make-money-roadsign480-main_Full

Saat ini beberapa pengusaha memilih untuk menutup tokonya karena tidak mampu bertahan, sementara, banyak dari para karyawan kantoran yang sudah senior memilih membuka bisnis sampingan karena khawatir dengan masa depan perusahaan tempat mereka bekerja. Sebagian karyawan di perusahaan menyadari bahwa ada kemungkinan perusahaan yang mempekerjakan mereka tidak akan bisa bertahan selamanya dan saat ini muncul isu PHK yang semakin meluas.

Menghadapi kenyataan ini, para karyawan memulai bisnis sampingan. Banyak jenis bisnis sampingan yang tidak harus mengorbankan pekerjaan utama Anda, seperti bisnis internet/online. Tidak perlu membayar sewa toko yang mahal. Bagi Anda yang memang berminat memulai bisnis sampingan, berikut lima tips persiapannya:

1.  Cari Tahu Apa Yang Harus Ditawarkan

654035-online-shopping

Sebelum memulai bisnis, penting untuk mengetahui pasar mana yang sesuai dan dapat menerima produk Anda.

Lihatlah website penjualan online yang popular, seperti OLX, Lazada, atau Kaskus, dan perhatikan bagaimana orang-orang menjual barang mereka. Dengan mengeksplorasi website jual beli yang besar, seorang pemula dapat memahami apa yang dapat dijual, bagaimana perilaku konsumen, dan bagaimana pesaing bekerja. Anda mungkin juga dapat melihat penjualan yang ada di Facebook.

2.  Mengatur Pengeluaran Biaya

vierkant_cost_control

Kesalahan umum yang dilakukan dalam memulai bisnis adalah menghabiskan banyak biaya pada awal toko dibuka.

Sangat mudah untuk memanfaatkan dan mengambil keuntungan dari situs jual beli yang sudah ada seperti OLX, Lazada, atau Kaskus. Dengan menjual barang di situs tersebut, dapat memotong anggaran untuk membuat toko online sendiri yang cenderung perlu biaya banyak pada bisnis sampingan Anda.

3.  Identifikasi Kelemahan Anda

rba1_38

Walau mungkin Anda mengusai tentang desain, tapi belum tentu berpengalaman tentang strategi pemasaran atau penjualan, dan juga sebaliknya. Setelah mengetahui kelemahan Anda, carilah orang sesama pelaku bisnis yang Anda pilih dan cari tahu apa yang bisa didapatkan dari mereka untuk menutupi kelemahan.

Dalam diri setiap orang pasti ada kelemahan, segeralah mencari orang yang berpengalaman dalam bidang tertentu dan jangan malu untuk bertanya. Kurangi segala potensi kelemahan pada bisnis sampingan Anda.

4.  Uji Pasar

CustomerSatisfaction

Sulit untuk mengetahui apa yang pelanggan inginkan. Meminta kritik dan saran dari pelanggan yang ada dapat membuat kita tahu apa yang sebenarnya pelanggan inginkan. Buatlah form kritik dan saran secara digital dan pahami apa keinginan pelanggan. Dengan begitu produk Anda akan semakin mudah diterima oleh pasar.

5.  Hadapi Tantangan

stairs

Jika Anda masih baru dalam bisnis sampingan, mungkin akan sulit untuk menghadapi segala hambatan di awal bisnis berjalan. Namun jangan sampai rintangan di awal ini membuat Anda lemah dan akhirnya menyerah.

Ketahuilah bahwa tidak ada jalan yang mulus, pasti akan ada tanjakan. Menjadi wirausaha berarti harus bisa melewati tanjakan itu tanpa putus asa. Anda hanya perlu melakukan sedikit perubahan jika memang diperlukan, tetapi itu setelah melakukan penelitian kecil dari bisnis Anda.

Memulai bisnis sampingan memang diperlukan beberapa persiapan. Lima tips di atas hanya sebagian saja, masih ada persiapan lain yang mungkin dibutuhkan tergantung bisnis Anda. Jika bisnis Anda sudah berjalan, buatlah promosi untuk meningkatkan penjualan dengan membuat brosur atau flyer.


Dhiar

Dhiar

Lahir dan dibesarkan di kota gudeg, hingga saat ini menempuh semester akhir di sebuah perguruan tinggi negeri di kota yang sama. Salah satu hal yang bisa membuatnya relax adalah mendengarkan musik.