setiap kali Anda mengusik dana usaha, ini akan menunda kesempatan tumbuh. Pastikan Anda punya uang yang cukup untuk kebutuhan, tetapi tetap prioritaskan pada investasi bisnis. Kebutuhan untuk bisnis tumbuh pasti juga tidak sedikit, akan banyak biaya tak terduga juga. Jadi, semakin banyak uang yang masuk ke dalam bisnis, makin besar kesempatan memperluas bisnis.

Apakah bisnis Anda saat ini sudah makin berkembang? Jangan terlalu cepat bergembira, persiapkan diri juga untuk situasi terburuk. Lakukanlah tips-tips di atas agar bisnis dapat berkembang dan bertahan, sehingga Anda tidak perlu mengalami masa suram lagi.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.