vslider21

Saat ini, mempunyai konten website yang bagus sangat erat kaitannya dengan kesuksesan memasarkan merek, tetapi tentu saja tidak akan berhasil tanpa campur tangan seseorang atau bantuan sebuah tim. Jika Anda memulai bisnis modal kecil dengan sumber daya terbatas ataupun bisnis yang masih baru, ada baiknya meminta bantuan pihak ketiga agar dapat mencapai tujuan memasarkan bisnis secara efisien. Marilah kita lihat tools marketing online apa saja yang paling tepat untuk bisnis modal kecil:

IFTTT-suggested-recipes-1024x762

1. IFTTT

Adalah singkatan dari “If This Then That”. Memanfaatkan dunia maya agar bekerja pada Anda merupakan resep utama kali ini. Buatlah akun IFTTT. Dengan IFTTT Anda dapat terhubung dengan 100 chanel sosial media. Aktifkan channel sosial media yang sering digunakan, seperti facebook, twitter, buffer, blog, pocket, dll. Jadi jika Anda update foto di Instagram, maka bisa muncul di Twitter.

IFTTT dapat membantu pemasaran melalui media sosial dan memudahkan mengontrol konten di page dan mendapatkan berbagai informasi yang terbaru.  Anda dapat menikmati layanan IFTTT ini secara gratis. Jadi sangat cocok untuk bisnis modal kecil.

2.  Uberflip

Platform ini membantu para pemasaran menceritakan pengalaman menarik melalui media online sekaligus menentukan langkah-langkah untuk mencari target pasar yang tepat. Uberflip akan terhubung pada semua konten, seperti Blog, Twitter, Vimeo, Instagram, dan PDF. Dengan terpusat pada satu platform, tentu akan memudahkan pelanggan menemukan segala informasi yang Anda punya.

Jika para pelanggan sudah menjadi ‘pengikut’ Anda, maka akan mudah mendapatkan informasi mengenai mereka dengan melakukan kontak intensif. Semua itu dapat terintegrasi dengan Hubspot, Marketo, Mailchimp, dan layanan pemasaran lainnya. Sayangnya Uberflip merupakan aplikasi berbayar.

digitizepaper1

3.  Goodbits

Membuat semacam Koran ataupun majalah tentang bisnis Anda dapat memakan banyak waktu dan akan sangat membosankan tentunya di era digital ini. Goodbits adalah alat yang sangat berguna untuk menciptakan koran dengan cara baru. Goodbits memungkinkan penggunanya untuk membuat email lebih cepat dan efisien. Penggunanya akan terintegrasi dengan Chrome, sehingga dapat menyimpan konten secara instan saat sedang browsing. Platform ini juga dapat ekstrak dan crop gambar secara otomatis pada halaman website bisnis. Selain itu, juga terintegrasi langsung dengan Mailchimp yang memungkinkan pengguna melakukan panggilan dan terhubung langsung dengan platform tersebut. Pengguna juga dapat menggunakan template Mailchimps untuk desain. Secara keseluruhan, platform ini bagus sebagai sarana marketing online dalam bisnis, tanpa dipungut biaya.

online-relationships

4. Shortstack

Membuat sebuah events semacam kontes dan promosi adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan fans di fanspage facebook bisnis Anda. Mereka ingin loyalitas mereka dihargai dan akan membuat mereka bersemangat mengunjugi fanspage untuk berpartisipasi dan melihat hasil dari partisipasi mereka. Shortstack adalah alat yang hebat untuk membuat aplikasi kontes dan promosi di facebook. Anda dapat membuat sendiri atau memilih satu dari 70 template yang telah disediakan – mulai dari voting promosi dan download Ebook. Template ini dapat diubah sesuai kebutuhan dengan memanfaatkan CSS editor. Mengelola konte dan promosi ini akan lebih mudah menggunakan Shortstack, karena memungkinkan pengguna mengatur sendiri bentuk form pendaftaran, membuat batasan, memilih pemenang, mengelola penyimpanan data yang masuk, dan dikoleksi, bahkan menambahkan aplikasi pada website. Platform ini juga terintegrasi dengan Google Analytic. Terdapat berbagai pilihan biaya untuk memanfaatkan platform ini.

5.  Unbounce

Landing page atau halaman arahan merupakan bagian penting. Pemasar dapat mengarahkan pengunjung ke halaman tertentu di website perusahaan mereka, tetapi jika tidak ada landing page yang berkualitas atau sesuatu yang menarik untuk memanggil pengunjung, maka tidak akan berhasil. Unbounce memungkinkan pengguna untuk membuat, mem -’publish’, dan menguji landing page. Pengguna memilik kontrol sepenuhnya pada landing page, sehingga dapat mengatur dan menyesuaikan teks, warna, gambar, dan desain bisnis semua melalui tool editor. Unbounce terintegrasi dengan Zoho CRM dan Salesforce yane merupakan alat yang sangat baik dan biasa digunakan oleh perusahaan besar. Anda dapat memilih berbagai pilihan biaya yang sesuai.

Itulah tadi 5 tools yang dapat Anda gunakan. Strategi pemasaran dengan media internet seperti ini menjadi cara yang praktis saat ini. Sudah banyak platform yang membantu marketing online, sehingga bagi Anda yang memulai bisnis modal kecil tidak perlu pusing lagi. Manfaatkan media yang ada semaksimal mungkin. Buat konten yang dapat menarik pengunjung.


Ryan Gondokusumo

Ryan Gondokusumo

Ryan adalah founder dari Sribulancer, platform untuk mencari freelancer berkualitas dengan cepat dan tepat dan founder Sribu, platform jasa desain grafis online yang telah membantu lebih dari 2.000+ pelanggan. Spesialis UI dan UX design, team building, pengembangan produk, strategic marketing, digital marketing. Anda dapat ngobrol dengan Ryan di twitter via @redjohn_G